kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bukan masker, ini cara paling ampuh cegah virus corona menurut dirut Bio Farma


Kamis, 06 Februari 2020 / 04:22 WIB
Bukan masker, ini cara paling ampuh cegah virus corona menurut dirut Bio Farma

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada tips menarik yang diungkapkan oleh Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir terkait pencegahan virus corona. Dia mengatakan, masker bukan merupakan komponen terpenting untuk mencegah tertular virus corona.

Menurut dia, daya tahan tubuh seseorang merupakan yang terpenting agar tak tertular virus asal Wuhan, China itu. “Masker enggak banyak bantu, virus (corona) ukurannya kecil. Kalau Anda buat masker serapat apapun yang ada malah bikin Anda sesak,” ujar Honesti di Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Honesti berpesan, pola hidup sehat merupakan kunci dari segala bentuk macam penyakit. Atas dasar itu, ketimbang menggunakan masker, lebih baik masyarakat menjaga pola hidupnya agar daya tahan tubuhnya baik.

Baca Juga: Cek Kesiagaan Hadapi Virus Korona, DPR Kunjungi Bea Cukai Soekarno-Hatta

“Statistik yang kena (virus corona) yang daya tahan tubuhnya rendah. Pola hidup sehat itu membuat virus apapun segan di tubuh Anda,” kata Honesti.

Honesti menjelaskan, saat ini belum ada vaksin anti virus corona. Bahkan, kata dia, China saja hingga saat ini belum menemukan obat untuk penyakit tersebut. “Di China saja sampai sekarang (penanganan kepada pasien virus corona) bagaimana menaikan daya tahan tubuh seseorang,” ucap dia.

Baca Juga: Wabah virus corona, Migran Care minta pemerintah buka posko pelaporan pekerja migran

Virus corona diketahui telah menyebar ke sejumlah negara. Negara-negara tersebut adalah Kanada, China, Jepang, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, Vietnam, Nepal, Perancis, dan Australia.

Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Gejala awalnya mirip seperti flu biasa yang diawali dengan demam, pusing, batuk, pilek, radang tenggorokan, dan badan lemas. Namun, seiring berjalannya waktu, virus ini menyebabkan pneumonia ganas yang mematikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kata Dirut Bio Farma, Ini Cara Paling Ampuh Cegah Virus Corona"
Penulis : Akhdi Martin Pratama
Editor : Erlangga Djumena




TERBARU
Terpopuler

Close [X]
×