Cara Cek Lokasi Vaksin Covid-19 Terdekat dan Download Sertifikat Internasional

Rabu, 02 Februari 2022 | 10:38 WIB Sumber: covid19.go.id,Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com
Cara Cek Lokasi Vaksin Covid-19 Terdekat dan Download Sertifikat Internasional

ILUSTRASI. Cara Cek Lokasi Vaksin Covid-19 Terdekat dan Download Sertifikat Internasional

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kasus Covid-19 terus melonjak tinggi hingga 1 Februari 2022. Masyarakat diminta segera mendapatkan vaksin Covid-19 dosis lengkap dan booster. Simak cara cek lokasi vaksin Covid-19 dan download sertifikat vaksinasi.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, terdapat penambahan 16.021 kasus baru virus corona pada 1 Februari 2022. Dengan penambahan itu, hingga 1 Februari 2022 ada 4.369.391 kasus Covid-19 di Indonesia, terhitung sejak kasus pertama diumumkan pada 2 Maret 2020.

Kasus baru Covid-19 pada 1 Februari 2022 tersebar di 33 provinsi. DKI Jakarta menjadi wilayah yang mencatatkan penambahan kasus tertinggi yakni 6.391 kasus Covid-19 pada 1 Februari 2022 .

Penambahan 16.021 kasus Covid-19 pada 1 Februari 2022 ini menyebabkan angka kasus aktif virus corona di Indonesia naik hingga 12.753 kasus. Dengan demikian, total ada 81.349 kasus aktif Covid-19 pada 1 Februari 2022.

Pemerintah telah melonggarkan aturan vaksin Covid-19 booster untuk mempercepat pemberian vaksinasi dosis ketiga di masyarakat. Masyarakat perlu mendapatkan vaksin booster untuk menghadapi kasus Covid-19 yang kembali melonjak.

Merujuk situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes), telah terbit Surat Edaran terbaru untuk memperbaharui Ketentuan Pelaksanaan Vaksin Booster yang berlaku sejak 27 Januari 2022. Berdasarkan Surat Edaran No. SR.02.06/II/408/2022, pelaksanaan Vaksinasi Program Dosis Lanjutan (booster) dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota bagi masyarakat umum tanpa menunggu target capaian vaksinasi.

Baca Juga: Covid-19 & Omicron Naik Pesat hingga 1 Februari 2022, Ini Gejala & Waktu untuk Tes

Syarat vaksin Covid-19 booster masih sama, yakni dengan menunjukkan NIK dengan membawa KTP/KK atau melalui aplikasi Peduli Lindungi, berusia 18 tahun ke atas, dan telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal 6 bulan sebelumnya.

Dosis lanjutan (booster) yang diberikan pada triwulan pertama 2022 adalah orang yang mendapatkan vaksin primer Sinovac akan mendapatkan booster Astrazeneca (1/2 dosis) atau Pfizer (1/2 dosis).

Jika mendapatkan vaksin Primer: Astrazeneca maka booster yang bisa didapat adalah Moderna (1/2 dosis) atau Pfizer (1/2 dosis) atau Astrazeneca (1 dosis). Untuk membantu percepatan vaksinasi COVID-19, dosis 2 vaksin Astrazeneca dapat diberikan 8 minggu setelah vaksin dosis 1.

Dilansir dari Kompas.com, masyarakat bisa mengetahui lokasi vaksin booster Covid-19 terdekat secara online. Cara mengetahui lokasi vaksin Covid booster terdekat ini bisa diakses dari masing-masing domisili warga.

Baca Juga: Panduan Lengkap Proses Vaksinasi Booster dari Kemenkes, Catat Agar Tak Bingung!

Pemerintah telah memfasilitasi layanan pencarian lokasi vaksin booster terdekat di seluruh Indonesia untuk memudahkan masyarakat. Bagaimana cara mengetahui lokasi vaksin booster terdekat di Indonesia?

Berikut cara mencari lokasi vaksin booster dan vaksinasi Covid-19 terdekat sebagai berikut:

  • Akses laman covid19.go.id/faskesvaksin
  • Masukkan provinsi dan kabupaten/kota yang diinginkan.
  • Setelah itu, klik “Cari Sekarang”

Nantinya akan muncul daftar fasilitas kesehatan (faskes) terdekat, lengkap dengan status kesiapan vaksiansi.

Sebagai informasi, data lokasi vaksin booster terdekat yang muncul meliputi nama faskes, alamat, status kesiapan vaksinasi, nomor telepon, dan titik lokasi google maps. Untuk mengetahui info lebih lanjut seperti tanggal dan jam operasional, usia vaksinasi, serta keterangan lebih lanjut dapat diklik tombol “Info Selengkapnya” pada masing-masing faskes.

Manfaat vaksin Covid-19 booster

Reisa Broto Asmoro selaku Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru menyatakan masyarakat perlu mendapatkan vaksin Covid-19 booster setelah 6 bulan menjalani vaksinasi dosis kedua.  Vaksin Covid-19 booster diperlukan untuk meningkatkan proteksi individu terutama pada kelompok masyarakat rentan.

“Berdasarkan hasil studi, terjadi penurunan antibodi enam bulan setelah dosis primer atau lengkap dua dosis penyuntikan, dan satu dosis jika vaksin Janssen, sehingga dibutuhkan pemberian dosis lanjutan atau booster,” ucap Reisa, dikutip dari situs Covid19.go.id.

Hal tersebut juga didukung oleh hasil kajian dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) melalui surat nomor ITAGI/SR/2/2022 mengenai kajian vaksin Covid-19 dosis lanjutan. ITAGI menganjurkan pemberian booster untuk memperbaiki efektivitas vaksin yang telah menurun.

Cara cek dan download sertifikat vaksin Covid-19 internasional

Setelah suntik vaksin Covid-19, masyarakat bisa mendapatkan sertifikat vaksinasi. Kini, pemerintah juga telah membuat sertifikat vaksin Covid-19 standar internasional.

Dilansir dari situs Kemenkes, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan sertifikat vaksin Covid-19 internasional sesuai dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sertifikat vaksin Covid-19 internasional untuk mengantisipasi isu sertifikat vaksin indonesia tidak dikenal atau diakui di sejumlah negara di luar negeri.

Chief of Digital Transformation Office Kemenkes, Setiaji menyampaikan bahwa bentuk dan informasi yang tertera pada sertifikat vaksin Covid-19 internasional sudah disesuaikan dengan standar WHO, termasuk kode QR yang tercantum di dalamnya agar bisa terbaca dan diakui di luar negeri.

Sertifikat vaksin Covid-19 internasional dapat digunakan oleh Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebagai bukti telah menerima vaksinasi primer lengkap.

Salah satu pemanfaatan sertifikat vaksin internasional ini adalah untuk perjalanan Haji dan Umrah. Meskipun demikian, sertifikat ini hanya sebagai dokumen kesehatan dan pelaku perjalanan tetap wajib mematuhi peraturan dan protokol kesehatan yang berlaku di masing-masing negara. Terkait jenis vaksin yang diterima atau berlaku juga mengacu kepada kebijakan masing-masing negara tujuan.

Lebih lanjut, Setiaji menyampaikan bahwa sertifikat vaksin Covid-19 internasional yang dikeluarkan oleh Kemenkes dapat diakses melalui aplikasi PeduliLindungi. Berikut cara cek dan download sertifikat vaksin Covid-19 internasional:

● Update aplikasi PeduliLindungi versi terbaru
● Buka aplikasi PeduliLindungi dan login dengan akun terdaftar
● Masuk ke menu “Sertifikat Vaksin”
● Di bagian “Sertifikat Perjalanan Luar Negeri”, klik ikon “+”
● Centang nama pengguna yang ingin dibuatkan sertifikat internasional, klik selanjutnya
● Pilih negara tujuan, klik selanjutnya dan konfirmasi
● Sertifikat berhasil dibuat dan sudah aktif, kemudian klik “Lihat Detail”

Untuk melihat kode QR atau mengunduh sertifikat, bisa dilakukan pada menu “Sertifikat Vaksin” dan memilih nama pengguna yang telah dibuatkan sertifikat vaksin internasional.

Itulah cara mengetahui lokasi vaksin Covid-19 booster terdekat dan cara cek serta download sertifikat vaksinasi internasional. Ingat, setelah suntik vaksin Covid-19, Anda harus tetap menjalankan protokol kesehatan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru