Campuran jeruk nipis & air kelapa bisa sembuhkan Covid? Ini penjelasan pakar UGM

Rabu, 28 Juli 2021 | 03:55 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Campuran jeruk nipis & air kelapa bisa sembuhkan Covid? Ini penjelasan pakar UGM

ILUSTRASI. Campuran jeruk nipis & air kelapa bisa sembuhkan Covid? Ini penjelasan pakar UGM.

KONTAN.CO.ID -  Baru-baru ini campuran jeruk nipis, air kelapa muda , dan garam dipercaya bisa menyembuhkan Covid. Banyak informasi tentang minuman, makanan, hingga herbal yang mampu menyembuhkan Covid membuat masyarakat langsung membelinya tanpa tahu kebenarannya. 

Hoaks atau informasi tidak benar tersebut makin menjamur seiring banyaknya masyarakat yang terkena Covid dan melakukan isolasi mandiri di rumah. 

Apakah campuran tersebut benar-benar bisa menyembuhkan Covid? Menurut Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Zullies Ikawati, menjelaskan jika campuran jeruk nipis, air kelapa muda, dan garam tidak bisa diklaim secara spesifik menyembuhkan Covid-19. 

“Secara umum air kelapa, jeruk nipis, dan berbagai minuman herbal jika diminum saat Covid-19 boleh saja, namun memang tidak secara khusus memberikan efek untuk menghilangkan virus Covid-19,” jelasnya seperti dikutip dari situs UGM

Baca Juga: LPDP buka lowongan kerja menarik, simak informasi lengkapnya

Air kelapa memang mengandung beberapa nutrisi seperti air, unsur gula, beberapa vitamin, mineral, dan asam amino dengan konsentrasi yang kecil. 

Secara umum air kelapa menyegarkan dan sehat. Sedangkan jeruk nipis juga memberikan manfaat yang cukup banyak dan menyehatkan. 

“Minum air putih yang cukup perlu, namun tidak ada minuman secara khusus untuk anti Covid-19. Tujuannya lebih untuk menyegarkan tubuh yang secara  tidak langsung berhubungan dengan peningkatan imun tubuh,” imbuh Zullies.

Obat herbal tidak menyembuhkan Covid

Mungkin Anda sering mendengar informasi berbagai macam obat herbal atau bahan-bahan lain yang dijamin mampu menyembuhkan Covid-19.

Zullies menjelaskan jika sampai saat ini belum ada minuman herbal yang bisa diklaim secara spesifik mampu menyembuhkan Covid-19. 

Hal ini disebabkan, pasien tidak hanya mengonsumsi herbal saja tetapi berbagai macam obat, multivitamin, dan makanan bergizi juga turut membantu dalam penyembuhan pasien Covid. 

"Jika tren minuman kesehatan ini bukanlah hal yang berbahaya, boleh saja dicoba, namun jangan sampai berlebihan. Masyarakat sebaiknya lebih kritis ketika mendapatkan informasi,” jelasnya. 

Karenanya pasien sebaiknya mengonsumsi makanan bergizi dan air yang cukup untuk membantu imun tubuh. Imun tubuh yang baik dapat membantu melawan virus yang ada di dalam tubuh. Pikiran positif juga berperan dalam penyembuhan pasien Covid-19. 

Zullies mengimbau agar masyarakat sebaiknya menelaah terlebih dahulu informasi yang didapat sebelum disebarkan ke orang lain. 

Hal ini merupakan upaya untuk mencegah penyebaran hoaks yang marak terjadi di sekitar kita, khususnya yang berkaitan dengan Covid-19.

Selanjutnya: Mengenal komponen-komponen dalam darah manusia serta fungsinya

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru