Kesehatan Umum

Bolehkah ibu hamil meminum kopi?

Minggu, 25 Oktober 2020 | 06:58 WIB Sumber: Kompas.com
Bolehkah ibu hamil meminum kopi?

ILUSTRASI. ilustrasi kopi.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minum kopi memang sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Selain menjadi minuman favorit untuk pengusir kantuk, kopi juga selalu menjadi pilihan banyak orang ketika sedang bersantai atau nongkrong bersama teman dan kerabat. 

Selain rasanya yang nikmat, kopi juga mengandung kafein yang merupakan stimulan alami. Itu sebabnya, banyak orang merasa berenergi atau hilang rasa kantuknya ketika menikmati secangkir kopi. 

Namun, apakah kopi adalah minuman yang aman untuk ibu hamil? Pakar obstetri dan ginekologi dari Cleveland Clinic, Monica Svets, mengatakan mengonsumsi makanan atau minuman berkafein sebenarnya bukan hal yang berbahaya untuk ibu hamil. 

Baca Juga: Mengusir kecoa dengan 5 cara ini lebih mudah dan efektif

Namun, jangan mengomsumsinya dalam jumlah berlebihan. "Konsumsi kafein di masa kehamilan tidak akan menimbulkan masalah besar. Namun, jangan mengonsumsinya lebih dari 200 miligram per hari. Bukan hanya kopi, kafein juga bisa kita temukan dalam berbagai jenis makanan dan minuman," kata dia.

"Sebaiknya konsultasikan kepada dokter batas asupan kafein yang bisa dikonsumsi di masa kehamilan agar tidak berefek pada kesehatan ibu dan janin," tambahnya. 

Efek kafein bagi ibu hamil 

Selama kehamilan, tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memetabolisme kafein. Hal ini membuat kafein yang dikonsumsi ibu hamil berada di dalam aliran darah dalam waktu lebih lama. 

Kafein juga melewati plasenta dan memasuki aliran darah bayi. Kondisi ini juga bisa memengaruhi kesehatan janin. 

Baca Juga: Ganjar menyebut ada kepala daerah sengaja tak tes covid-19 agar tetap di zona hijau

Riset dari American College of Obstetricians Gynecologists membuktikan asupan kafein lebih dari 200 miligram per hari dapat meningkatkan risiko keguguran dan bayi lahir rendah. 

Namun, semua risiko tersebut akan terjadi jika dikonsumsi berlebihan. Ibu hamil yang mengonsumsi kafein berlebihan juga bisa mengalami kenaikan darah tinggi, detak jantung cepat, kecemasan meningkat, gelisah, pusing, sakit perut dan diare. 

Manfaat kafein  

Jika dikonsumsi dalam jumlah wajar, kafein membantu meningkatkan energi dan fokus. Penelitian menunjukkan kafein merangsang otak dan sistem saraf pusat, yang dapat membantu kita tetap terjaga dan mempertajam kewaspadaan mental. 

Selain itu, beberapa minuman berkafein - termasuk kopi - mengandung antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa bermanfaat yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan, mengurangi peradangan, dan menangkal penyakit kronis. (Ariska Puspita Anggraini)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Amankah Minum Kopi untuk Ibu Hamil?"

 

Selanjutnya: Corona di Indonesia, Sabtu (24/10): Tambah 4.070 kasus, jangan lupa cuci tangan

 

Editor: Tendi Mahadi
Tag


Terbaru