kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,83   -3,68   -0.40%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Mengatasi Sariawan dengan 7 Bahan Alami Tanpa Obat-obatan


Kamis, 09 Mei 2024 / 10:51 WIB
Cara Mengatasi Sariawan dengan 7 Bahan Alami Tanpa Obat-obatan
ILUSTRASI. Atasi Sariawan dengan Bahan Alami Tanpa Obat-obatan


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Catat tips dalam atasi sariawan menggunakan bahan alami. Kondisi mulut yang terluka tentu tidak nyaman untuk beraktivitas sehari-hari.

Anda dapat mengikuti panduan untuk mengobati sariawan yang dilakukan tanpa penggunaan obat-obatan dari apotek.

Penyakit sariawan bisa saja mengganggu dan membuat kesulitan untuk berbicara, mengunyah, atau melakukan kegiatan lain yang menggunakan mulut.

Kondisi ini bisa terjadi ketika bagian dalam mulut tergigit. Tak hanya itu, masih banyak faktor lain yang bisa jadi penyebab sariawan seperti kebersihan mulut yang tidak terjaga.

Baca Juga: Jangan Makan Sembarangan, Kenali 5 Makanan Penyebab Sariawan Berikut

Penyebab sariawan kambuh

Sariawan

Ada beberapa penyebab sariawan yang tidak hanya terkait kesehatan mulut dan gigi.

  • Stres: Stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, yang membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi bakteri atau virus yang menyebabkan sariawan.
  • Luka atau Trauma: Luka kecil pada mulut, misalnya akibat gigitan saat makan atau cedera saat menyikat gigi, dapat menjadi pintu masuk bagi bakteri dan virus penyebab sariawan.
  • Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh: Gangguan sistem kekebalan tubuh, seperti pada penderita HIV/AIDS atau penderita penyakit autoimun, dapat membuat seseorang rentan terhadap infeksi yang menyebabkan sariawan.
  • Kebiasaan Buruk: Kebiasaan buruk seperti merokok atau mengonsumsi makanan pedas atau asam secara berlebihan dapat mengiritasi jaringan mulut dan menyebabkan sariawan.
  • Kurangnya Nutrisi: Kekurangan nutrisi tertentu, seperti zat besi, vitamin B12, atau asam folat, dapat meningkatkan risiko sariawan.
  • Perubahan Hormonal: Perubahan hormonal yang terjadi selama siklus menstruasi, kehamilan, atau menopause dapat mempengaruhi kondisi mulut dan meningkatkan risiko sariawan.

Atasi sariawan dengan bahan alami

Ada beberapa bahanalami yang tak ada salahnya untuk Anda coba. Bahkan, dalam bahan alami di bawah ini baik untuk kesehatan gigi dan mulut.

Baca Juga: Haus Berlebihan dan Mudah Tersinggung, Cek 11 Tanda & Gejala Diabetes

Intip panduan dalam mengatasi sariawan lewat bahan alami yang mudah, dirangkum dari laman Rodeo Dental.

1. Kumur Larutan Antiseptik

Menggunakan larutan antiseptik seperti mouthwash yang mengandung klorheksidin dapat membantu menjaga kebersihan mulut dan mencegah infeksi.

2. Terapkan Kompres Dingin

Kompres dingin pada sariawan dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit. Tempelkan kantong es yang dibungkus dengan kain tipis pada sariawan selama beberapa menit.

3. Konsumsi Cuka Apel

Cuka apel dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan sariawan karena kemampuannya melawan infeksi bakteri. Cuka apel mengandung asam asetat yang bermanfaat.

Anda dapat mencampurkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam segelas air dan minumnya, atau menggunakan cuka apel sebagai salad dressing.

4. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam adalah cara tradisional untuk menyembuhkan sariawan. Larutkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, berkumur selama 30 detik, lalu berkumur dengan air biasa.

Kumur air garam

5. Kompres Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengatasi sariawan yang disebabkan oleh bakteri. Oleskan minyak kelapa pada sariawan beberapa kali sehari sampai sakitnya sembuh.

6. Kumur dengan Baking Soda

Baking soda sering digunakan sebagai pengobatan sariawan yang efektif. Studi menunjukkan bahwa kandungan dalam baking soda dapat menetralisir keasaman di mulut yang dapat memperburuk kondisi sariawan.

Selain itu, baking soda juga dapat melawan infeksi bakteri, mempercepat penyembuhan sariawan. Campurkan 1 sendok teh baking soda ke dalam segelas air hangat, aduk hingga larut, lalu gunakan larutan tersebut untuk berkumur.

7. Konsumsi Teh Kamomil

Teh kamomil memiliki sifat antiseptik yang efektif dalam mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain itu, minum teh kamomil juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Anda juga dapat mengompreskan ampas teh kamomil pada sariawan secara perlahan.

Apabila sariawan tidak sembuh dalam waktu yang wajar berminggu-minggu atau disertai gejala lain yang mengkhawatirkan, segera konsultasikan dengan dokter.

Dari panduan dan tips atasi sariawan di atas dapat diterapkan dengan praktis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×