Produk dan Layanan

Cara mengobati penyakit tipes yang mulai marak di musim penghujan

Senin, 14 Desember 2020 | 13:10 WIB Sumber: Kompas.com
Cara mengobati penyakit tipes yang mulai marak di musim penghujan

ILUSTRASI. Cara mengobati penyakit tipes yang mulai marak di musim penghujan./Pho KONTAN/Carolus Agus W/07/09/2009.


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Musim penghujan tiba, penyakit tipes biasanya banyak terjadi. Lalu, bagaimana cara mengobati penyakit tipes?

Demam tifoid atau tipes adalah penyakit infeksi yang bisa berbahaya apabila tidak ditangani dengan tepat. Penyakit ini disebabkan infeksi bakteri Salmonella typhi.

Tipes mudah menyebar lewat makanan atau air yang terkontaminasi bakteri. Setelah bakteri penyebab tipes masuk ke tubuh lewat makanan atau minuman, kuman tersebut bisa berkembang biak dan menyebar ke aliran darah sampai ke saluran pencernaan.

Melansir laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penderita yang terinfeksi bakteri Salmonella typhi bisa merasakan gejala tipes seperti:

  • Demam tinggi berkepanjangan
  • Kelelahan
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Sakit perut
  • Sembelit atau diare
  • Muncul ruam di beberapa bagian tubuh

Apabila tidak segera mendapatkan perawatan medis yang tepat, demam tifoid bisa menimbulkan komplikasi serius yang mengancam nyawa.

Baca juga: Katalog promo Tupperware Desember 2020 harga spesial alat memasak

Terdapat beberapa cara mengobati penyakit tipes, berikut beberapa di antaranya:

1. Minum obat antibiotik

Melansir NHS, penyakit tipes umumnya dapat diobati dengan obat antibiotik yang diresepkan dokter. Pemberian obat antibiotik untuk tipes dari dokter akan disesuaikan dengan jenis bakteri Salmonella typhi yang menginfeksi penderita.

Sebelum diberikan obat tipes, penderita terlebih dulu diperiksa kondisi fisiknya oleh dokter dan diarahkan menjalani tes darah, feses, dan urine di laboratorium. Hasil pemeriksaan tersebut menentukan jenis obat antibiotik yang paling sesuai untuk mengobati tipes penderita.

Penderita dengan gejala tipes ringan dapat dirawat di rumah. Apabila kondisinya parah, penderita perlu dirawat di rumah sakit. Apabila penyakit tipes diketahui di tahap awal, penderita umumnya diberi obat antibiotik untuk tujuh sampai 14 hari.

Setelah minum obat, gejala tipes umumnya akan membaik selang dua atau tiga hari kemudian. Jangan hentikan pengobatan di tengah jalan kendati badan sudah terasa lebih bugar. Pastikan penderita menghabiskan seluruh obat yang diresepkan agar pengobatan benar-benar tuntas.

Editor: Adi Wikanto


Terbaru