kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Mengatasi Darah Rendah Secara Tepat, Lakukan Jika Ada Tanda-Tanda Darah Rendah


Kamis, 07 September 2023 / 17:55 WIB
Cara Mengatasi Darah Rendah Secara Tepat, Lakukan Jika Ada Tanda-Tanda Darah Rendah
ILUSTRASI. Cara Mengatasi Darah Rendah Secara Tepat, Lakukan Jika Ada Tanda-Tanda Darah Rendah


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Tanda-Tanda Darah Rendah- JAKARTA. Kenali cara mengatasi darah rendah secara tepat. Cara mengatasi darah rendah secara tepat penting dilakukan jika mengalami tanda-tanda darah rendah. 

Darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Tidak hanya pada orang dewasa, kalangan remaja juga bisa mengalami darah rendah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi darah rendah secara tepat dan tanda-tanda darah rendah.

Lalu bagaimana cara mengatasi darah rendah secara tepat?

Cara mengatasi darah rendah secara tepat

Dilansir dari Kompas.com, tekanan darah yang terlalu rendah tidak terlalu berbahaya dan mengancam nyawa, namun tetap dapat menimbulkan risiko kesehatan. Malissa Wood, MD, kepala asosiasi kardiologi untuk keragaman dan kesetaraan kesehatan di Rumah Sakit Umum Massachusetts, AS, menyarankan siapa pun yang khawatir dengan tekanan darah rendah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah kondisinya normal atau tidak.

"Orang dengan tekanan darah rendah yang tidak normal atau mereka yang mengalami penurunan tekanan darah karena posisi mungkin diinstruksikan untuk menghindari berdiri dalam jangka waktu lama."

"Kemudian dokter juga akan menyarankan penggunaan stoking pendukung tekanan darah, peningkatan asupan garam atas saran dokter, dan terkadang obat-obatan mungkin diperlukan untuk meningkatkan daya tahan pembuluh darah,” kata dia.

Di samping itu, ada beberapa cara untuk meringankan gejala tekanan darah rendah. Sebagian besar perilaku dan gaya hidup dalam mengelola tekanan darah rendah melibatkan gerakan yang lebih lambat dari biasanya.

Berikut beberapa cara mengatasi darah rendah secara tepat:

  • Bangun perlahan dari posisi duduk ke berdiri. Berhati-hati saat bangun tidur, bergerak secara perlahan, duduk sejenak dan berdiri
  • Saat tidur, tidurlah dengan posisi kepala lebih tinggi dari dada
  • Makan dengan porsi kecil namun sering
  • Duduk sejenak setelah makan
  • Konsumsi air minum yang cukup
  • Mengelola gejala darah rendah

Setelah menerapkan perubahan pada gaya hidup, beberapa orang mungkin juga memerlukan pengobatan secara medis. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk periksa ke dokter?

Menurut laman Daily Express, orang dewasa yang berusia di atas 40 tahun disarankan untuk periksa kesehatan setiap lima tahun sekali. Atau jika gejalanya terus dialami dalam jangka panjang, maka setiap kali gejalanya muncul dan mengganggu rutinitas, disarankan untuk pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Di rumah pun demikian, tekanan darah rendah bisa diketahui dengan memiliki alat monitor tekanan darah yang bisa kita beli di toko online atau toko kesehatan. Memahami tekanan darah atau memantaunya dengan baik dapat memberikan kesempatan untuk mencegah hingga menangani gejala yang muncul.

Makanan penambah darah

Secara mengubah perilaku, cara mengatasi darah rendah secara tepat juga dapat dilakukan dengan konsumsi makanan penambah darah.  Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, berikut sejumlah makanan penambah darah untuk membantu mengatasi darah rendah:

Kuning Telur

Makanan penambah darah yang pertama adalah kuning telur. Wellcurve.in mengatakan bahwa kuning telur bisa menambah jumlah darah dalam tubuh Anda. Asam folat yang terdapat dalam kuning telur juga bisa menjaga jumlah hemoglobin. Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi kuning telur secara berlebihan karena bisa memicu efek samping yang tak Anda inginkan.

Produk Olahan Susu

Makanan penambah darah yang kedua adalah produk olahan susu. Mengonsumsi jenis makanan itu bisa menjaga kesehatan jantung pula. Dengan begitu, aliran darah menjadi lebih lancar sehingga distribusi oksigen pun lebih terjaga.

Wortel

Makanan penambah darah yang ketiga adalah wortel. Kandungan dalam jenis sayuran itu mampu meningkatkan jumlah zat besi yang mana berpengaruh pada jumlah darah secara keseluruhan.

Baca Juga: Tetap menyehatkan, ini 4 opsi makanan yang bikin gemuk

Daging Merah

Makanan penambah darah yang keemat adalah daging merah. Banyaknya zat besi yang terkandung dalam daging merah membuatnya efektif dijadikan makanan penambah darah. Darah dalam tubuh Anda juga bisa menyerap zat besi dari daging merah lebih cepat sehingga anemia atau kondisi lain yang berhubungan dengan kekurangan darah dapat Anda cegah.

Delima

Makanan penambah darah yang kelima adalah delima. Mengutip dari Wellcurve.in, delima tak hanya baik untuk aliran darah dalam tubuh, tapi juga bagus untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Alasannya karena delima merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak nutrisi, beberapa di antaranya adalah antioksidan dan nitrat.

Obat herbal darah rendah

Cara mengatasi darah rendah secara tepat juga dapat dilakukan dengan konsumsi obat herbal. Dikutip dari Grid.id, Mind Body Green menyebutkan setidaknya ada lima bahan alami sebagai obat herbal darah rendah.

Berikut adalah bahan-bahan alami untuk obat herbal darah rendah:

1. Blackcurrant (ribes nigrum)

Bahan alami sebagai obat herbal darah rendah yang pertama adalah blackcurrant. Biasanya dibuat dalam gliserin ekstrak. Ramuan ini cocok untuk semua orang, anak-anak dan orang dewasa, karena tidak mengandung ekstrak alkohol, tetapi hanya terdiri dari buah beri.

Sepuluh tetes dalam segelas air setengah penuh adalah dosis yang tepat untuk diminum 20 menit sebelum sarapan.

2.  Akar manis (Licorice)

Bahan alami sebagai obat herbal darah rendah yang kedua adalah akar manis. Makan satu permen licorice murni di pagi hari membantu meningkatkan tekanan darah rendah dan menghindari minum kopi dalam jumlah berlebihan.

Namun, penting untuk mengonsumsi permen licorice tanpa pemanis dan non-jelly atau mengunyah dan menghisap sepotong akar licorice bila diperlukan.

3. Tanaman ekor kuda (Equisetum Arvense )

Bahan alami sebagai obat herbal darah rendah yang ketiga adalah tanaman ekor kuda.Ini adalah mineral tumbuhan, berguna untuk semua orang yang menderita kelemahan ekstrim akibat demineralisasi dan juga tekanan darah.

Tekanan darah rendah biasanya dikaitkan dengan kerontokan rambut, kerapuhan kuku, nyeri tulang migran.

Equisetum adalah tanaman restoratif yang dapat ditemukan di toko-toko herbal dalam botol atau dikeringkan dan harus diminum sekali sehari.

4. Siberian Ginseng

Bahan alami sebagai obat herbal darah rendah yang keempat adalah siberian gingseng. Ini bermanfaat untuk menaikkan tekanan darah rendah wanita selama siklus menstruasi. Ini mengatur tingkat estrogen saat turun selama periode wanita menyebabkan wanita merasa lelah dan lemah.

5. Thistle susu

Tanaman serbaguna yang dapat digunakan untuk menghasilkan minuman pencernaan dan energi. Selama ini telah dibudidayakan oleh para biksu di biara-biara, memiliki tradisi panjang dan terkandung dalam banyak pahit yang disajikan setelah makan.

Tonik ini penggunaannya paling diakui sebagai ramuan dengan kecepatan yang menormalkan tekanan darah. Dalam hal ini, disarankan untuk menelan 30-35 tetes larutan induk sebelum tiga kali makan utama.

Tanda-tanda darah rendah pada remaja

Mengutib website resmi RS Siloam,  darah rendah atau hipotensi bisa terjadi sebagai gangguan kesehatan sendiri atau sebagai tanda-tanda dari penyakit tertentu, seperti demam berdarah.

Baca Juga: Tabel Gula Darah Berdasarkan Usia, Cermati tanda-tanda Gula Darah Rendah Pagi Hari

Darah rendah adalah kondisi yang terjadi ketika tekanan darahnya di bawah 90/60 mmHg. Sedangkan, tekanan darah yang normal yaitu berada di antara 90/60 mmHg sampai dengan 120/80 mmHg.

engutip Kompas.com, Very Well Health menyatakan tekanan darah rendah pada remaja dan orang dewasa menyebabkan beberapa gejala. Namun, hal ini berbeda-beda pada setiap orang.

Salah satu tanda-tanda yang mengisyaratkan tekanan darah rendah pada remaja dan orang dewasa adalah munculnya rasa sakit kepala. Selain itu, tekanan darah rendah pada remaja dan orang dewasa juga menyebabkan beberapa tanda-tanda seperti yang berikut ini:

  • Kulit menjadi pucat
  • Pingsan
  • Merasa lemah atau lelah
  • Pandangan terganggu
  • Mual
  • Merasa linglung
  • Berkunang-kunang.

Itulah berbagai cara mengatasi darah rendah secara tepat dan tanda-tanda darah rendah yang harus diwaspadai. Segera hubungi dokter jika darah rendah tak kunjung kembali normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×