kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Menambah Berat Badan Anak dan Orang Dewasa, Mudah Dilakukan dan Sehat


Senin, 21 Maret 2022 / 16:05 WIB
Cara Menambah Berat Badan Anak dan Orang Dewasa, Mudah Dilakukan dan Sehat


Sumber: Sonora.id | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Banyak orang tua yang bingung cara menambah berat badan anak. Selain untuk anak-anak, cara menambah berat badan ini juga bisa diterapkan bagi orang dewasa.

Cara menambah berat badan untuk anak-anak dan orang dewasa ini perlu dilakukan agar tubuh lebih berisi. Pasalnya, tubuh yang terlalu kurus juga tidak baik bagi kesehatan maupun kepercayaan diri.

Kekurangan berat badan juga sama bahayanya dengan kelebihan berat badan. Jika memiliki tubuh yang terlalu kurus hingga tergolong kurang gizi, ada beberapa gangguan kesehatan yang akan dialami.

Seperti penyakit anemia, tulang rapuh, daya tahan tubuh lemah, hingga masalah kesuburan. Melansir dari berbagi sumber, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat untuk anak-anak-anak dan orang dewasa.

Seperti apa itu? Berikut 5 cara yang dipercaya ampuh untuk menambah berat badan anak-anak dan orang dewasa:

1. Mengonsumsi makanan lebih sering

Cara pertama menambah berat badan anak-anak dan orang dewasa adalah makan lebih sering. Makan lebih sering bisa dilakukan untuk menaikkan berat badan. Menambah kalori dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh bisa menaikkan berat badan.

Jika kamu tidak bisa makan dengan banyak porsi, makanlah dengan porsi yang sedikit namun sering, setidaknya 5-6 kali sehari.

Baca Juga: Penyakit Ginjal Membunuh 42.000 Orang Per Tahun, Ini Ciri-Ciri & Cara Mencegahnya

2. Memilih makanan lebih cermat

Cara kedua menambah berat badan anak-anak dan orang dewasa adalah memilih makanan lebih cermat. Pilihlah makanan yang lebih mengandung banyak nutrisi seperti karbohidrat kompleks, protein, lemak, vitamin dan mineral karena lebih cepat membantu menaikkan berat badan dan lebih bergizi.

3. Mengonsumsi lemak baik

Cara ketiga menambah berat badan anak-anak dan orang dewasa adalah memperbanyak konsumsi lemak baik. Lemak baik berasal dari makanan seperti ikan, alpukat, telur, kacang-kacangan. Lemak baik atau lemak tak jenuh mengandung omega-3 dan omega-6.

Jenis lemak ini berfungsi untuk memelihara Kesehatan tubuh karena tidak menimbulkan penimbunan lemak di tubuh.

4. Sering minum susu

Cara keempat menambah berat badan anak-anak dan orang dewasa adalah rutin minum susu. Dalam susu, terdapat kandungan nutrisi seperti protein dan kalsium. Kamu bisa minum susu yang berasal dari susu sapi murni atau susu penggemuk badan, 1-2 gelas per hari.

5. Sering berolahraga

Cara kelima menambah berat badan anak-anak dan orang dewasa adalah rutin berolahraga. Salah satu olahraga yang bisa menaikkan berat badan adalah angkat beban. Diimbangi dengan makan banyak yang bergizi dan bernutrisi, massa otot akan terus bertumbuh.

Angkat beban akan membuat nafsu makan meningkat karena kita banyak mengeluarkan tenaga dan kalori selama olahraga.

Itulah berbagai cara menambah berat badan anak-anak dan orang dewasa. Lakukan ah beberapa cara di atas, sambil berusaha konsisten untuk melakukannya. Tidak akan ada usaha yang mengkhianati hasil. (Liem Fitria)

Artikel ini telah tayang di Sonora.id berjudul "Ingin Menaikkan Berat Badan? Yuk, Segera Coba 5 Cara Mudah Berikut Ini"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×