Cara dokter & perawat di RSD Wisma Atlet cegah penularan Covid-19 & semangat kerja

Selasa, 22 September 2020 | 10:12 WIB Sumber: Kompas.com
Cara dokter & perawat di RSD Wisma Atlet cegah penularan Covid-19 & semangat kerja

ILUSTRASI. Cara dokter & perawat di RSD Wisma Atlet cegah penularan Covid-19 & semangat kerja 

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Tenaga kesehatan yang bertugas di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, mempunyai cara pencegahan Covid-19 agar tetap sehat dan tidak tertular corona. Cara pencegahan Covid-19 ini juga penting agar para dokter dan perawat di RSD Wisma Atlet tidak kelelahan di tengah penambahan pasien positif corona.

Salah satu cara pencegahan Covid-19 oleh dokter dan perawat di RSD Wisma Atlet adalah melaksanakan sejumlah kegiatan untuk memulihkan kondisinya usai berjibaku menangani ribuan pasien. Koordinator RSD Covid-19 Wisma Atlet Mayjen TNI Tugas Ratmono mengungkapkan, kegiatan pemulihan bagi tenaga kesehatan berupa pendampingan psikologi dan kegiatan berolahraga. "Selama ini mereka istirahat bisa olahraga, kemudian ada juga pendampingan psikologi," ujar Tugas dalam konferensi pers yang digelar BNPB, Senin (21/9/2020).

Selain itu cara pencegahan Covid-19 di RSD Wisma Atlet Jakarta adalah pembagian jam kerja. Sedikitnya terdapat pembagian tiga sif. Ketiga sif itu yakni pagi, siang, dan malam yang masing-masing sif mempunyai delapan jam kerja.

Tugas mengungkapkan, setiap sif diisi oleh lima tim tenaga kesehatan. Dengan pemberlakuan batas jam kerja ini bertujuan agar stamina tenaga kesehatan tidak terkuras.

Baca juga: Lelang rumah sitaan bank hanya Rp 120 juta di Jakarta Utara, buruan, waktu terbatas

Di samping itu, berbagai kegiatan tersebut juga bertujuan agar menciptakan ketenangan dan terhindar dari rasa lelah. "Ini yang kita lakukan, sehingga sampai saat ini tenaga kesehatan di sana (RSD Covid-19 Wisma Atlet) selalu semangat,selalu gembira," ungkap Tugas.

"Kami selalu tekankan, jangan lupa gembira dan bahagia, sehingga ini betul-betul memberikan situasi bagi tenaga kesehatan tidak kelelahan," katanya.

RSD Covid-19 Wisma Atlet telah mengoperasikan empat tower yang meliputi Tower 4 dan Tower 5 bagi pasien positif Covid-19 tanpa gejala. Kemudian, Tower 6 dan Tower 7 dihuni oleh pasien positif Covid-19 bergejala ringan maupun sedang.

Berdasarkan data terbaru yang dirilis Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Kogabwilhan I) pada pukul 08.00 WIB, Senin (21/9/2020), sebanyak 3.852 pasien tengah dirawat di tiga tower, yakni Tower 5, Tower 6, dan Tower 7. Sebanyak 2.355 pasien terkonfirmasi positif dirawat di Tower 6 dan 7. Sementara itu, 1.497 pasien Covid-19 tanpa gejala tengah dirawat di Tower 5. Adapun Tower 4 baru resmi beroperasi pada hari ini, Senin (21/9/2020).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Cara Tenaga Kesehatan di RSD Wisma Atlet Atur Stamina Agar Tetap Fit...",

Penulis : Achmad Nasrudin Yahya
Editor : Diamanty Meiliana

Selanjutnya: Korea Utara memburu perusak gambar Kim Jong Un, tim investigasi pun dibentuk

 

Editor: Adi Wikanto


Terbaru