Cara Meningkatkan Mood Lewat Hormon Bahagia saat Pandemi COVID-19 (TEST)

Minggu, 11 Juli 2021 | 13:00 WIB Sumber: Wikipedia
Cara Meningkatkan Mood Lewat Hormon Bahagia saat Pandemi COVID-19 (TEST)

KONTAN.CO.ID - Setiap orang tentu ingin mempunyai mood atau suasana hati yang baik setiap hari. Tapi kondisi pandemi seperti saat ini, kerap membuat pikiran jadi gak karuan. Beberapa kondisi bisa membuat suasana hati menjadi  buruk, yang sulit untuk dihindari. 

Misalnya bangun kesiangan dan terlambat untuk melakukan rapat online. Hal ini bisa memicu mood jadi buruk selama seharian.

Dalam situasi PPKM Darurat seperti saat ini memaksa kita harus tetap di rumah. Diperlukan hormon bahagia untuk mempengaruhi mood menjadi lebih baik. Ada beberapa cara sederhana untuk meningkatkan mood lewat hormon bahagia yang bisa kamu praktekin di rumah setiap hari.  

Hormon bahagia adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang dan meningkatkan kekebalan tubuh. Artinya, selain mencegah memburuknya emosi, hormon bahagia juga merangsang timbulnya zat imunitas. Saat hormon bahagia dalam tubuh naik, manusia akan menjadi lebih rileks dan akan lebih mudah mengontrol emosi.

 Terdapat beberapa hormon bahagia yang bisa meningkatkan mood dengan cepat. Tips di bawah ini bisa kamu lakukan setiap hari di rumah selama PPKM Darurat ini.

1. DOPAMINE

Dopamine adalah neurotransmitter yang dibuat di otak. Pada dasarnya, ia bertindak sebagai pembawa pesan kimia antara neuron. Dopamine disebut juga Reward Hormone. Rasa bahagia yang akan kamu dapatkan setelah melakukan sesuatu. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan dopamine:

- Makan makanan sehat
- Tidur dengan cukup 
- Menyelesaikan tugas atau pekerjaan

Baca Juga: 4 Rekomendasi Buah untuk Diet, Bisa Anda Coba

2. OXYTOCIN

Oxytocin adalah hormon bahagia yang muncul karena berkomunikasi dengan orang yang kita sayang atau sesuatu yang kita sayangi. Ini menyebabkan kamu merasakan gelombang emosi positif. Kamu bisa dapatkan hormon bahagia ini dengan cara yang sangat sederhana dan dipastikan akan membuatmu lebih rileks.

- Main bersama hewan kesayangan
- Peluk orang yang disayang
- Memuji orang lain
- Menghubungi teman lama dan menanyakan kabarnya

 

3. ENDORPHIN

Endorfin penting untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kesenangan. Karena manusia secara alami berusaha untuk merasakan kesenangan dan menghindari rasa sakit, kita cenderung melakukan suatu aktivitas jika itu membuat kita merasa baik. Endorphin bisa didapatkan dengan melakukan hal-hal berikut.

- Mendengarkan music atau lagu kesayangan
- Menonton film lucu
- Makan coklat

 Baca Juga: Jaga daya tahan tubuh, ini makanan yang harus dikonsumsi selama pandemi ala WHO

4. SEROTONIN

Serotonin adalah bahan kimia yang diproduksi sel saraf. Kekurangan serotonin dapat mengakibatkan gangguan mood, seperti kecemasan atau depresi. Serotonin dianggap sebagai penstabil suasana hati alami. Hal-hal ini bisa memicu serotonin dalam tubuhmu secara alami. 

- Berjemur
- Olahraga teratur minimal 15 menit setiap hari
- Meditasi

Ingat, jangan biarkan suasana hati yang buruk memengaruhi produktivitas sehari-hari. Nah, coba lakukan cara meningkatkan mood lewat hormon bahagia saat pandemi COVID-19 ya, Moms!

Selanjutnya: 5 Fakta Menarik Festival Film Cannes 2021 yang Sedang Berlangsung

 

Editor: Helvana Yulian
Terbaru