kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Buat Masker, Yuk! 4 Bahan Alami yang Cocok Digunakan pada Kulit Berminyak


Senin, 25 April 2022 / 15:45 WIB
Buat Masker, Yuk! 4 Bahan Alami yang Cocok Digunakan pada Kulit Berminyak
ILUSTRASI. Buat Masker, Yuk! 4 Bahan Alami yang Cocok Digunakan Pada Kulit Berminyak


Sumber: HER WORLD | Editor: Rizka Noveliana

KONTAN.CO.ID - Permasalahan kulit berminyak yang sering terjadi adalah jerawat, komedo, dan kulit mengkilat. Salah satu cara mengatasi permasalahan kulit tersebut dengan memakai masker alami. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan di rumah untuk merawat kulit berminyak.

Jika Anda tertarik mencoba, inilah bahan-bahan alami yang bisa diolah menjadi masker untuk kulit berminyak dilansir dari laman herworld.co.id, yaitu: 

1. Madu dan Kayu Manis

Masker alami pertama untuk kulit berminyak yaitu campuran madu dan kayu manis. Dikarenakan madu memiliki kandungan antimikroba yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Sedangkan kayu manis dapat mencegah peradangan sehingga keduanya sangat cocok dijadikan sebagai masker untuk menghilangkan jerawat.

Cara membuatnya cukup mudah, campurkan sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Sebelum menggunakannya, pastikan wajah dalam keadaan bersih dan oleskan masker pada wajah kemudian diamkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

2. Oatmeal

Jika Anda memiliki oatmeal di rumah, maka segera manfaat bahan ini untuk kulit. Oatmeal mampu membantu menyerap minyak yang berlebih pada wajah. Oatmeal juga mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang mampu membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Hasilnya, kulit akan tampak lebih cerah dan halus.

Cara membuat masker alami dari oatmeal yaitu setengah cangkir oatmeal dengan air hangat secukupnya. Aduk rata hingga menjadi pasta, lalu tambahkan satu sendok makan madu. Lalu, oleskan pasta oatmeal dan madu di wajah yang telah dibersihkan. Pijat lembut selama sekitar tiga menit, lalu bilas dengan air hangat. Jika Anda mempunyai kulit yang berjerawat, gunakan masker oatmeal setiap hari.

Baca Juga: Lawan Kulit Dehidrasi, 5 Produk Skincare Ini Wajib Dibawa Saat Perjalanan Mudik

3. Mentimun

Masker alami untuk kulit berminyak berikutnya adalah mentimun. Bahan alami ini mampu menghidrasi kulit dan memberikan sensasi segar. Jika digunakan secara rutin maka masker mentimun bisa membuat kulit wajah lembab dan kenyal secara alami. Selain itu, masker alami dari mentimun ini bisa membuat pori-pori wajah mengecil secara bertahap.

Cara membuat masker alami ini sangat mudah, yaitu parut mentimun hingga menjadi tekstur yang berair lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 20 menit dan pijat lembut dengan gerakan memutar. Selanjutnya, bilas dengan air dingin. Anda juga bisa menambahkan air mawar untuk mendapatkan sensasi segar pada wajah.

4. Tomat

Tomat juga bisa diolah menjadi masker alami untuk kulit berminyak. Tomat dipercaya dapat mengelupaskan sel-sel kulit mati secara alami. Selain itu, masker tomat juga terbukti bisa membuat kulit wajah yang berminyak menjadi lebih bersih.

Cara mengolah masker alami dari tomat ini yaitu hancurkan tomat hingga mempunyai tekstur yang lembut. Kemudian, Anda bisa mengoleskan masker tomat ke seluruh wajah dengan menggunakan kuas bersih secara merata. Diamkan masker kurang lebih 1 jam. Selanjutnya, bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×