Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa, Coba Konsumsi Ini

Selasa, 12 April 2022 | 11:14 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa, Coba Konsumsi Ini

ILUSTRASI. Bau mulut saat puasa.


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Ada banyak cara untuk mengatasi bau mulut saat puasa. Sebelum itu, Anda perlu mengetahui penyebab munculnya bau mulut. 

Pasalnya, bau mulut bisa disebabkan oleh banyak faktor karena tidak semua orang yang berpuasa akan mengeluarkan bau mulut.

Kebanyakan bau muncul disebabkan oleh sisa makanan yang menempel di gigi dan kebersihan mulut tidak terjaga. 

Tak hanya itu, bau mulut juga bisa disebabkan adanya gangguan sistem pencernaan. Contohnya, seperti asam lambung. Bahkan, bau mulut bisa jadi pertanda adanya gangguan kesehatan.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan?

Maka dari itu, penting untuk sesegera mungkin menghilangkan bau mulut tersebut apalagi saat puasa. Bau mulut saat puasa tentunya sangat mengganggu dan dapat menurunkan rasa percaya diri.

Agar terhindar dari baru mulut saat puasa, berikut ada beberapa bahan alami yang dilansir dari Galvez Dental bisa menghilangkan bau mulut dengan dengan mengkonsumsi beberapa bahan alami berikut ini:

Lemon 

Lemon adalah salah satu buah yang mengandung banyak vitamin C sekaligus mempunyai rasa asam. Kandungan zat asam dalam lemon tersebut bisa menghilangkan bau mulut loh. 

Nanas 

Selain lemon, buah nanas juga mempunyai khasiat yang mampu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Anda bisa mengkonsumsi langsung buah nanas atau mengolahnya menjadi jus. 

Cengkih

Tidak hanya kedua buah di atas, cengkih juga dipercaya dapat menghilangkan bau mulut loh. Pasalnya, cengkih mengandung antibakteri yang efektif melawan bakteri penyebab bau mulut. Anda hanya cukup mengunyah beberapa cengkih secara rutin saja. 

Baca Juga: 7 Obat Maag Alami yang Ampuh dan Mudah Dicari, Cocok Dikonsumsi Saat Puasa

Cuka Apel 

Cuka apel merupakan salah satu bahan alami yang dapat menghilangkan bau mulut juga. Beberapa senyawa yang terkandung dalam cuka apel mampu menyeimbangkan pH sehingga dapat mengurangi bau mulut yang tak sedap itu. 

Anda hanya tinggal mengkonsumsi langsung campuran cuka apel dengan air setiap pagi. Selain menghilangkan bau mulut cuka apel juga dapat melancarkan pencernaan. 

Kayu Manis 

Kayu manis memang dipercaya mengandung banyak khasiat bagi kesehatan dan ternyata salah satunya adalah dapat menghilangkan bau mulut. 

Caranya rebus kayu manis tersebut, lalu jadikan air rebusan kayu manis sebagai obat kumur. Alhasil bau mulut perlahan akan menghilang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru