Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Aman, Hanya 2 Pilihan

Selasa, 16 Agustus 2022 | 04:50 WIB Sumber: Kompas.com
Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Aman, Hanya 2 Pilihan


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Meski sudah minum obat, penderita diabetes tetap bisa mengalami kenaikan gula darah yang tinggi. Jika gula darah naik, bagaimana cara menurunkan secara aman?

Cara menurunkan gula darah dalam keadaan darurat Level gula darah yang tinggi di dalam tubuh bisa sangat berbahaya bagi penderita diabetes karena termasuk keadaan darurat yang bisa mengancam nyawa. Salah satu cara terbaik yang bisa digunakan untuk menurunkan gula darah dalam keadaan darurat adalah dengan mengunjungi ruang gawat darurat agar ditangani oleh dokter.

Namun pada beberapa kasus, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan untuk menurunkan gula darah dan menghindari komplikasi. Healthline menyebutkan bahwa minum air putih atau memakan makanan ringan tinggi protein bisa membantu dalam menurunkan gula darah.

Meskipun begitu, kedua hal tersebut belum bisa dibuktikan keefektivitasannya karena belum banyak riset yang mendukung kebenarannya. Berikut adalah dua cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan gula darah dengan cepat.

1. Menggunakan insulin

Cara pertama untuk menurunkan gula darah yang aman adalah menggunakan insulin. Melansir WebMD, insulin adalah salah satu jenis hormon yang diproduksi oleh pankreas dan membantu sel dalam menggunakan glukosa.

Pada penderita diabetes, pankreas tidak bisa memproduksi insulin secara normal atau hanya bisa memproduksinya dalam jumlah sedikit. Salah satu jenis insulin yang bisa membantu menurunkan gula darah dalam keadaan darurat adalah insulin akting cepat atau rapid-acting insulin.

Baca Juga: 5 Daun Ini Terbukti Menurunkan Gula Darah, Penderita Diabetes Sila Coba

Insulin ini bisa membantu dalam menurunkan gula darah hanya dalam beberapa menit dan bisa bertahan hingga beberapa jam.

Healthline menambahkan bahwa menggunakan jenis insulin ini harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sehingga dosisnya sesuai. Tidak hanya itu saja, pengecekan level gula darah juga harus dilakukan dalam waktu 15 hingga 30 menit setelah menggunakan jenis insulin ini untuk memastikan bahwa gula darah sudah turun dan levelnya tidak terlalu rendah.

2. Olahraga

Cara pertama untuk menurunkan gula darah yang aman adalah melakukan olahraga. Olahraga bisa dikatakan sebagai salah satu cara yang cepat dan efektif untuk menurunkan level gula darah.

Menurut American Diabetes Association, olahraga bisa menurunkan level gula darah karena sensitivitas insulin bertambah, bahkan 24 jam setelah olahraga selesai dilakukan. Olahraga akan membuat tubuh memerlukan asupan glukosa untuk menghasilkan energi. Akibatnya, glukosa disalurkan oleh sel ke otot dan biasanya level gula darah menurun.

Healthline menjelaskan bahwa untuk mendapatkan efek tersebut, penderita diabetes perlu melakukan olahraga yang membuat jantung berdetak lebih cepat. Namun, Anda harus mengecek level gula darah terlebih dahulu karena jika mencapai angka lebih dari 240 mg/dl dan terdapat keton di dalam urin, maka berolahraga malah bisa menaikkan level gula darah.

Jika level keton di dalam urin tinggi, maka perlu menghindari olahraga berat dan disarankan untuk melakukan olahraga ringan, seperti berjalan.

Kompas.com memberitakan, olahraga yang aman dilakukan penderita diabetes untuk menurunkan gula darah tinggi antara lain:

  • Jalan kaki
  • Yoga
  • Bersepda
  • Renang
  • Angkat beban
  • Taichi

Kapan harus ke dokter?

Memiliki level gula darah yang tinggi bisa sangat mengkhawatirkan karena tubuh akan membakar lemak untuk menghasilkan energi. Kondisi ini bisa mengakibatkan ketoasidosis diabetik (DKA) yang merupakan komplikasi diabetes dan sindrom hiperglikemik hiperosmolar (HHS) yang perlu ditangani secara medis.

Healthline menjelaskan bahwa ada beberapa tanda yang perlu diwaspadai dan jika tanda di bawah ini muncul, maka Anda disarankan untuk ke dokter.

  • Muntah
  • Nyeri perut
  • Sesak nafas
  • Mual
  • Sering buang air kecil
  • Merasa haus yang berlebihan
  • Kebingungan
  • Terdapat keton di dalam urin yang diketahui dari tes dipstick

Itulah cara menurunkan gula darah tinggi yang aman. Jangan lupa menjaga pola makan agar gula darah tidak mendadak naik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Aman untuk Menurunkan Gula Darah dengan Cepat",


Penulis : Ria Apriani Kusumastuti
Editor : Resa Eka Ayu Sartika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru