Kesehatan Umum

Bunga melati bermanfaat untuk turunkan berat badan

Senin, 11 Januari 2021 | 17:11 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bunga melati bermanfaat untuk turunkan berat badan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya memiliki aroma yang wangi, bunga melati juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Biasanya, jenis bunga tersebut diolah menjadi teh. Manfaat bunga melati berasal dari berbagai macam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Mengutip dari Sencha Tea Bar (senchateabar.com), mengonsumsi bunga melati dapat menghindarkan Anda dari berbagai jenis penyakit. Mulai dari diabetes, penyakit jantung, kanker, dan lain sebagainya. Kandungan antioksidan yang tinggi membuat bahan alami ini mampu memberikan efek tersebut.

Tak hanya kaya akan antioksidan, bunga melati juga memiliki kandungan antiinflamasi yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan kulit dan daya tahan tubuh. Cobalah untuk mengonsumsi bunga melati secara rutin supaya manfaat-manfaat tersebut bisa Anda dapat.

Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan? Jika iya, cobalah untuk mengonsumsi bunga melati secara rutin. Manfaat bunga melati itu berasal dari kemampuannya mempercepat proses metabolisme dalam tubuh.

Baca Juga: 6 Manfaat daun pegagan sebagai obat herbal

Artinya, nutrisi bisa diproses dengan lebih cepat sehingga berat badan Anda bisa turun. Tak hanya itu, bahan alami tersebut juga mengandung sedikit kalori sehingga Anda tak perlu khawatir ketika mengonsumsinya. Namun, pastikan untuk tidak memakai pemanis tambahan, ya.

Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat bunga melati adalah menjaga kesehatan jantung manusia.

Sencha Tea Bar mengatakan bahwa mengonsumsi bunga melati mampu menjaga kesehatan jantung Anda. Katekin dalam teh bunga melati mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat atau LDL sehingga peradangan arteri dan pembuluh vena bisa dicegah.

Fungsi tersebut masih dimaksimalkan dengan adanya antioksidan yang ada dalam teh bunga melati. Jadi, mengonsumsi bahan alami tersebut mampu mencegah Anda dari risiko penyakit jantung. Selain itu, bunga melati juga mampu mengoptimalkan kerja jantung untuk memompa darah.

Meredakan Stres

Tahukah Anda bahwa manfaat bunga melati berguna untuk meredakan stres? Aroma bunga melati mampu memicu respons parasimpatis sehingga zat kimia yang membuat tubuh rileks bisa diproduksi. Tak hanya berasal dari aroma, efek rileksasi juga datang dari rasa manis bunga melati.

Baca Juga: Ini empat manfaat sering gonta-ganti menu makan

Mencegah Tanda Penuaan

Selain memiliki banyak antioksidan, bunga melati juga mengandung antibakteri yang berguna untuk kesehatan kulit. Tidak berhenti sampai di situ, bunga melati juga memiliki polifenol yang berfungsi untuk melawan radikal bebas.

Dengan begitu, munculnya kerutan, garis halus, dan tanda penuaan lainnya bisa Anda cegah. Anda bisa mengonsumsi teh bunga melati sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari. Selain itu, gunakan pula jenis teh tersebut untuk mencuci muka.

Selanjutnya: Ini delapan manfaat teh melati yang sayang untuk dilewatkan

Editor: Belladina Biananda


Terbaru