kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Mencegah Haus Saat Puasa, Kenali 7 Manfaat Minum Air Putih


Kamis, 07 April 2022 / 10:27 WIB
Cara Mencegah Haus Saat Puasa, Kenali 7 Manfaat Minum Air Putih
ILUSTRASI. Air putih.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Salah satu manfaat minum air putih adalah untuk menjaga asupan cairan tubuh tetap terjaga. Khususnya, saat buka puasa dan sahur minum air putih merupakan cara untuk mencegah haus saat puasa.

Pasalnya, tubuh sangat memerlukan asupan cairan setiap hari, apalagi saat menjalankan puasa. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut minum air sangat penting untuk dilakukan saat buka puasa dan sahur.

Minum air putih juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh loh. Orang dewasa disarankan untuk minum 8-10 gelas sehari atau sekitar 2-2,5 liter per hari. 

Baca Juga: 5 Manfaat Ekstrak Daun Zaitun yang Baik Untuk Kesehatan

Melansir dari On Health, ada beberapa manfaat minum air putih bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Di antaranya: 

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat minum air putih yang pertama adalah bisa menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan minum air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan. 

Oleh karena itu memperbanyak minum air putih sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan.

2. Sumber Energi

Minum air putih mempunyai manfaat sebagai salah satu sumber energi. Dengan asupan air putih yang cukup mampu meningkatkan energi untuk melakukan berbagai aktivitas dan menghindari rasa haus saat menjalankan puasa.

Pasalnya, jika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, hal tersebut akan mengurangi energi dan tubuh tidak berfungsi dengan baik.

3. Melawan Stres

Manfaat minum air putih lainnya adalah mampu melawan stres. Dehidrasi diketahui berkontribusi terhadap stres, kelelahan, kemarahan, suasana hati negatif, dan masalah kognitif semuanya meningkat ketika Anda mengalami dehidrasi. 

Oleh karena itu, Bawalah sebotol air putih setiap saat dan minum setiap setengah jam atau jam di siang hari. Anda akan cenderung tidak mengalami dehidrasi dan merasa stres. 

Baca Juga: Cari Obat Untuk Darah Tinggi? Kenali 5 Manfaat Mengkonsumsi Singkong Ini




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×