Covid-19

Cara lengkap meningkatkan imun tubuh saat kasus Covid-19 meledak

Selasa, 22 Juni 2021 | 05:10 WIB Sumber: Kompas.com
Cara lengkap meningkatkan imun tubuh saat kasus Covid-19 meledak

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kasus positif Covid-19 di Indonesia kembali meledak pada Juni 2021. Selain menjalankan protokol kesehatan, masyarakat harus menjalankan cara meningkatkan imun tubuh untuk mencegah infeksi virus corona penyebab Covid-19.

Simak cara meningkatkan imun tubuh untuk mencegah Covid-19 agar kita dan keluarga selalu sehat di masa pandemi ini. Mengingat, kasus Covid-19 meningkat pesat dalam sepekan terakhir.

Melansir data Satgas Covid-19, hingga Minggu (20/6) ada tambahan 13.737 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia. Sehingga total menjadi 1.989.909 kasus positif Corona.

Sehari sebelumnya, yakni pada Sabtu 19 Juni 2021 terdapat penambahan 12.990 kasus positif Covid-19. Lalu pada Kamis 17 Juni 2021 juga terdapat tambahan 12.624 kasus baru positif Covid-19. Padahal, pada Mei hingga awal Juni 2021, kasus Covid-19 mulai terkendali dengan penambahan harian hanya sekitar 4.000-an kasus infeksi virus corona per hari.

Meskipun tidak ada yg instan, tetap ada cara yang sederhana, dalam arti bisa kita lakukan sendiri, untuk meningkatkan imun tubuh untuk mencegah Covid-19. Sandra Darling, DO, dokter pengobatan preventif dan ahli kesehatan, memberikan beberapa strategi sederhana untuk kita terapkan agar tetap sehat dan meningkatkan imun tubuh agar tidak mudah sakit serta terserang Covid-19:

1. Fokus pada makanan yang sehat

Cara pertama meningkatkan imun tubuh untuk mencegah Covid-19 adalah konsumsi makanan sehat. “Saya percaya pada kekuatan makanan untuk menambah kekebalan tubuh,” kata Dr. Darling.

“Memilih makanan utuh yang bukan olahan sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan.” Dr Darling merekomendasikan beberapa makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah Covid-19 adalah

  • Bawang putih

Makanan pertama untuk meningkatkan imun tubuh adalah bawang putih. Allicin adalah senyawa dalam bawang putih yang dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Guna mendapatkan manfaat terbaiknya, kita disarankan mengonsumsinya sekitar setengah siung bawang putih setiap hari. Namun, jika kita tidak bisa memakan bawang putih mentah, maka kita bisa memanggangnya atau menjadikannya bumbu masakan.

Baca juga: Usia 18 tahun bisa daftar, ini lokasi vaksin Covid-19 gratis di Yogyakarta

  • Prebiotik

Makanan kedua untuk meningkatkan imun tubuh adalah prebiotik. Bakteri usus yang kuat dapat melindungi kita dari infeksi. Untuk itu kita perlu menjaga keseimbangan bakteri tersebut dengan prebiotik, makanan yang mengandung serat, khususnya serat inulin. Sumber prebiotik yang sangat baik adalah pisang hijau, bengkuang dan asparagus.

  • Makanan yang kaya vitamin C

Makanan ketiga untuk meningkatkan imun tubuh adalah makanan kaya vitamin C. Vitamin C dikenal untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi peradangan. Sebuah riset menemukan bahwa orang yang makan kiwi setiap hari selama sebulan menjadi lebih jarang mengalami gejala infeksi saluran pernapasan atas. “Orang sering mengonsumsi jus jeruk untuk mendapatkan vitamin C, tetapi jus mengandung banyak gula,” kata Dr. Darling.

“Lebih baik mendapatkan vitamin C dari buah dan sayuran segar seperti jeruk, brokoli, kiwi atau melon.”

  • Makanan yang mengandung antioksidan

Makanan keempat untuk meningkatkan imun tubuh adalah makanan yang mengandung antioksidan. Buah-buahan dan sayuran berwarna-warni termasuk beri, wortel, dan bayam memiliki antioksidan yang melindungi kita dari stres oksidatif, yang berarti sistem kekebalan yang lebih kuat.

Simak cara meningkatkan imun tubuh untuk mencegah Covid-19 di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru