Cara Menurunkan Risiko Komplikasi Diabetes dan Bahan Herbal Menurunkan Gula Darah

Jumat, 09 September 2022 | 08:48 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Cara Menurunkan Risiko Komplikasi Diabetes dan Bahan Herbal Menurunkan Gula Darah

ILUSTRASI. Cara Menurunkan Risiko Komplikasi Diabetes dan Bahan Herbal Menurunkan Gula Darah


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak cara menurunkan risiko komplikasi akibat penyakit diabetes melitus. Kenali juga bahan herbal dan alami yang bisa bermanfaat sebagai obat diabetes.

Cara menurunkan risiko komplikasi penyakit diabetes penting untuk dipahami. Pasalnya, penyakit diabetes dikenal sebagai ibunya penyakit, yang bisa melahirkan berbagai penyakit lain dalam tubuh.

Sambil menurunkan risiko komplikasi diabetes, penderita juga bisa konsumsi bahan herbal dan alami yang bermanfaat sebagai obat diabetes. Bahan herbal untuk obat diabetes ini bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

Namun, sebelum konsumsi bahan herbal obat diabetes, Anda perlu konsultasi dengan dokter. Pengobatan dokter tetap harus diutamakan oleh penderita diabetes.

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit di mana jumlah gula darah dalam tubuh terlalu tinggi dari batas normal. Diabetes bisa menyerang siapa saja dan tingkat kematian karena diabetes sendiri cukup tinggi.

Baca Juga: Untuk Penderita Diabetes, Ini 5 Camilan Sehat yang Efektif Menjaga Gula Darah

Mengutip Kompas.com, data P2PTM Kemenkes RI menyebutkan kematian akibat diabetes di Indonesia menempati urutan nomor 3 pada tahun 2014. Jumlah penderita diabetes terus meningkat setiap tahunnya dan menurut data dari WHO, sekitar 422 juta orang di dunia menderita diabetes.

Healthline menjelaskan bahwa diabetes yang tidak dikontrol dengan baik akan menyebabkan komplikasi yang serius, seperti kebutaan, gagal ginjal, penyakit jantung, dan beberapa kondisi serius lainnya. Meskipun diabetes tidak bisa disembuhkan secara total, namun ada beberapa cara untuk menurunkan risiko komplikasi diabetes.

1. Mengurangi konsumsi karbohidrat

Cara pertama mengurangi risiko komplikasi diabetes adalah mengurangi konsumsi karbohidrat. Melansir Healthline, karbohidrat di dalam tubuh akan dipecah ke dalam molekul gula yang yang kecil yang kemudian akan diserap oleh aliran darah.

Akibatnya, gula darah naik dan memicu pankreas untuk memproduksi insulin yang merupakan hormon untuk membantu gula untuk bergerak dari aliran darah ke sel tubuh.

Orang dengan diabetes akan memiliki sel tubuh yang menolak insulin sehingga gula darah tetap tinggi. Namun, pankreas tetap memproduksi insulin sehingga tubuh memiliki level gula serta insulin yang tinggi dan kondisi ini menyebabkan diabetes tipe 2.

Untuk itu, Healthline menyarankan untuk mengurangi asupan karbohidrat dan memilih makanan yang tinggi serat, seperti buah dan sayur, biji-bijian, serta produk olahan susu. British Diabetic Association menekankan bahwa makan makanan yang tinggi serat pada penderita diabetes akan mencegah masalah kesehatan serius, seperti obesitas, penyakit jantung, serta kanker.

2. Berolahraga secara teratur

Cara kedua mengurangi risiko komplikasi diabetes adalah berolahraga secara teratur. Berolahraga secara teratur bisa memberikan manfaat pada kesehatan tubuh dan Mayo Clinic menyebutkan beberapa manfaat olahraga untuk penderita diabetes, seperti:

  • Menurunkan berat badan
  • Menurunkan gula darah
  • Meningkatkan sensitivitas insulin yang akan mempertahankan gula darah dalam batas normal

Healthline juga menyarankan beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan, termasuk high intensity interval training (HIIT) serta latihan kekuatan. Namun, Anda yang tidak terbiasa berolahraga bisa mulai dengan olahraga ringan setiap setiap hari setidaknya selama 10 menit.

3. Banyak minum air putih

Cara ketiga mengurangi risiko komplikasi diabetes adalah banyak minum air putih. Minuman yang bersoda atau yang mengandung pemanis buatan sangat tidak disarankan untuk penderita diabetes.

British Diabetic Association menekankan bahwa ada kaitan antara konsumsi minuman yang berpemanis buatan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2. Healthline juga menjelaskan bahwa konsumsi minuman manis, seperti soda dan jus dengan pemanis tambahan, memicu risiko diabetes autoimun laten pada orang dewasa (LADA).

Sebaliknya, penelitian dari Inggris yang dimuat dalam British Journal of Nutrition di tahun 2016 menunjukkan bahwa konsumsi air putih dapat meningkatkan pengaturan gula darah serta respon insulin.

4. Mengurangi berat badan

Cara keempat mengurangi risiko komplikasi diabetes adalah mengurangi berat badan. Menurut Mayo Clinic, menurunkan berat badan bisa berpengaruh pada pengurangan risiko diabetes. Healthline juga setuju dengan poin ini karena penurunan berat badan juga akan menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Mayo Clinic juga menyebutkan bahwa hasil dari suatu penelitian menunjukkan bahwa risiko diabetes berkurang hingga 60 persen setiap 7 persen berat badan yang dikurangi melalui olahraga dan diet.

Bahan herbal obat diabetes

 

Merangkum pemberitaan Kontan.co.id, ada sejumlah bahan herbal yang bisa menjadi obat diabetes. Berikut daftar bahan herbal untuk obat diabetes:

 

Lidah Buaya

Bahan herbal pertama untuk obat diabetes adalah lidah buaya. Namun, Anda tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi lidah buaya karena bahan tersebut memiliki efek laksatif alami. Jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah besar, dikhawatirkan Anda akan mengalami diare atau gangguan pencernaan yang lain.

Kayu Manis

Kayu manis bisa Anda manfaatkan sebagai obat diabetes alami.

Bahan herbal kedua untuk obat diabetes adalah kayu manis. Jenis rempah yang berguna untuk menaikkan cita rasa makanan ini ternyata bisa menurunkan jumlah gula darah dalam tubuh, lo. Tidak hanya itu, kayu manis juga berguna untuk menurunkan kolesterol jahat.

Fenugreek

Bahan ketiga pertama untuk obat diabetes adalah fenugreek. Fenugreek atau kelabat adalah tanaman herbal selanjutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat diabetes alami. Sama seperti kayu manis, fenugreek juga berguna untuk menurunkan kolesterol. Salah satu efek samping yang Anda alami setelah mengonsumsi fenugreek adalah bau air kencing menjadi berbeda.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena efek samping itu merupakan hal biasa dan tidak berbahaya. Namun, pastikan untuk tetap mengikuti saran dokter, ya. Jika mengalami efek samping lain yang mengganggu kesehatan tubuh, segera hentikan konsumsi bahan alami itu.

Itulah cara mengurangi risiko komplikasi akibat diabetes beserta bahan herbal untuk obat diabetes. Ingat, hubungi dokter untuk konsumsi bahan herbal obat diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru