Cara Mudah Cegah Kulit Kusam dan Flek Hitam pada Wajah dengan Metode Sederhana

Senin, 24 Oktober 2022 | 19:30 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Cara Mudah Cegah Kulit Kusam dan Flek Hitam pada Wajah dengan Metode Sederhana


KONTAN.CO.ID -  Masalah kulit kusam serta flek hitam merupakan dua dari sekian banyak masalah kulit wajah yang banyak dimiliki masyarakat Indonesia, khususnya perempuan. 

Masalah pada kulit, terutama pada kulit wajah, tentu membuat kepercayaan diri berkurang. Saat ini banyak produk perawatan kulit yang memberi jaminan mampu menyembuhkan masalah kulit kusam hingga flek hitam.

Letak geografis Indonesia yang berada di daerah tropis dengan sinar matahari tinggi menyebabkan paparan sinar matahari yang berdampak pada tanda-tanda penuaan dini termasuk flek hitam dan kulit kusam.

Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Neny Triastuti yang juga Dokter Kecantikan membagikan sejumlah cara mencegah kulit kusam dan flek hitam di wajah.

Baca Juga: Punya Masalah Berat Badan? Begini Cara Sehat dan Tepat untuk Menurunkan Berta Badan

1. Menggunakan SPF

Menurut Neny cara mencegah masalah kulit seperti kulit kusam dan flek hitam yang pertama adalah penggunaan SPF. 

Sun Protection Factor (SPF) atau tabir surya merupakan produk perawatan kulit untuk mencegah cahaya matahari agar tidak langsung menyerang permukaan kulit. 

Sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit seperti flek hitam dan kulit terasa terbakar. Seseorang bisa menggunakan SPF dengan kadar 25 hingga 48.

2. Banyak minum air putih

Hampir 90 persen dari komposisi tubuh kita terdiri dari air. Kulit merupakan bagian tubuh yang memerlukan kadar air untuk mencegah kekeringan yang dapat merusak wajah.

“Selalu jaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi dengan minum air putih minimal 8 gelas per hari pada orang dewasa,” jelas Neny, dikutip dari situs UM Surabaya.

3. Memakai pelindung tambahan

Cara yang ketiga adalah memakai pelindung. Pelindung wajah seperti menggunakan topi atau payung dapat membantu mencegah wajah terpapar dari sinar matahari yang berbahaya bagi kulit.

4. Mengurangi aktivitas saat siang hari

Agar kulit tetap terawat, cobalah untuk mengurangi aktivitas luar ruangan pada siang hari. 

Sinar matahari pada siang hari dapat mudah sekali merusak kulit wajah. Disarankan untuk menghindari aktivitas di luar ruangan pada siang hari.

5. Membersihkan wajah dengan tepat

Jangan sembarangan membersihkan wajah. Jerawat memang sangat mengganggu penampilan. Meskipun demikian, jangan menekan jerawat sembarangan. 

Apabila sembarangan menekan jerawat tidak bersih atau dengan tangan atau bahan yang tidak steril.

Tindakan ini akan berisiko menyebabkan kerusakan pada wajah berupa flek akibat luka penekanan pada jerawat.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 47 Dibuka, Catat Persyaratannya

6. Rutin menggunakan masker

Cara selanjutnya untuk mencegah kulit kusam dan flek hitam adalah dengan melakukan perawatan dengan masker. 

Masker merupakan produk wajah yang berguna untuk membersihkan dan mencerahkan wajah. Masker juga dapat membantu mencegah flek wajah yang dapat muncul kapan saja.

“Masker wajah dapat membantu memanjakan kulit karena kandungan vitamin, mineral dan zat alami lainnya untuk merawat wajah,” imbuhnya lagi.

7. Mengonsumsi vitamin

Vitamin dapat membantu menjaga kesehatan tubuh serta kulit wajah Anda. 

Mengkonsumsi vitamin alami dapat ditemukan dari konsumsi jus buah-buahan atau mengonsumsi suplemen vitamin seperti vitamin C dan E. Ini sangat bermanfaat untuk mencegah flek hitam pada wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru