kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Mengatasi Maag Dengan Obat Alami & Gejala Yang Harus Diwaspadai


Jumat, 07 Oktober 2022 / 14:43 WIB
Cara Mengatasi Maag Dengan Obat Alami & Gejala Yang Harus Diwaspadai
ILUSTRASI. Cara Mengatasi Maag Dengan Obat Alami & Gejala Yang Harus Diwaspadai


Sumber: KONTAN.co.id,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara mengatasi penyakit maag yang kambuh secara tak terduga dengan obat alami. Kenali juga gejala penyakit maag agar bisa segera diatasi dan tidak menjadi penyakit yang kronis.

Cara mengatasi penyakit maag kambuh dengan obat alami penting diketahui. Pasalnya, penyakit maaf bisa kambuh kapan saja.

Obat maag alami juga penting sebagai alternatif menyembuhkan penyakit yang terjadi di lambung tersebut. Maag juga harus segera diatasi agar tidak menjadi penyakit yang kronis.

Oleh karena itu, setelah mengetahui gejala penyakit maag, penderita harus minum obat untuk mengatasinya. Jangan menunda minum obat maag.

Baca Juga: 4 Gejala Penyakit Maag yang Perlu Anda Waspadai, Simak!

Dilansir dari Kompas.com, berikut obat alami untuk mengatasi penyakit maag yang mudah didapatkan:

Bawang putih

Obat alami untuk mengatasi penyakit maag yang pertama adalah bawang putih. Dilansir dari MedicalNewsToday, beberapa penelitian menunjukkan, bawang putih potensial untuk mengurangi gejala maag.

Anda bisa menjajal makan bawang putih untuk obat maag alami. Jika rasanya terlalu kuat, coba bungkus bawang putih yang sudah digeprek ke dalam kurma tanpa biji. Lalu makan perlahan untuk menutupi rasa “tajam” bawang putih.

Probiotik

Obat alami untuk mengatasi penyakit maag yang kedua adalah probiotik. Bahan alami ini bisa meningkatkan kadar bakteri baik di saluran pencernaan, dengan begitu pertumbuhan bakteri penyebab maag bisa ditekan. Anda bisa menjajal beberapa makanan sumber probiotik alami seperti yogurt, kimchi, tempe, miso, atau kefir.

Teh hijau dan madu

Obat alami untuk mengatasi penyakit maag yang ketiga adalah teh hijau dan madu. Salah satu penelitian terbatas menunjukkan, minum seduhan teh hijau yang diberi campuran madu setidaknya seminggu sekali bisa signifikan mencegah gejala maag kambuh.

Madu manuka memiliki khasiat anti-bakteri dan bisa membantu melawan infeksi. Sedangkan teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu melawan peradangan. Jika perut Anda sensitif dengan teh hijau, coba minum madu manuka dengan secangkir air putih hangat.

Sari kentang

Obat alami untuk mengatasi penyakit maag yang keempat adalah sari kentang. Dilansir dari Tuasaude, kentang baik digunakan untuk mengurangi produksi asam lambung di perut, terutama maag akut dan kronis atau yang terkait stres.

Anda bisa mengonsumsi kentang rebus. Atau minum jus kentang. Cara membuat jus kentang cukup mudah. Haluskan kentang dengan cara diblender atau diparut, lalu ambil sarinya. Tambahkan air hangat lalu minum jus ini.

Pisang dan pir

Obat alami untuk mengatasi penyakit maag yang kelima adalah pisang dan pir. Pisang yang sudah matang dan pir yang tidak asam juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, termasuk lambung.

Kombinasi dua buah ini bisa menambah asupan serat, terutama jenis pektin yang merangsang pergerakan usus. Kedua buah ini juga efektif memangkas waktu kontak asam lambung dengan dinding lambuh, sehingga mengurangi peradangan dan meredakan gejala maag.

Baca Juga: Cara Atasi GERD dengan 8 Obat Alami, Apa Saja?

Gejala umum penyakit maaf

Diberitakan Kontan.co.id, Healthline menulis ada beberapa gejala penyakit maag yang biasa dialami oleh banyak orang, misalnya, sakit perut, perut kembung, mual, muntah, dan heartburn. Heartburn adalah kondisi di mana sensasi terbakar muncul dari perut, dada, hingga ke mulut.

Sendawa

Gejala penyakit maag biasa yang pertama adalah sendawa. Biasanya, penderita maag memiliki jumlah asam lambung yang lebih tinggi daripada biasanya. Selain menyebabkan perut terasa kembung, kondisi itu juga bisa menyebankan Anda sering bersendawa.

Jika Anda mengalami hal itu, segera periksakan diri ke dokter, ya. Apalagi jika heartburn terasa semakin parah.

Rasa kenyang yang tidak biasa

Gejala penyakit maag biasa yang kedua adalah rasa kenyang yang tidak biasa. Merasa kenyang memang merupakan hal yang biasa dialami oleh banyak orang. Namun, Healthline menyebutkan, rasa kenyang juga bisa jadi gejala penyakit maag. Terlebih, jika Anda merasa kenyang saat mengonsumsi makanan dalam porsi normal.

Gejala penyakit maag parah atau kronis

Sebaiknya, jangan abaikan beberapa gejala penyakit maag. Jika kondisi itu terus Anda biarkan, bukan tidak mungkin mengalami gejala yang lebih parah.

Contoh, frekuensi muntah meningkat dan bisa dibarengi dengan keluarnya darah, feses yang keluar berwarna gelap, dan sulit menelan. Karena Anda kesulitan untuk menelan, berat badan Anda juga bisa turun seiring berjalannya waktu.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Sehingga, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Itulah berbagai obat alami untuk mengatasi penyakit maag dan gejala yang harus diwaspadai. Segera hubungi dokter jika sakit berlanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×