kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.000,05   6,45   0.65%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat, Bagaimana Agar Asam Urat Tidak Kambuh?


Minggu, 05 Februari 2023 / 05:25 WIB
Cara Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat, Bagaimana Agar Asam Urat Tidak Kambuh?


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami cara mengatasi asam urat tanpa obat. Kenali juga cara mencegah agar asam urat tidak kambuh lagi.

Cara mengatasi asam urat tanpa obat ini adalah pengobatan alternatif. Cara mengatasi asam urat tanpa obat dilakukan menggunakan bahan alami.

Namun ingat, cara mengatasi asam urat tanpa obat ini bukan untuk mengganti pengobatan dari dokter. Oleh karena itu, sebelum memanfaatkan mengatasi asam urat tanpa obat, Anda perlu konsultasi dengan dokter.

Seperti diketahui kadar normal asam urat orang dewasa dalam darah seharusnya tidak akan menimbulkan masalah. Kadar asam urat normal pada laki-laki pada umumnya yakni di bawah 7 mg/dL.

Baca Juga: Cara Pengobatan Asam Urat yang Menyerang Lutut di Rumah

Sedangkan kadar asam urat normal pada wanita adalah di bawah 6 mg/dL. Jika kadar asam urat dalam darah melebihi ambang normal, hal itu bisa menyebabkan penyakit asam urat atau gout.

Penyakit asam urat bisa mengakibatkan nyeri sendi akibat adanya kristal asam urat yang menumpuk. Lalu bagaimana cara mengatasi asam urat tanpa obat?

Cara mengatasi asam urat tanpa obat

Dilansir dari Kompas.com, penanganan penyakit asam urat tak selalu membutuhkan obat. Ada beberapa cara mengatasi asam urat tanpa obat dan alami yang bisa dilakukan di rumah.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi asam urat tanpa obat:

1. Minum lebih banyak air putih 

Cara mengatasi asam urat tanpa obat yang pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih. Melansir Medical News Today, ketika seseorang menderita asam urat, mereka dapat mengalami pembengkakan dan peradangan yang signifikan. Salah satu cara untuk mengurangi pembengkakan adalah dengan minum lebih banyak air. 

Meningkatkan konsumsi cairan dapat memicu ginjal seseorang untuk melepaskan kelebihan cairan, yang dapat mengurangi pembengkakan pada penderita asam urat. Air putih adalah yang terbaik, tetapi cairan bening lainnya, seperti kaldu dan teh herbal juga bisa dipilih. 

Di sisi lain, penderita asam urat harus menghindari alkohol dan soda yang tinggi purin. Namun perlu diingat juga bahwa penderita gagal jantung kongestif atau penyakit ginjal harus berbicara dengan dokter lebih dulu sebelum meningkatkan asupan cairan.

2. Kompres dingin ke sendi yang terkena 

Cara mengatasi asam urat tanpa obat yang kedua adalah dengan mengompres sendi yang nyeri menggunakan air dingin. Menerapkan kompres es yang dilapisi kain ke sendi dapat membantu mengurangi peradangan terkait asam urat.

Cobalah mengoleskan kompres es yang dibungkus dengan handuk tipis selama 10-15 menit setiap kali untuk membantu meredakan rasa sakit.

3. Konsumsi makanan kaya vitamin C 

mengatasi asam urat tanpa obat yang ketiga adalah konsumsi makanan dengan vitamin C. Dilansir dari Verywell Health, beberapa bukti telah menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah. 

Dalam sebuah penelitian yang dirancang dengan baik, 184 orang diminta mengonsumsi suplemen vitamin C dosis 500 miligram atau obat placebo per hari. 

Setelah dua bulan, ditemukan kadar asam urat berkurang secara signifikan pada partisipan yang mengonsumsi vitamin C, tidak pada orang yang menggunakan obat plasebo. 

Meskipun penelitian ini menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mencegah atau mengobati asam urat, lebih banyak penelitian masih diperlukan sebelum kita dapat menyimpulkan hal ini. 

Beberapa orang dengan kondisi tertentu juga tidak boleh secara sembarangan mengonsumsi suplemen vitamin C. 

Misalnya, orang dengan penyakit ginjal harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C demi keamanan. 

Selain itu, vitamin C juga dapat meningkatkan penyerapan beberapa jenis zat besi dari makanan, sehingga penderita hemochromatosis tidak boleh mengonsumsi suplemen vitamin C. 

Sebagai solusi aman untuk bisa mendapatkan vitamin C, alih-alih mengonsumsi suplemen, penderita asam urat bisa mengonsumsi makanan kaya vitamin ini. 

4. Minum kopi 

Cara mengatasi asam urat tanpa obat yang kelima adalah minum kopi. Sebuah tinjauan dan meta-analisis pada 2016 menunjukkan bahwa orang yang minum lebih banyak kopi cenderung tidak mengalami asam urat. Ini mungkin karena kopi dapat menurunkan kadar asam urat. 

Namun, hanya karena penelitian menunjukkan korelasi antara konsumsi kopi yang lebih tinggi dan risiko asam urat yang lebih rendah, ini tidak berarti bahwa kopi menyebabkan risiko yang lebih rendah.

5. Makan lebih banyak ceri 

Cara mengatasi asam urat tanpa obat yang kelima adalah makan lebih banyak buah ceri. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis and Rheumatology menemukan peningkatan asupan ceri selama 2 hari dapat menurunkan risiko serangan asam urat sebesar 35 persen pada partisipan yang sebelumnya didiagnosis asam urat. 

Ceri mengandung anthocyanin tingkat tinggi sebagai senyawa anti-inflamasi. Para peneliti menemukan ada manfaat pengurangan gejala bagi partisipan yang makan ceri utuh atau jus ceri, serta orang yang mengonsumsi suplemen ekstrak ceri. 

Para ahli juga menemukan pengurangan risiko 75 persen untuk serangan asam urat ketika seseorang mengonsumsi ceri selain minum obat asam urat. 

Baca Juga: Cari cara menurunkan asam urat? Coba 5 makanan ini, yuk

6. Minum air lemon 

Cara mengatasi asam urat tanpa obat yang keenam adalah minum air lemon. Penulis sebuah studi pada 2015 menemukan bahwa menambahkan sari dua buah lemon segar ke dalam 2 liter air setiap hari dapat mengurangi kadar asam urat pada penderita penyakit asam urat. Para peneliti menyimpulkan bahwa sarilemon bisa membantu menetralkan asam urat dalam tubuh, sehingga membantu menurunkan kadarnya.

7. Konsumsi apel 

cara mengatasi asam urat tanpa obat yang ketujuh adalah makan buah apel. Dilansir dari Health Line, konsumsi buah apel secara rutin bisa menjadi cara mengobati asam urat secara alami. Teorinya adalah apel mengandung asam malat yang dapat menurunkan asam urat. 

Namun memang, belum ada penelitian yang mendukung hal ini untuk asam urat. Di samping itu, apel juga mengandung fruktosa yang dapat memicu hiperurisemia dan menyebabkan penyakit asam urat. 

Makan satu apel per hari baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Ini mungkin sedikit bermanfaat untuk asam urat, tetapi hanya jika seseorang tidak menambah konsumsi gula harian yang berlebihan.

8. Konsumsi pisang 

Cara mengatasi asam urat tanpa obat yang kedelapan adalah makan buah pisang. Pisang dianggap buah yang bagus untuk asam urat. Pasalnya, pisang kaya potasium yang dapat membantu jaringan dan organ dalam tubuh berfungsi dengan baik. 

Tapi, pisang juga mengandung gula, termasuk fruktosa yang bisa menjadi pemicu asam urat. Jadi penderita asam urat tidak boleh mengonsumsi pisang secara berlebihan. 

Sebagai alternatif, ada banyak makanan yang lebih tinggi kalium dan lebih rendah gula daripada pisang, seperti sayuran berdaun gelap dan alpukat. 

Cara mencegah asam urat kambuh

Setelah melakukan cara mengatasi asam urat tanpa obat di atas, jangan lupa lakukan pencegahan. Penderita perlu melakukan cara mencegah asam urat kambuh, sehingga rasa nyeri di persendian tidak muncul.

Disarikan dari Kompas.com, berikut cara mencegah asam urat kambuh:

1. Sesuaikan pola makan

Cara mencegah asam urat kambuh yang pertama adalah menyesuaikan pola makan. Diet sehat membantu mencegah asam urat kambuh bisa dilakukan dengan menyesuaikan pola makan yang sehat.

Pola makan itu mencakup sayuran, buah-buahan, susu rendah lemak, dan karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.

Saat melakukan diet asam urat, sebaiknya hindari makanan tertentu, seperti: Daging, khususnya jeroan, seperti hati, dan daging buruan, seperti daging rusa. Makanan laut, termasuk ikan dan kerang. Alkohol, termasuk anggur, minuman beralkohol, dan terutama bir. Makanan dan minuman ini mengandung zat yang disebut purin tingkat tinggi yang meningkatkan kemungkinan serangan asam urat.

2. Jangan minum soda

Cara mencegah asam urat kambuh yang kedua adalah hindari minum soda. Makanan dan minuman manis, seperti soda meningkatkan asupan purin dan risiko serangan asam urat. Untuk itu, sebaiknya ganti minuman bersoda dengan air putih.

Minum banyak air dapat menurunkan risiko serangan asam urat. Para ahli biasanya merekomendasikan minum 48 sampai 64 ons air (sekitar 6 sampai 8 gelas), setiap hari. Tetap terhidrasi dapat membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh.

Kopi dan teh tampaknya tidak meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, bahkan kopi bisa menurunkannya, tetapi tetap perhatikan batas konsumsinya dan hindari jumlah berlebihan.

3. Giatkan aktivitas fisik

Cara mencegah asam urat kambuh yang ketiga adalah melakukan aktivitas fisik. Salah satu faktor risiko asam urat adalah berat badan. Kebanyakan ahli merekomendasikan untuk menurunkan berat badan berlebih untuk mengurangi risiko asam urat.

Hindari gaya hidup yang tidak sehat dan berolahraga secara teratur. Jika tidak menurunkan berat badan, maka dapat membantu mengurangi risiko serangan asam urat.

4. Istirahat dan tidur cukup

Cara mencegah asam urat kambuh yang keempat adalah memiliki jam istirahat dan tidur yang cukup. Gangguan tidur dapat meningkatkan risiko asam urat. Hal ini dikarekanan tubuh mengambil lebih sedikit oksigen saat tidur yang pada akhirnya menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak purin.

Gangguan tidur biasanya diobati dengan menggunakan mesin continuous positive airway pressure (CPAP) atau perangkat lain yang meningkatkan asupan oksigen saat tidur.

Itulah cara mengatasi asam urat tanpa obat dan cara mencegah asam urat kambuh. Jika sakit berlanjut, hubungi dokter.

Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "12 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami" dan "5 Cara Mencegah Asam Urat agar Tak Kambuh",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×