kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Pilih 3 Diet Ini


Selasa, 01 Maret 2022 / 09:03 WIB
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Pilih 3 Diet Ini
ILUSTRASI. Menu diet meditaria. Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Pilih 3 Diet Ini


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami bisa menjadi alternatif selain minum obat dari dokter.

Kolesterol tinggi adalah salah satu permasalahan kesehatan yang masih menjadi momok menakutkan bagi banyak orang, lantaran bisa menyebabkan penyakit termasuk jantung dan stroke. Kondisi ini ditandai dengan naiknya kadar kolesterol dalam darah yang melebihi ambang batas normal.

Umumnya, cara untuk menurunkan kolesterol tinggi ialah dengan mengubah pola makan yang lebih sehat. Kendati demikian, mengetahui diet apa yang cocok untuk menurunkan kolesterol tinggi sangatlah sulit. Terlebih ada banyak jenis diet yang mengklaim mampu membuat seseorang menjadi lebih sehat.

Berkaitan dengan hal ini, ahli diet terdaftar Julia Zumpano mengungkap empat diet terbaik yang bisa dicoba untuk menurunkan kolesterol tinggi.

4 Jenis diet untuk menurunkan kolesterol tinggi secara alami

1. Diet mediterania

Cara pertama menurunkan kolesterol tinggi secara alami adalah dengan diet mediterania. Zumpano mengatakan, bahwa diet mediterania dilakukan dengan mengonsumsi lebih sedikit karbohidrat dan protein.

Jenis diet mediterania untuk menurunkan kolesterol tinggi secara alami ini menekankan pada konsumsi lemak sehat dari makanan seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, buah, sayuran, serta unggas tanpa lemak. “Jumlah penelitian yang mendukung diet Mediterania untuk kesehatan kardiovaskular sangat fenomenal. (Diet mediterania) terbukti sangat efektif untuk memperbaiki penyakit jantung,” terang Zumpano.

Diet mediterania, kata dia, berguna untuk mengurangi risiko jantung karena membuat kita makan makanan yang menekan peradangan, mengurangi kolesterol tinggi, dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Kenali tanda Kolesterol Tinggi yang Muncul di Sekitar Mata

2. Diet keto

Cara kedua untuk menurunkan kolesterol tinggi secara alami adalah dengan diet keto. Seperti yang diketahui, diet ketogenik atau diet keto bertujuan untuk menempatkan tubuh dalam keadaan ketosis, dan membakar lemak menjadi energi. Ini merupakan pola makan tinggi lemak, protein sedang serta sangat rendah karbohidrat.

“Ketosis memiliki banyak sekali manfaat. Tapi saya tidak suka diet keto yang sangat tinggi lemak jenuh dengan makanan seperti bacon, keju, dan daging merah," ungkap Zumpano.

Dia pun merekomendasikan protein-sparing modified fast (PSMF) yang juga menciptakan ketosis, dengan sedikit lemak. Lantaran sebagian besar kalori berasal dari protein tanpa lemak, dengan lemak sehat dalam jumlah sedang, di mana sayuran adalah sumber karbohidratnya.

3. Diet yang disesuaikan dengan kemampuan

Cara ketiga untuk menurunkan kolesterol tinggi secara alami adalah diet sesuai kemampuan. Tidak semua diet cocok untuk semua orang, karena apa yang mudah bagi kita justru bisa menjadi tantangan untuk orang lain. Oleh karenanya, Zumpano menyarankan diet dengan pilihan makanan, dan gaya hidup masing-masing.

Menurutnya, berkonsultasi dengan ahli diet untuk membuat rencana diet penurun kolesterol tinggi, yang disesuaikan dengan gaya hidup juga bisa menjadi pilihan. “Ahli diet dapat membantu Anda memasukkan makanan yang bisa dinikmati secara teratur dan membatasi atau menghindari makanan yang ingin dihilangkan. Penting untuk membuat rencana (diet) yang sesuai bagi Anda," imbuhnya.

Mengatur pola makan memang sangat membantu untuk menurunkan kolesterol tinggi, namun Zumpano mengingatkan, bahwa rencana yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan adalah pilihan terbaik. Dengan begitu, Anda dapat mempertahankannya dalam jangka panjang.

Jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk menurunkan kolesterol tinggi

Penyebab utama kolesterol tinggi adalah lemak jenuh dan lemak trans, yang kerap ditemukan dalam berbagai jenis makanan, misalnya gorengan, keripik, makanan cepat saji, dan sebagainya.

Lemak dalam makanan ini dapat meningkatkan kolesterol jahat, dan menurunkan kolesterol baik. Selain itu, terlalu banyak konsumsi makanan tidak sehat mengakibatkan kelebihan trigliserida yang dapat memperburuk penumpukan plak. Maka dari itu, Zumpano merekomendasikan jenis makanan nabati dalam upaya menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil.

Itulah beragam cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter sebelum memilih diet untuk menurunkan kolesterol tinggi secara alami di atas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Diet Terbaik untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi Menurut Ahli",


Penulis : Zintan Prihatini
Editor : Bestari Kumala Dewi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×