kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara mengatasi kesemutan dengan 3 bahan alami


Senin, 19 Oktober 2020 / 12:06 WIB
Cara mengatasi kesemutan dengan 3 bahan alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Hampir semua orang pernah merasakan kesemutan di tangan atau kakinya. Kondisi itu membuat bagian tubuh tertentu terasa sakit, lemah, dan mati rasa. Dengan memakai bahan alami, cara mengatasi kesemutan bisa Anda coba.

Kesemutan terjadi saat pesan dari otak dan sumsum tulang belakang terganggu akibat sistem saraf yang bermasalah. Hal itu bisa terjadi dalam waktu singkat atau perlahan.

Kesemutan memang tak menimbulkan masalah kesehatan apa pun. Tapi, jika kondisi tersebut sering terjadi, Anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter.

Untuk menghindari kesemutan, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Pertama, gerakkan badan setiap 30 hingga 60 menit sekali.

Kedua, rutin melakukan yoga atau olahraga peregangan lainnya agar tubuh tak kaku. Ketiga, konsumsi makanan bergizi agar kebutuhan nutrisi tercukupi.

Baca Juga: Begini penanganan komprehensif penyakit saraf akibat diabetes melitus

Selain itu, cara mengatasi kesemutan juga bisa Anda lakukan dengan cara-cara berikut:

Essential oil

Mengutip dari Netmeds.com, essential oil cocok Anda gunakan untuk mengobati sistem saraf yang bermasalah, seperti kesemutan. Salah satu jenis essential oil yang bisa Anda gunakan adalah minyak lavender.

Minyak lavender mengandung antiinflamasi dan pereda sakit sehingga bisa mengobati kerusakan pada sistem saraf. Pertama-tama, campurkan 10 hingga 12 tetes minyak lavender pada minyak kelapa, minyak zaitun, atau jenis carrier oil lain.

Aduk minyak-minyak tersebut hingga rata lalu pijatkan pada kaki dan tangan. Biarkan minyak meresap selama semalaman. Untuk hasil yang maksimal, ulangi cara tersebut setiap hari.

Cuka apel

Cara mengatasi kesemutan juga bisa Anda lakukan dengan memakai cuka apel. Sama seperti minyak lavender, cuka apel mengandung antiinflamasi. Kandungan asam alami juga bermanfaat untuk mengobati saraf yang terganggu.

Bahan alami ini jug amengandung berbagai macam nutrisi penting yang mampu mempercepat proses penyembuhan. Agar kesemutan bisa segera hilang, konsumsilah cuka apel yang sudah dicampur dengan segelas air hangat dan diberi sedikit madu.

Baca Juga: Awas, stroke kini mengintai sejak usia 20an

Epsom salt

Melansir dari Netmeds.com, esom salt atau garam inggris juga cocok Anda gunakan sebagai cara mengatasi kesemutan. Magnesium dalam epsom salt berfungsi untuk meredakan peradakan yang diakibatkan oleh kesemutan.

Anda bisa berendam dalam bak air yang sudah dicampur dengan epsom salt selama 15 hingga 20 menit. Lakukan cara itu sekali dalam sehari agar sirkulasi darah lebih baik dan kesemutan bisa hilang.

Selanjutnya: 6 Penyebab tangan kesemutan yang perlu diwaspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×