CLOSE [X]

Cara Meredakan Batuk Anak-Anak dengan Bahan Herbal & Alami

Kamis, 27 Januari 2022 | 05:10 WIB Sumber: Kompas.com
Cara Meredakan Batuk Anak-Anak dengan Bahan Herbal & Alami


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara meredakan batuk pada anak-anak dengan menggunakan bahan herbal dan alami. Cara meredakan batuk ini bisa digunakan sebagai pertolongan pertama jika anak-anak di rumah batuk.

Sebenarnya, ada banyak obat batuk untuk anak-anak yang dijual di toko obat dan minimarket. Namun, cara meredakan batuk pada anak-anak sering dicari para orang tua yang menginginkan buahnya hatinya tidak terlalu banyak konsumsi obat-obatan.

Nah, jika Anda mencari obat batuk alami untuk anak-anak, berikut kami sampaikan daftarnya dan cara penggunaannnya. Daftar obat batuk alami untuk anak-anak bisa menjadi pertolongan pertama sebelum anak dibawa ke dokter.

Seperti diketahui, orang tua tidak dianjurkan sembarangan memberikan obat batuk yang dijual bebas untuk anak di bawah usia empat tahun. Anak-anak lebih aman jika konsumsi obat batuk sesuai anjuran dokter atau yang menggunakan baha alami.

Pasalnya, formula sejumlah obat batuk terlalu keras atau berat untuk anak dan rawan menyebabkan efek samping seperti iritasi tenggorokan. Selain itu, beberapa tenaga kesehatan tidak menyarankan anak di bawah empat tahun minum obat batuk karena berisiko tersedak, pusing, atau gelisah saat tidur.

Mengingat batuk adalah masalah kesehatan umum yang rawan menyerang anak-anak, para orangtua bisa menjajal beberapa obat batuk anak alami yang bisa dijajal berikut.

Baca Juga: 13,7 Juta Anak 6-11 Tahun Disuntik Vaksin Covid-19, Ini Efek Samping yang Terjadi

Cara meredakan batuk pada anak-anak

Ada beberapa cara meredakan batuk pada anak-anak secara alami dan menggunakan bahan herbal yang relatif aman diberikan serta minim efek samping untuk si kecil, di antaranya:

Pelembap udara

Cara pertama meredakan batuk pada anak-anak adalah menggunakan pelembap udara. Dilansir dari Verywell Family, pelembap udara dapat membantu melonggarkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan penyebab batuk.

Pasang alat pelembap udara atau humidifier di kamar di saat anak batuk. Jika tidak ada alat tersebut, mandikan anak di kamar mandi dengan air hangat. Biarkan anak menghirup uap hangat ini setidaknya lima menit.

Madu

Cara kedua meredakan batuk pada anak-anak adalah menggunakan madu. Madu juga dapat digunakan sebagai obat batuk alami untuk anak-anak. Anda bisa memberikan minuman hangat yang diberi sedikit madu.

Bahan alami ini dapat membantu melawan infeksi dan meredakan sakit tenggorokan karena mengandung zat anti-bakteri. Namun, jangan memberikan madu pada anak di bawah satu tahun karena si kecil berisiko mengalami keracunan botulisme.

Banyak minum

Cara ketiga meredakan batuk pada anak-anak adalah perbanyak minum. Pastikan anak banyak minum cairan ketika batuk. Pemberian cairan atau hidrasi penting untuk mencegah tenggorokan kering penyebab batuk.

Untuk anak yang masih menyusu, berikan ASI lebih banyak. Untuk anak di anak enam bulan, orangtua bisa memberikan air, susu, jus, wedang hangat tanpa kafein, kuah sup, atau cairan elektrolit.

Irigasi hidung

Cara keempat meredakan batuk pada anak-anak adalah irigasi hidung. Dilansir dari Healthline, irigasi hidung aman dan dapat melegakan saluran napas anak-anak dan balita.

Alat tetes hidung ini biasanya digunakan bersama dengan aspirator hidung atau tisu, tergantung usia anak. Saat menggunakan tetes hidung, miringkan kepala anak sedikit ke belakang agar alat iritasi hidung lebih mudah digunakan.

Sedikit tinggikan sandaran kepala saat tidur

Cara kelima meredakan batuk pada anak-anak adalah dengan menambah sandaran kepala saat tidur. Saat anak berbaring datar, lendir atau dahak lebih mudah menumpuk di bagian belakang tenggorokan sehingga anak lebih sering batuk. Untuk itu, sedikit tinggikan sandaran kepala anak saat tidur.

Gunakan bantal tambahan atau lipatan selimut untuk mengganjal tubuh bagian atas anak. Namun, perlu diingat bahwa pemberian bantal tidak dianjurkan untuk anak di bawah 1,5 tahun.

Kapan perlu waspada saat anak batuk?

Apabila orangtua sudah menjajal beberapa obat batuk anak alami di atas tapi masalah kesehatan ini tak kunjung sembuh, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter. Terutama jika batuk pada anak:

  • Berlangsung lebih dari 10 hari
  • Disertai sakit di bagian dada, tenggorokan, atau di telinga
  • Demam tinggi lebih dari tiga hari
  • Anak lemas
  • Batuk sampai sesak napas
  • Kulit anak jadi kebiruan atau pucat, terutama di bagian kuku atau bibir

Jika muncul tanda-tanda di atas ketika anak batuk, segera konsultasikan ke dokter atau bawa anak ke rumah sakit terdekat.

Itulah macam-macam Cara pertama meredakan batuk pada anak-anak dengan bahan herbal ataupun secara alami. Ingat, segera ke dokter jika anak tak kunjung sembuh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Obat Batuk Anak Alami yang Aman dan Praktis ",


Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru