kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.461.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.130   40,00   0,26%
  • IDX 7.697   -47,60   -0,61%
  • KOMPAS100 1.196   -13,16   -1,09%
  • LQ45 960   -10,60   -1,09%
  • ISSI 231   -1,75   -0,75%
  • IDX30 493   -3,97   -0,80%
  • IDXHIDIV20 592   -5,69   -0,95%
  • IDX80 136   -1,30   -0,95%
  • IDXV30 143   0,32   0,23%
  • IDXQ30 164   -1,28   -0,77%

Cara Menghilangkan Rambut Uban dengan 5 Metode Ini


Minggu, 29 September 2024 / 07:30 WIB
Cara Menghilangkan Rambut Uban dengan 5 Metode Ini
ILUSTRASI. vitamin penting untuk pria usia 40 tahun


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Intip cara menghilangkan rambut uban dengan alami yang bisa Anda coba. Kondisi ini tentu bisa terjadi pada rambut Anda saat mengalami pertambahan usia.

Rambut uban adalah rambut yang kehilangan pigmen warna sehingga menjadi putih atau abu-abu. Proses terjadinya uban bukan hanya sekadar transformasi visual, tetapi menjadi cerminan perubahan kondisi kesehatan dan faktor lingkungan.

Seiring bertambahnya usia, munculnya uban menjadi sebagian dari narasi kehidupan yang melibatkan perubahan hormonal, genetika keluarga, dan interaksi dengan lingkungan sekitar.

Untuk itu, bagi Anda yang merasa terjadi perubahan penampilan dari rambut Anda perlu memahami faktor penyebab dan cara mengurangi dengan alami.

Baca Juga: Waspada 6 Gejala Penyakit Tipes yang Sering Dialami

Penyebab rambut uban muncul

Rambut uban

Rambut uban yang muncul bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut terkait pemicu munculnya rambut uban.

  • Penuaan: Seiring bertambahnya usia, folikel rambut mengalami perubahan yang membuat pigmen melanin, yang memberikan warna pada rambut, berkurang. Folikel rambut memiliki sel melanosit yang menghasilkan melanin. Seiring penuaan, produksi melanin dapat menurun atau bahkan berhenti sepenuhnya, menyebabkan rambut kehilangan warna dan menjadi uban.
  • Faktor Genetik: Keturunan dan faktor genetika dapat memainkan peran penting dalam kemunculan uban. Jika orang tua atau kakek nenek Anda memiliki rambut uban pada usia dini, kemungkinan Anda juga mengalami hal yang serupa.
  • Faktor Lingkungan: Paparan terhadap stres oksidatif dapat mempercepat proses uban. Stres oksidatif terjadi ketika ketidakseimbangan antara antioksidan dan radikal bebas dalam tubuh. Merokok, polusi udara, dan radiasi UV matahari adalah contoh faktor lingkungan yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan mempercepat uban.
  • Kekurangan Nutrisi: Kekurangan nutrisi tertentu, seperti vitamin B12, vitamin D, zat besi, dan tembaga, dapat memengaruhi kesehatan rambut dan mempercepat proses uban.
  • Penyakit dan Kondisi Kesehatan: Beberapa kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit tiroid atau vitiligo, dapat mempengaruhi warna rambut dan menyebabkan uban.
  • Perubahan Hormon: Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan atau menopause juga dapat berkontribusi pada perubahan warna rambut.

Baca Juga: Tak Disangka-Sangka! 4 Jus Ini Bisa Membuat Rambut Tumbuh Lebih Cepat

Nah, setelah mengenal beberapa informasi terkait penyebab, Anda perlu mencoba langkah secara alami untuk mengurangi pertumbuhan uban.

Cara hilangkan rambut uban secara alami

Berikut ini beberapa panduan untuk mengurangi rambut uban dengan mudah, dilansir dari laman Eating Well.

1. Mengurangi Stres

Sebuah studi di International Journal of Trichology tahun 2020 menemukan bahwa stres oksidatif, yang merupakan ketidakseimbangan antara antioksidan dan radikal bebas dalam tubuh, dapat merusak sel dan jaringan serta mempercepat munculnya uban.

Merokok menjadi salah satu penyebab utama stres oksidatif dan berhubungan dengan penuaan dini pada segala usia. Stres kronis dalam bentuk apa pun dapat memicu peradangan kronis yang menghentikan produksi melanin dan mengganggu siklus pertumbuhan rambut, menurut penelitian di Annals of Dermatology tahun 2018. Berbagai metode, seperti yoga atau aktivitas di luar ruangan, dapat menjadi solusi untuk mengelola stres.

2. Menyesuaikan Pola Makan

Menurut Upton, pola makan dapat bersifat pro-inflamasi atau anti-inflamasi. Makanan yang dapat mengurangi peradangan membantu melindungi sel yang memproduksi pigmen rambut. Mengonsumsi buah dan sayuran kaya antioksidan dapat membantu menjaga kesehatan folikel rambut.

Buah beri, sayuran hijau, dan anggur merah adalah beberapa contoh yang baik. Sebaiknya hindari makanan pro-inflamasi seperti minuman manis, permen, serta makanan olahan dan tinggi lemak.

3. Memenuhi Kebutuhan Vitamin

Kekurangan vitamin tertentu dapat memicu uban, seperti kekurangan vitamin D3 dan B12, yang mempercepat timbulnya uban. Vitamin penting lainnya termasuk vitamin E, A, seng, zat besi, tembaga, selenium, dan magnesium. Sumber makanan seperti ikan, telur, sayuran hijau, dan kacang-kacangan sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan ini.

4. Merawat Rambut dengan Baik

Merawat rambut secara eksternal juga penting. Hindari racun dan polusi, serta lindungi rambut dari sinar matahari dengan memakai topi atau syal. Gunakan alat penata rambut dengan bijak, batasi penggunaan produk kimia keras, dan keramas lebih jarang agar rambut tetap kuat dan sehat.

5. Memantau Kesehatan

Kondisi kesehatan seperti gangguan autoimun dan tiroid bisa menyebabkan uban dini. Menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dengan pemeriksaan rutin dapat membantu. Jika faktor genetik menjadi penyebab, konsultasikan dengan dokter untuk perawatan yang lebih lanjut.

Itulah penjelasan terkait informasi yang bisa Anda jadikan referensi dalam upaya mengurangi rambut uban dengan alami.

Selanjutnya: Bantuan Militer AS ke Ukraina Bikin Murka, Korea Utara: Itu Kesalahan Besar

Menarik Dibaca: Ini Sederet Risiko Meletakkan Microwave di Atas Kulkas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×