kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Menurunkan Berat Badan yang Aman dan Sehat Setelah Lebaran


Selasa, 09 April 2024 / 19:26 WIB
Cara Menurunkan Berat Badan yang Aman dan Sehat Setelah Lebaran
ILUSTRASI. Kebanyakan makanan khas lebaran memiliki kandungan kalori dan gula yang tinggi yang dapat meningkatkan berat badan.


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kebanyakan makanan khas Lebaran memiliki kandungan kalori dan gula yang tinggi yang dapat meningkatkan berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan. Padahal, kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Anda tidak perlu khawatir karena berat badan bisa kembali turun dengan mengurangi porsi makan dan berolahraga secara teratur. Untuk lebih jelasnya, ketahui beberapa cara menurunkan berat badan setelah Lebaran berikut ini.

Cara menurunkan berat badan setelah Lebaran

Makanan khas Lebaran memiliki kandungan kalori dan gula yang tinggi yang dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan. Untuk dapat menurunkan berat badan secara efektif setelah Lebaran, Anda perlu mengatur pola makan dan melakukan pola hidup sehat.

Disarikan dari Healthline dan Medical News Today, berikut adalah beberapa cara menurunkan berat badan setelah Lebaran yang aman dan sehat.

Meningkatkan konsumsi protein, lemak sehat, dan sayur

Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dapat membantu untuk meningkatkan rasa kenyang dan menjaga kesehatan tubuh secara umum. Agar berat badan dapat berkurang secara efektif, pastikan makanan yang dikonsumsi mengandung protein, lemak sehat, sayur, dan karbohidrat kompleks.

Baca Juga: Ini Rincian Kalori Makanan Lebaran, Ada Rendang dan Nastar

Berolahraga secara teratur

Menggabungkan olahraga kardio dan latihan beban tidak hanya akan membuat tubuh sehat, namun juga perlu dilakukan sebagai cara menurunkan berat badan secara alami. Anda yang tidak biasa berolahraga dapat memulai kebiasaan ini selama 10-15 menit per hari dengan intensitas olahraga yang ringan dan meningkatkannya secara bertahap.

Meningkatkan asupan serat

Serat akan diserap dengan lebih lambat oleh saluran pencernaan dan membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama sehingga berat badan bisa turun. Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan serat tinggi, yakni buah, sayur, dan gandum utuh.

Mengontrol porsi makan

Makan dengan porsi besar dapat meningkatkan berat badan. Agar berat badan cepat turun, Anda diimbau untuk mengontrol porsi makan dan meningkatkan frekuensinya. Cara ini lebih baik dibandingkan dengan makan dengan porsi besar tetapi jarang.

Minum air putih

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh per hari dengan minum air putih tidak hanya akan membuat tubuh terhindar dari dehidrasi, tetapi juga akan membantu untuk menurunkan berat badan. Minum air putih setidaknya dua liter setiap hari dapat menurunkan asupan makan dan membakar lemak sehingga berat badan dapat berkurang.

Baca Juga: Hati-Hati Lebaran Gula Darah Naik, Ini Daftar Makanan & Minuman Penyebab Gula Naik

Tidur cukup

Tidur kurang dari tujuh jam per hari sudah terbukti bisa meningkatkan indeks massa tubuh dan memiliki risiko obesitas yang lebih tinggi. Untuk menurunkan berat badan, Anda diimbau untuk tidur setidaknya selama tujuh jam setiap malam.

Membatasi konsumsi minuman manis

Kebiasaan minum minuman yang manis dapat meningkatkan jumlah kalori di dalam tubuh sehingga berat badan meningkat. Anda dapat mengganti konsumsi minuman yang manis dengan air putih dan teh atau kopi tanpa gula.

Memahami cara menurunkan berat badan setelah Lebaran di atas sangatlah penting agar risiko masalah kesehatan yang lebih serius dapat dihindari. Meskipun begitu, proses menurunkan berat badan mungkin memerlukan waktu yang tidak sebentar sehingga diperlukan kesabaran dan ketekunan.

Anda mungkin juga perlu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum melakukan perubahan pola makan atau jenis diet tertentu, khususnya jika memiliki riwayat medis khusus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 7 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran yang Aman dan Sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×