kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara mengatasi takut jarum suntik bagi yang ingin vaksinasi Covid-19


Jumat, 15 Januari 2021 / 16:40 WIB
Cara mengatasi takut jarum suntik bagi yang ingin vaksinasi Covid-19
ILUSTRASI. Cara mengatasi takut jarum suntik bagi yang ingin vaksinasi Covid-19. Tribunnews/Irwan Rismawan


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pemerintah resmi memulai vaksinasi Covid-19 sejak Rabu (13/1/2021). Sebanyak 181 juta penduduk Indonesia akan mendapat vaksin virus corona. Ada hukuman bagi yang menolak vaksin virus corona. Nah, untuk kamu yang takut jarum suntik, ada tips untuk tetap mendapatkan vaksin virus corona tanpa ketakutan.

Meski vaksin menjadi jawaban atas kekhawatiran kita di masa pandemi ini, namun vaksinasi malah memunculkan ketakutan di antara orang-orang yang takut jarum suntik. Bagi sebagian orang, rasa takut tersebut bahkan sudah menjadi fobia, dikenal dengan istilah trypanophobia.

Rasa takut ini adalah hal nyata dan menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS ( CDC) dialami sekitar 25 persen orang dewasa. Sayangnya, vaksinasi virus corona harus tetap dijalani oleh orang-orang yang takut jarum suntik.

Sebab, semakin banyak orang yang enggan divaksin, maka kita akan kesulitan mencapai herd immunity (kekebalan komunitas). Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) bahkan menekankan bahwa sebagian besar populasi harus disuntik vaksin virus corona untuk melampaui target tersebut.

Baca juga: Pemerintah buka opsi vaksin corona mandiri, ini syaratnya

Apakah saya memiliki trypanophobia?

Kamu yang memiliki rasa takut terhadap jarum suntik mungkin punya pertanyaan seperti ini. Trypanophobia sendiri diklasifikasikan sebagai gangguan kecemasan.

Kondisi ini bisa menjadi masalah untuk banyak prosedur media, termasuk vaksinasi, pengambilan darah dan anastesi (pembiusan). Banyak literatur sudah membahas tentang fobia ini, namun beberapa teori mengaitkan fobia ini dengan insting bertahan yang membuat seseorang tidak mau tubuhnya ditusuk apapun.

Rasa takut juga bisa muncul karena ketidaktahuan tentang apa yang diinjeksikan ke dalam tubuh. "Ada sesuatu yang tidak mereka (penderita trypanophobia) ketahui dimasukkan ke dalam tubuh, mereka merasa tidak bisa mengontrol itu," ungkap psikolog klinis sekaligus penulis "Family Fit: Find Tour Balance In Life", John Mayer, PhD kepada Health.

Bagaimana kita tahu bahwa ketakutan akan jarum suntik yang kita alami termasuk teypanophobia?

Gejalanya banyak. Namun, satu meta-analisis dari sejumlah data ilmiah yang dipublikasikan di jurnal SAGE Open Nursing, mencatat beberapa gejala berikut:

  • Peningkatan detak jantung dan tekanan darah secara tiba-tiba saat melihat jarum.
  • Penurunan tekanan darah segera.
  • Pingsan.
  • Kecemasan ekstrem yang sulit dijelaskan.
  • Memikirkan secara berlebihan prosedur yang melibatkan jarum.
  • Mengalami serangan panik.

Cara mengatasi ketakutan terhadap jarum suntik

Jika kamu ingin mendapatkan vaksin Covid-19 namun masih mengalami ketakutan terhadap jarum suntik, ada beberapa tips yang bisa diterapkan sebagai cara mengatasi ketakutan terhadap jarum suntik:

1. Pastikan jadwal vaksinasi

Cara pertama mengatasi rasa takut jarum suntik adalah dengan memastikan jadwal vaksinasi. Prinsipnya, menurut direktur klinik dari Center for the Treatment and Study of Anxiety, University of Pennsylvania's Perlman School of Medicine, Thea Gallager, PsyD, mengurangi beban pikiran dapat berperan penting dalam mengatasi ketakutan terhadap jarum suntik. Termasuk salah satunya memastikan secara cepat jadwal vaksinasi.

2. Jangan terlalu dipikirkan

Cara kedua mengatasi rasa takut jarum suntik adalah jangan sering-sering memikirkannya. Memang, jika memiliki ketakutan terhadap jarum suntik, sangat sulit membuang pikiran kita terhadap benda tersebut.

Tapi, cobalah untuk tidak terobsesi berlebihan agar tidak memengaruhi kesehatan mentalmu. Ingatkan pada dirimu bahwa kamu pernah melakukannya sebelumnya dan tidak ada masalah yang terjadi.

3. Fokus pada dampak positif

Cara ketiga mengatasi rasa takut jarum suntik adalah dengan memfokurkan pada dampak positif. Jika rasa takut itu tak kunjung hilang, cobalah fokus memikirkan dampak positif apa yang akan kamu dapatkan setelah divaksin. "Ingatlah bahwa itu bisa menyelamatkan kesehatan bahkan hidupmu dan mengembalikan segala kondisi menjadi normal," kata psikolog san penulis "Hack Your Anxiety", Alicia H. Clark, PsyD.

4. Alihkan perhatian

Cara keempat mengatasi rasa takut jarum suntik adalah dengan mengalihkan perhatian. Ketegangan yang kamu rasakan mungkin akan meningkat segera setelah tiba di tempat vaksinasi.

Pada momen tersebut, cobalah mengalihkan perhatian. Jika tempat tersebut mengizinkanmu mengajak seorang teman atau anggota keluarga, maka ajaklah mereka sehingga kamu punya teman ngobrol saat menunggu giliran. Jika tidak, kamu bisa menonton video di ponsel atau mendengarkan musik menggunakan headphone.

5. Jika hampir pingsan

Cara kelima mengatasi rasa takut jarum suntik adalah dengan terapi khusus. Terapi "tegangan terapan (applied tension)" terutama untuk orang yang akan pingsan atau lemas bila melihat jarum suntik.

Untuk melakukannya, tegangkan otot-otot lengan, batang tubuh dan kaki, kemudian dan tahan ketegangan itu sampai kamu merasa hangat. Kemudian, lepaskan ketegangan dan tunggu selama 20 -30 detik hingga tubuh kembali normal. Kamu bisa melakukan teknik ini ketika mulai merasa lemas saat melihat jarum.

6. Ingat bahwa prosesnya hanya sebentar

Cara selanjutnya untuk mengatasi rasa takut jarum suntik adalah dengan menyadari bahwa proses vaksinasi hanya sebentar. Detik-detik jelang divaksin, ingatkan dirimu bahwa prosesnya hanya sebentar, bahkan hanya beberapa detik saja.

7. Beri tahu perawat

Jujur terhadap perawat atau tenaga medis yang menyuntikkan vaksin juga termasuk cara mengatasi rasa takut jarum suntik. Sebelum vaksinasi dilakukan, sampaikan pada perawat yang menyuntikmu bahwa kamu takut jarum suntik.

Mungkin kamu meragukan langkah ini, namun percayalah ini akan membantu meredakan rasa takut terhadap jarum suntik. Selain itu, informasi tersebut juga penting bagi perawat untuk berjaga-jaga jika kamu pingsan saat divaksin.

8. Praktik pernapasan diafragma

Cara mengatasi rasa takut jarum suntik yang lainnya dengan melakukan praktik pernapasan diafragma. Sesaat sebelum divaksin, cobalah melakukan praktik pernapasan diafragma jika memungkinkan. Cara lainnya, kamu juga bisa meremas benda semacam stress ball atau tetap menonton dan mendengarkan musik hingga momen vaksinasi tiba.

9. Jangan lihat jarumnya

Ketika tiba saatnya kamu divaksin, jangan lihat jarumnya agar rasa takutmu tidak semakin besar.

10. Ucapkan selamat pada diri sendiri jika berhasil

Jika kamu sudah mencapai tahap ini, ucapkan selamat untuk dirimu sendiri karena sudah berhasil melakukan sesuatu yang hebat dengan mengalahkan rasa takutmu. Mentraktir diri sendiri dengan makanan atau minuman kesukaan juga bisa kamu lakukan agar rasa takut terhadap jarum suntik tidak terulang lagi.

Namun, jika tidak bisa sampai ke tahap ini dan kamu berjuang susah payah mengatasi rasa takut terhadap jarum suntik, cobalah berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental. Mereka akan menawarkan perawatan yang bisa membantumu melewati momen penting tersebut.

Namun, seperti apapun kondisinya, para pakar menekankan pentingnya untuk tetap mendapatkan vaksinasi. "Vaksin adalah cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari Covid-19. Anda seharusnya tidak membiarkan fobia jarum menjadi penghalang bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda," ungkap pakar penyakit menular sekaligus peneliti senior dari Johns Hopkins Center for Health Security, Amesh A. Adalja, MD.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingin Divaksin Covid-19 tapi Takut Jarum Suntik? Simak 10 Tips Ini",

Editor : Nabilla Tashandra

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Inilah reaksi yang bisa timbul setelah disuntik vaksin virus corona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×