Cara menaikkan saturasi oksigen pasien Covid-19 rekomendasi Kemenkes

Kamis, 22 Juli 2021 | 12:23 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Cara menaikkan saturasi oksigen pasien Covid-19 rekomendasi Kemenkes

ILUSTRASI. Ilustrasi cara menaikkan saturasi oksigen pada pasien Covid-19.

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Cara menaikkan saturasi oksigen adalah salah satu hal penting yang perlu diketahui oleh pasien Covid-19. Sebab, penurunan saturasi oksigen banyak dialami oleh pasien Covid-19.

Saturasi oksigen adalah parameter penting untuk menentukan kadar oksigen di dalam darah.

Saturasi oksigen mengukur persentase oksihemoglobin (hemoglobin yang terikat oksigen) dalam darah, dan direpresentasikan sebagai saturasi oksigen arteri (SaO2) dan saturasi oksigen vena (SvO2).

Saturasi oksigen normal SaO2 untuk orang dewasa adalah 95 – 100%. Nilai yang lebih rendah dari 90% dianggap saturasi oksigen rendah, yang membutuhkan pasokan oksigen eksternal.

Baca Juga: Harus Isoman? Promo Hotel Rp135.000/Malam dari PegiPegi

Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Kesehatan, berikut tingkatan saturasi oksigen beserta kondisi kesehatan:

  • Saturasi oksigen 95%-100%: dalam kondisi baik
  • Saturasi oksigen 93%-94%: perlu berbaring untuk meningkatkan kadar oksigen
  • Saturasi oksigen <92%: perlu ke RS untuk mendapatkan perawatan dokter
  • Saturasi oksigen <80%: perlu menggunakan ventilator

Sementara itu, mengecek kadar oksigen dalam tubuh terutama bagi pasien isolasi mandiri di rumah harus dilakukan secara berkala menggunakan alat puls oximeter. Pengukuran saturasi oksigen untuk mengetahui kondisi saturasi, sehingga apabila saturasi rendah bisa segera dilakukan tindakan. 

Lantas, bagaimana cara meningkatkan saturasi oksigen yang rendah pada pasien Covid-19?

Baca Juga: Berapa saturasi oksigen normal? Ini penjelasan dan cara mengukurnya

Cara meningkatkan saturasi oksigen pada pasien Covid-19

Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menaikkan saturasi oksigen adalah teknik proning. 

Teknik pernapasan ini, pasien harus dalam posisi berbaring tengkurap untuk membantu meningkatkan saturasi oksigen. Juga selama melakukan teknik ini, upayakan berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

Apabila teknik ini sudah sering dilakukan namun belum bisa meningkatkan saturasi oksigen dalam tubuh, segera ke fasyankes terdekat untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

cara meningkatkan saturasi oksigen dengan proning

Berikut teknik proning untuk menaikkan saturasi oksigen yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan seperti dikutip dari akun Instagram resmi Kemenkes:

  • Berbaring tengkurap di atas alas. Pastikan kita menggunakan bantal di bawah leher, panggul, dan kaki. Lakukan posisi ini selama 30 menit.
  • Pada posisi kedua, kita berbaring menyamping. Pastikan alas dan bantal di bawah leher, panggul, dan dijepit di antara kedua kaki. Lakukan posisi ini selama 30 menit.
  • Pada posisi berikutnya, duduk dengan kaki selonjor lurus ke depan dan badan menempel dinding. Gunakan penyangga bantal dalam posisi duduk. Sama seperti dua posisi sebelumnya, lakukan ini selama 30 menit.

Namun, perlu diingat bahwa teknik proning diperlukan bagi pasien yang memiliki level saturasi oksigen antara 93-94%. Akan tetapi, jika saturasi kurang dari 92%, maka perlu mendapat bantuan medis.

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru