Kesehatan Umum

Cara mengolah bunga telang beserta mafaatnya

Jumat, 04 Desember 2020 | 14:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara mengolah bunga telang beserta mafaatnya


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bunga Telang merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mengandung banyak manfaat. Biasanya, Bunga Telang dipakai untuk memperindah tampilan hidangan, tapi tak sedikit pula yang mengolahnya menjadi teh. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui apa saja manfaat Bunga Telang yang bisa Anda dapat.

Mengutip dari Majestic Herbs (majesticherbs.com), Bunga Telang mengandung banyak antioksidan, peptida, dan flavonoid. Setelah dilakukan penelitian pada binatang percobaan, kandungan-kandungan tersebut mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan yang Anda alami.

Bunga Telang juga sudah banyak digunakan di produk-produk perawatan kulit dan rambut. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan salah satu flavonoid yang bernama quercetin. Berikut ini manfaat Bunga Telang yang berguna untuk kesehatan.

Mengatasi Penyakit Mata

Seiring berjalannya usia dan faktor lainnya, Anda bisa mengalami berbagai jenis penyakit mata. Mulai dari kelelahan mata, penglihatan yang mengabur, glaukoma, kerusakan retina, dan lain sebagainya. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi Bunga Telang.

Baca Juga: Bunga telang bermanfaat sebagai obat herbal bronkitis sampai bisul

Jenis tumbuhan itu mengandung banyak antioksidan, salah satunya adalah proantosianidin. Proantisionidin berfungsi untuk meningkatkan aliran darah menuju kapiler mata sehingga kesehatan penglihatan Anda bisa terjaga.

Mengurangi Tanda Penuaan

Tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan keriput, bisa muncul karena banyak hal. Mulai dari usia, polusi, radikal bebas, dan lain-lain. Meski tak berbahaya, tapi tanda-tanda penuaan bisa mengganggu penampilan.

Sebaiknya, gunakan Bunga Telang untuk menghindari masalah tersebut. Majestic Herbs mengatakan bahwa antioksidan dalam Bunga Telang berguna untuk meningkatkan jumlah kolagen dan sistesis elastin. Hal tersebut berguna untuk peremajaan kulit dan mengurangi tanda penuaan yang muncul.

Mengatasi Rambut Rontok dan Uban

Salah stau manfaat bunga telang adalah mengatasi rambut beruban.

Ada banyak masalah rambut yang bisa dialami oleh seseorang. Misalnya, rambut rontok dan uban. Anda tak perlu khawatir jika mengalami masalah tersebut karena bisa diatasi dengan bioflavonoid yang ada dalam Bunga Telang.

Mengandung Antiasmatik

Manfaat Bunga Telang selanjutnya adalah bisa dipakai untuk mengatasi beberapa masalah pernapasan, seperti batuk, pilek, dan asma. Kemampuan tersebut berasal dari kandungan antiasmatik yang berperan sebagai antiekspektoran dan mengurangi iritasi di organ pernapasan.

Baca Juga: Ini manfaat ciplukan sebagai obat herbal yang harus Anda ketahui

Cara Membuat Teh Bunga Telang

Jika Anda tertarik untuk mengonsumsi Bunga Telang dalam bentuk teh, cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, rebus lima hingga 10 Bunga Telang hingga warna di kelopaknya memudar. Anda bisa merebusnya bersama serai untuk meningkatkan cita rasa.

Setelah itu, saring air yang sudah mendidih dan minum air rebusan Bunga Telang. Supaya rasanya lebih lezat, Anda bisa menambahkan beberapa tetes air lemon.

Selanjutnya: Ini manfaat daun sirih merah sebagai obat herbal yang jarang diketahui

Editor: Belladina Biananda


Terbaru