Cara mengatasi asam urat tanpa obat, bisa dicoba saat asam urat kambuh

Sabtu, 27 November 2021 | 07:54 WIB Sumber: Kompas.com
Cara mengatasi asam urat tanpa obat, bisa dicoba saat asam urat kambuh

ILUSTRASI. cara mengatasi asam urat tanpa obat


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara mengatasi asam urat tanpa obat. Cara mengatasi asam urat tanpa obat ini bermanfaat sebagai pertolongan pertama saat kambuh.

Sudah banyak yang tahu, jika penyakit asam urat bisa kambuh setiap saat. Saat asam urat kambuh sangat merepotkan, seluruh persendian akan terdera nyeri, panas dan juga pembengkakan.

Asam urat seringnya menyerang area persendian di jari-jemari tangan dan kaki, pergelangan kaki juga lutut. Ketika asam urat kambuh, nyeri akan mendera dengan cepat dalam beberapa jam pertama. Kemudian akan timbul kesulitan untuk bergerak, yang seringnya terjadi di malam hari.

Penyebab asam urat

Penyebab asam urat karena banyak faktor. Penyebab asam urat antara lain karena faktor keturunan.

Penyebab asam urat lainny adalah faktor pola makan. Terlalu banyak mengonsumsi jerohan, daging merah dan hidangan laut yang mengandung purin tinggi adalah salah satu faktor penyebab asam urat.

Baca Juga: Kenali penyebab dan gejala asam urat yang paling umum terjadi

Cara mengatasi asam urat

Nah, jangan khawatir jika asam urat kambuh. Ada berbagai cara mengatasi asam urat tanpa obat.

Salah satu cara mengatasi asam urat tanpa obat adalah dengan terapi. Terapi merupakan salah satu cara tepat untuk mengatasi asam urat.

Pasalnya, saat asam urat kambuh, tak ada yang bisa Anda lakukan untuk mencegah peningkatan gejala yang ada. Yang bisa Anda lakukan hanyalah meringankan nyeri yang ada dengan menggunakan terapi-terapi alami rumahan.

Melansir dari WebMD, obat untuk asam urat bisa berupa obat berjenis allopurinol. anakinra, lesinurad, probenecid, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah terapi alami yang bisa Anda coba di rumah sebagai cara mengatasi asam urat tanpa obat:

1. Kompres dingin

Cara pertama mengatasi asam urat tanpa obat adalah kompres menggunakan air dingin. Kompres air dingin menggunakan es batu bisa digunakan meredakan nyeri asam urat.

Gejala awal asam urat bisa berupa sensasi gatal seperti digelitik dan sedikit panas di sekitar persendian. Ketika Anda sudah menghapal tanda-tanda ini, maka segeralah ambil air dingin atau sebongkah es batu.

Gunakan handuk untuk melapisi es, atau celupkan handuk di air dingin, dan gunakan untuk mengompres persendian yang mulai terasa panas. Lakukan pengompresan selama 20 menit, ulangi setiap beberapa jam sekali.

2. Istirahatkan persendian

Cara kedua mengatasi asam urat tanpa obat adalah mengistirahatkan persendian. Ketika persendian di lutut yang terserang, ada baiknya Anda beristirahat dengan berbaring tenang.

Letakkan kaki ke atas bantal sehingga persendian akan sedikit terangkat. Posisi ini bisa membuat darah dan cairan menjauh dari lokasi peradangan dan berjalan menuju ke jantung. Imbasnya, nyeri pun akan berkurang.

3. Minum banyak air

Cara ketiga mengatasi asam urat tanpa obat adalah minum banyak air. Mengutip dari Medical News Today, pembengkakan karena asam urat bisa diredakan dengan banyak minum air putih.

Meningkatkan konsumsi air bisa memicu ginjal mengeluarkan air sisa limbah tubuh. Hal inilah yang bisa menurunkan pembengkakan yang terjadi. Selain air putih, Anda bisa banyak minum air kaldu dan seduhan teh herbal.

Namun hindarilah minuman beralkohol dan minuman bersoda karena mengandung banyak purin. Purin yang tinggi akan menambah kadar asam urat.

4. Minum kopi

Cara keempat mengatasi asam urat tanpa obat adalah minum kopi. Banyak orang yang menyangka menyesap kopi bisa meningkatkan nyeri persendian akibat asam urat. Padahal penelitian di tahun 2016 menyebutkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi kopi terbukti memiliki risiko rendah terdera asam urat.

Hal ini ditengarai bisa terjadi karena kopi bisa menurunkan produksi uric acid. Uric acid sendiri adalah limbah alami dalam darah yang berasal dari metabolisme zat purin.

5. Makan buah ceri

Cara kelima mengatasi asam urat tanpa obat adalah makan buah ceri. Sebuah studi menyatakan bahwa mengonsumsi buah ceri bisa menurunkan risiko kambuhnya asam urat.

Ceri kaya antosianin yang merupakan properti antiperadangan yang sangat efektif. Jadi ketika asam urat kambuh, Anda bisa mengonsumsi buah ceri, jus ceri atau suplemen ceri yang banyak tersedia di apotek.

6. Minum air lemon

Cara keenam mengatasi asam urat tanpa obat adalah minum air lemon. Ketika asam urat kambuh, Anda juga bisa meminum air lemon. Masukkan perasan lemon ke dalam segelas air mineral dan minumlah hingga habis. Properti di dalam lemon juga efektif menurunkan uric acid yang bisa menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada persendian.

Ketika nyeri sendi akibat asam urat berlangsung makin hebat meski Anda sudah melakukan terapi-terapi di atas, atau mungkin nyeri sendi diikuti dengan demam tinggi dan tubuh yang menggigil, Anda sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat dan sesuai.

Itulah berbagai cara mengatasi asam urat tanpa obat. Ingat, cara mengatasi asam urat tanpa obat ini hanyalah alternatif untuk mengurangi rasa sakit. Pengobatan asam urat harus sesuai anjuran dokter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terapi Alami Meredakan Siksaan Nyeri Asam Urat",


Penulis : Inten Esti Pratiwi
Editor : Inten Esti Pratiwi

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru