kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara menghilangkan asam urat di kaki, penyembuhan alternatif selain obat dokter


Kamis, 09 Desember 2021 / 09:45 WIB
Cara menghilangkan asam urat di kaki, penyembuhan alternatif selain obat dokter
ILUSTRASI. Cara menghilangkan asam urat di kaki, penyembuhan alternatif selain obat dokter


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara menghilangkan asam urat di kaki. Cara menghilangkan asam urat di kaki ini hanyalah alternatif untuk mendukung pengobatan yang sudah diberikan dokter.

Asam urat adalah jenis radang sendi yang berkembang ketika kadar asam urat darah tinggi secara tidak normal. Asam urat membentuk kristal di persendian, sering kali di kaki dan jempol kaki, yang menyebabkan pembengkakan parah dan menyakitkan.

Beberapa orang memerlukan obat untuk mengatasi asam urat, tetapi perubahan pola makan dan gaya hidup juga dapat membantu menghilangkan asam urat di kaki. Menurunkan asam urat dapat mengurangi risiko asam urat dan bahkan dapat mencegah serangan berikutnya pada orang dengan kondisi ini.

Berikut ini beberapa cara alami menghilangkan asam urat di kaki selain menggunakan obat seperti dilansir dari Medical News Today.

1. Batasi makanan kaya purin

Cara pertama menghilangkan asma urat di kaki adalah membatasi makanan kaya purin. Purin adalah senyawa yang terkandung secara alami pada beberapa makanan. Saat tubuh memecah purin, ia menghasilkan asam urat.

Proses metabolisme makanan kaya purin dapat menyebabkan asam urat dengan menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat. Beberapa makanan yang tinggi purin sebenarnya menyehatkan, jadi tujuannya adalah untuk mengurangi asupan purin daripada menghindarinya sama sekali.

Baca Juga: Ciri-ciri sakit ginjal, dari kelelahan, kencing berbusa, & sering buang air kecil

Makanan dengan kandungan purin tinggi yang bisa menjadi penyebab asam urat antara lain : buruan liar, seperti rusa (daging rusa) trout, tuna, haddock, sarden, teri, remis, dan herring alkohol berlebih, termasuk bir dan minuman keras makanan tinggi lemak, seperti bacon, produk susu, dan daging merah (termasuk daging sapi muda) daging organ, misalnya, hati dan roti manis makanan dan minuman manis Makanan dengan kandungan purin sedang meliputi: daging deli sebagian besar daging lainnya, termasuk ham dan daging sapi unggas tiram, udang, kepiting, dan lobster.

2. Konsumsi lebih banyak makanan rendah purin

Cara kedua menghilangkan asma urat di kaki adalah memperbanyak makanan rendah purin. Dengan beralih dari makanan dengan kandungan purin tinggi ke makanan dengan kandungan purin lebih rendah, beberapa orang mungkin dapat terus menurunkan kadar asam urat mereka atau setidaknya menghindari peningkatan lebih lanjut.

Beberapa makanan dengan kandungan purin rendah yang baik untuk menurunkan asam urat antara lain: produk susu rendah lemak dan bebas lemak selai kacang dan kebanyakan kacang kebanyakan buah dan sayuran kopi nasi gandum, roti, dan kentang.

Perubahan pola makan saja tidak akan menghilangkan asam urat, tetapi dapat membantu mencegah penyakit asam urat. Penting juga untuk dicatat bahwa tidak semua orang yang terkena asam urat makan makanan tinggi purin.

Faktor lain, seperti kerentanan genetik, juga berperan. Orang Afrika Amerika lebih rentan daripada orang kulit putih untuk asam urat. Wanita pascamenopause dan orang dengan obesitas juga memiliki risiko lebih tinggi.

3. Hindari obat-obatan yang meningkatkan kadar asam urat

Cara ketiga menghilangkan asma urat di kaki adalah menghindari obat yang meningkatkan kadar asam urat. Obat-obatan tertentu dapat meningkatkan kadar asam urat. Obat-obatan ini termasuk : obat diuretik, seperti furosemide (Lasix) dan hidroklorotiazid obat yang menekan sistem kekebalan tubuh, terutama sebelum atau sesudah transplantasi organ aspirin dosis rendah.

Namun, obat yang meningkatkan kadar asam urat mungkin menawarkan manfaat kesehatan yang esensial. Dengan demikian, orang harus berbicara dengan dokter sebelum mengganti obat apa pun.

4. Menjaga berat badan ideal

Cara keempat menghilangkan asma urat di kaki adalah menjaga berat badan ideal. Mencapai berat badan ideal dapat membantu mengurangi risiko serangan asam urat. Obesitas meningkatkan risiko asam urat, terutama pada orang yang berusia lebih muda.

Kelebihan berat badan juga meningkatkan risiko seseorang terkena sindrom metabolik. Selain itu, kelebihan berat badan juga memiliki hubungan dengan risiko peningkatan kadar asam urat darah yang lebih tinggi. Diet ketat yang dapat menurunkan berat badan secara cepat dapat meningkatkan kadar asam urat.

Oleh karena itu, orang harus fokus membuat perubahan jangka panjang yang berkelanjutan untuk mengelola berat badan mereka, seperti menjadi lebih aktif, makan makanan seimbang, dan memilih makanan padat nutrisi.

5. Hindari alkohol dan minuman manis

Cara kelima menghilangkan asma urat di kaki adalah menghindari minuman alkohol dan mengandung gula. Konsumsi alkohol dan minuman manis seperti soda dan jus manis berkorelasi dengan peningkatan risiko asam urat.

Alkohol dan minuman manis juga menambah kalori yang tidak perlu ke dalam makanan sehingga berpotensi menyebabkan penambahan berat badan dan masalah metabolisme.

6. Minum kopi

Cara keenam menghilangkan asma urat di kaki adalah minum kopi. Beberapa riset menunjukkan bahwa orang yang minum kopi cenderung tidak mengembangkan asam urat.

Misalnya, tahun 2010, analisis data dari peserta wanita dalam Nurses' Health Study menemukan bahwa risiko asam urat menurun seiring dengan meningkatnya konsumsi kopi. Wanita yang mengonsumsi 1 hingga 3 cangkir kopi per hari memiliki penurunan risiko asam urat sebesar 22 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi.

Sejumlah penelitian juga mengaitkan konsumsi kopi dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Sebuah tinjauan sistematis dan meta-analisis tahun 2014 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 3-5 cangkir kopi per hari memiliki risiko penyakit kardiovaskular paling rendah. Karena orang dengan asam urat memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi, minum kopi dapat membantu meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan.

7. Cobalah suplemen vitamin C

Cara ketujuh menghilangkan asma urat di kaki adalah konsumsi suplemen vitamin C. Mengonsumsi suplemen vitamin C dapat menurunkan risiko asam urat. Sebuah meta-analisis tahun 2011 dari 13 uji coba terkontrol secara acak menemukan bahwa vitamin C secara signifikan mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Penurunan kadar asam urat dapat menurunkan risiko serangan asam urat. Namun, penelitian belum secara meyakinkan membuktikan bahwa vitamin C mengobati atau mencegah asam urat – hanya saja vitamin C menurunkan kadar asam urat.

8. Makan ceri

Cara kedelapan menghilangkan asma urat di kaki adalah makan buah ceri. Penelitian awal menunjukkan bahwa ceri dapat mengurangi risiko serangan asam urat, terutama pada orang dengan riwayat penyakit sebelumnya.

Sebuah studi tahun 2012 dari 633 orang dengan asam urat menemukan bahwa makan ceri selama 2 hari menurunkan risiko serangan asam urat sebesar 35 persen dibandingkan dengan orang yang tidak makan ceri.

Efek ini bertahan bahkan ketika peneliti mengontrol faktor risiko, seperti usia, jenis kelamin, konsumsi alkohol, dan penggunaan diuretik atau obat anti asam urat. Di antara orang-orang yang juga menggunakan allopurinol, obat anti asam urat, kombinasi obat dan ceri menurunkan risiko serangan lain sebesar 75 persen.

Itulah beragam cara menghilangkan asam urat di kaki. Ingat, cara menghilangkan asam urat di kaki ini hanya pelengkap. Anda harus tetap menjalani pengobatan asam urat sesuai anjuran dokter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Cara Menurunkan Kadar Asam Urat secara Alami Tanpa Obat",


Penulis : Galih Pangestu Jati
Editor : Galih Pangestu Jati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×