kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45847,74   8,12   0.97%
  • EMAS1.355.000 0,44%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Tepat Mencegah Penyakit Batu Ginjal, Terapkan dari Sekarang


Rabu, 15 Februari 2023 / 17:56 WIB
Cara Tepat Mencegah Penyakit Batu Ginjal, Terapkan dari Sekarang
ILUSTRASI. Cara Tepat Mencegah Penyakit Batu Ginjal, Terapkan dari Sekarang.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Batu ginjal merupakan penyakit pada organ ginjal yang bisa menyerang siapa saja. Agar tidak terkena penyakit ini, langkah pencegahan sejak dini perlu dilakukan.

Bersumber dari situs ners.unair.ac.id, batu ginjal terbentuk karena adanya mineral keras dalam ginjal. 

Mineral-mineral yang mengeras tersebut kemudian membentuk batu yang menyebabkan rasa sakit saat melewati kandung kemih. 

Hingga saat ini belum ada cara yang pasti untuk mencegah munculnya batu ginjal. Namun, Anda bisa mengurangi risiko penyakit ini dengan mengkombinasikan pola makan, gaya hidup, dan beberapa metode pengobatan. 

Baca Juga: Cara Melihat Daya Tampung PTN dan Jurusan SNBP 2023, Siswa Perlu Susun Strategi

Apa saja cara-cara untuk mencegah batu ginjal? Simak rangkumannya berikut ini dari situs Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Unair). 

Menjaga asupan cairan 

Mengkonsumsi air putih yang cukup merupakan cara terbaik mencegah batu ginjal. Jika kurang minum, urin akan keluar lebih sedikit. 

Artinya, urin akan lebih pekat dan kecil kemungkinannya untuk melarutkan garam urin, sehingga bisa menyebabkan munculnya batu ginjal.

Selain air putih, lemon dan jus jeruk juga menjadi pilihan yang baik untuk mencegah penyakit ini. Keduanya mengandung sitrat tinggi yang dapat mencegah pembentukan batu ginjal. 

Jangan lupa untuk minum air putih setidaknya delapan gelas setiap hari, atau jumlah yang cukup untuk melewatkan dua liter urin.

Jika Anda banyak berolahraga atau berkeringat atau memiliki riwayat batu sistin, maka Anda memerlukan cairan tambahan.

Menambah asupan makanan kaya kalsium

Banyak orang mengira bahwa batu ginjal terbentuk karena banyaknya kalsium yang masuk ke tubuh. Hal ini disebabkan karena batu ginjal yang paling umum adalah batu kalsium oksalat.

Padahal, diet rendah kalsium meningkatkan risiko batu ginjal dan osteoporosis. Namun, Anda perlu menghindari konsumsi suplemen kalsium karena hal tersebut memicu terjadinya batu ginjal. 

Makanan seperti susu rendah lemak, keju rendah lemak, dan yogurt rendah lemak adalah pilihan yang tepat.

Baca Juga: Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Sudah Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Membatasi konsumsi garam

Cara selanjutnya untuk mencegah batu ginjal adalah dengan mengurangi konsumsi garam. Hal ini dikarenakan terlalu banyak garam dalam urin akan mencegah kalsium diserap kembali dari urin ke darah. 

Kemudian akan menyebabkan kalsium dalam urin meningkat sehingga berdampak pada batu ginjal.

Konsumsi lebih sedikit garam akan membantu menjaga kadar kalsium urin lebih rendah. Semakin rendah kalsium dalam urin, semakin kecil pula risiko terserang batu ginjal. 

Makanan tinggi garam yang perlu Anda kurangi adalah makanan olahan, sup kaleng, daging bumbu, dan makanan yang mengandung bahan pengawet.

Menghindari makanan penyebab batu ginjal

Bagi beberapa orang, makanan dan minuman tertentu tidak memicu terjadinya batu ginjal kecuali dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi.

Bit, cokelat, bayam, teh, dan sebagian besar kacang kaya kandungan oksalat. Sementara itu, cola mengandung fosfat dalam jumlah besar. Kedua kandungan tersebut berkontribusi besar dalam pembentukan batu ginjal. 

Contohnya seperti pria yang mengonsumsi vitamin C dosis tinggi dalam bentuk suplemen memiliki risiko batu ginjal yang sedikit lebih tinggi. Hal ini terjadi karena tubuh mengubah vitamin C menjadi oksalat.

Mengurangi asupan protein hewani

Salah satu penyebab terbentuknya batu ginjal adalah kadar asam urat yang terlalu tinggi. Meningkatnya asam urat dipengaruhi oleh konsumsi protein hewani seperti daging merah, unggas, telur, dan makanan laut yang tinggi.

Diet tinggi protein untuk mengurangi kadar sitrat, bahan kimia dalam urin yang membantu mencegah pembentukan batu.

Jika Anda rentan terserang batu ginjal, batasi asupan daging harian untuk membantu pencegahannya. Tidak hanya itu, membatasi konsumsi protein hewani juga bermanfaat untuk jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×