Cara cara menghilangkan bau jengkol dan petai? Ini tips dari Ridwan Kamil

Kamis, 14 Oktober 2021 | 19:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara cara menghilangkan bau jengkol dan petai? Ini tips dari Ridwan Kamil

KONTAN.CO.ID - Meski punya rasa yang enak, jengkol bisa membuat bau mulut dan air kencing menjadi sangat tidak sedap. Begitu juga petai. Nah, Ridwan Kamil memberikan tips bagaimana menghilangkan bau setelah mengonsumsi makanan itu.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membagikan cara menghilangkan bau jengkol dan petai melalui akun Instagram-nya @ridwankamil. Dalam unggahan itu, dia menyarankan, untuk mengonsumsi dua sendok makan kecap manis usai menyantap olahan jengkol dan petai.

Menurut Ridwan Kamil, tips tersebut dia dapat secara turun-temurun dari keluarga istrinya. Nah, selain menggunakan kecap manis sesuai saran Ridwan Kamil, bau mulut tak sedap setelah makan jengkol dan petai juga bisa Anda hilangkan dengan cara lain, lo:

Cuka apel

Mengutip dari India.com, bau mulut tak sedap dapat Anda atasi dengan memanfaatkan cuka apel. Anda perlu mencampur 1 sdt cuka apel dalam segelas air lalu gunakan untuk berkumur. Ulangi cara tersebut beberapa kali sampai bau mulut tak sedap hilang.

Baca Juga: 6 Manfaat minum air lemon untuk kesehatan tubuh Anda

Jahe

Penghilang bau mulut tak sedap bisa dari jahe.

Cara menghilangkan bau mulut tak sedap berikutnya adalah dengan memanfaatkan jahe. Campurkan ekstrak jahe dalam segelas air. Berkumurlah dengan air tersebut setelah selesai mengonsumsi jengkol.

Minyak kayu putih

Tahukah Anda bahwa minyak kayu putih dapat dijadikan penghilang bau mulut? Langkah yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Pertama, tambahkan dua hingga tiga tetes minyak kayu putih dalam satu gelas air.

Berkumurlah dengan air tersebut setelah makan. Selanjutnya, berkumur lagi dengan air biasa untuk benar-benar menghilangkan bau mulut. Tak hanya berfungsi sebagai penghilang bau mulut, minyak kayu putih juga efektif meredakan gusi bengkak.

Baca Juga: Mudah dipraktikkan, ini 4 cara menghilangkan bau badan

Teh hijau

Teh hijau bisa menghilangkan bau mulut tak sedap.

Teh hijau jadi bahan alami lainnya yang direkomendasikan India.com untuk menghilangkan bau mulut tak sedap. Antibakteri dan kandungan lain dalam jenis teh itu mampu membasmi kuman atau faktor lain yang jadi penyebab bau mulut tidak sedap.

Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah satu kantung teh hijau dan satu gelas air panas. Rendam kantung teh dalam air tersebut selama beberapa menit lalu minum airnya. Anda bisa menambahkan sedikit madu untuk menambah cita rasa.

Selanjutnya: Jangan sepelekan, waspadai 5 gejala asam lambung ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru