Cara membedakan efek samping vaksin dengan gejala Covid-19

Kamis, 09 September 2021 | 14:47 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara membedakan efek samping vaksin dengan gejala Covid-19

ILUSTRASI. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk membedakan efek samping vaksin dan gejala Covid-19. REUTERS/Annabelle Chih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vaksin Covid-19 Anda perlukan sebagai perlindungan ekstra. Meski tidak berbahaya, ada beberapa efek samping vaksin yang bisa Anda alami. Misalnya, nyeri otot, demam, dan lain-lain. Nah, kondisi itu juga bisa jadi gejala Virus Corona, jadi Anda perlu mewaspadainya.

Perlu diingat bahwa vaksin tidak membuat Anda benar-benar kebal dari infeksi Virus Corona. Vaksin hanya mampu memberi perlindungan ekstra. Saat terinfeksi pun, gejala yang Anda alami tak separah mereka yang belum divaksin.

Sebenarnya, efek samping vaksin merupakan hal yang umum terjadi. E Times (timesofindia.indiatimes.com) menyebutkan bahwa efek samping muncul sebagai reaksi alami tubuh saat ada antigen yang masuk.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membedakan apakah kondisi yang Anda alami efek samping vaksin atau gejala Virus Corona. Hal yang dimaksud adalah risiko terpapar, waktu kemunculan, dan kemungkinan penularan gejala yang Anda alami.

Baca Juga: Vaksin Moderna & Pfizer terbuka untuk masyarakat umum di Jakarta, cek lokasinya

Kondisi yang Anda alami bisa jadi ciri-ciri Virus Corona jika Anda baru saja melakukan kontak dekat dengan pasien postif Covid-19. Maka dari itu, meski sudah divaksin, tetap batasi pertemuan dengan orang lain, ya. Menerapkan protokol kesehatan juga tak boleh Anda lupakan.

Selanjutnya, efek samping vaksin biasanya langsung Anda alami setelah vaksinasi. Durasi kemunculannya pun tidak lama. Di sisi lain, gejala terinfeksi Virus Corona bisa muncul kapan saja, meski jarak waktu vaksinasi sudah lama.

Baca Juga: KIPI vaksin Covid-19 Moderna dan tempat layanan vaksinasi di Jakarta

E Times menambahkan bahwa gejala yang Anda alami bisa menular ke orang lain. Sedangkan efek samping vaksin hanya Anda yang alami dan tidak menular ke orang lain. Meski jarang terjadi, vaksin bisa memperparah kondisi kesehatan.

Khususnya bagi Anda yang memiliki alergi tertentu. Namun, Anda tak perlu khawatir karena risiko itu masih bisa diatasi dengan baik. Hal yang perlu Anda lakukan adalah menyampaikan kondisi tubuh Anda kepada tenaga kesehatan, baik sebelum vaksin atau saat efek sampingnya muncul.

Selanjutnya: 11 Kondisi orang yang tidak bisa menerima vaksin Covid-19

Editor: Belladina Biananda
Terbaru