Boleh dicoba! Ini 8 minuman yang baik untuk penderita asam lambung

Rabu, 07 April 2021 | 08:51 WIB Sumber: Kompas.com
Boleh dicoba! Ini 8 minuman yang baik untuk penderita asam lambung

ILUSTRASI. Air kelapa

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi Anda yang menderita refluks asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD), harus ada tindakan pencegahan yang harus dilakukan agar penyakit ini tidak kambuh. 

Salah satunya, Anda mungkin perlu memilah makanan dan minuman dengan tepat untuk mengendalikan penyakit yang diderita. Jangan sampai Anda salah pilih makanan dan minuman karena dapat menyebabkan asam lambung bocor kembali ke kerongkongan. 

Gejala GERD memang sangat dipengaruhi oleh apa yang Anda makan. Gejalanya bisa berupa batuk, mual, dan suara serak. Bersendawa, sakit tenggorokan, dan regurgitasi juga sering dikaitkan dengan GERD. 

Apa yang Anda putuskan untuk dimasukkan atau dihindari dalam diet Anda dapat membantu meringankan beberapa gejala Anda. Minuman seperti kopi, kola, dan jus asam sering kali berada di urutan teratas daftar "larangan". 

Baca Juga: 4 Ciri-ciri asam lambung rendah, jangan Anda abaikan

Pasalnya, minuman ini dapat meningkatkan risiko gejala GERD. 

Sebagai gantinya, inilah beberapa minuman yang baik Anda konsumsi untuk dapat membantu mengurangi gejala asam lambung naik: 

1. Teh herbal 

Beberapa jenis teh herbal dapat membantu meningkatkan pencernaan dan meredakan banyak masalah perut, seperti gas lambung dan mual. Merangkum Health Line, untuk meredakan gejala GERD, Anda bisa mencoba teh herbal bebas kafein, seperti teh chamomile, licorice, elm, hingga marshmallow. 

Licorice dapat membantu meningkatkan lapisan lendir pada lapisan esofagus, yang membantu menenangkan efek asam lambung. Namun, tidak ada cukup bukti untuk memastikan keefektifan adas, akar marshmallow, atau teh pepaya. 

Baca Juga: 5 Manfaat beluntas sebagai obat herbal untuk rematik sampai meredakan nyeri haid

Saat menggunakan herbal kering ini sebagai ekstrak dalam teh, Anda harus memakai satu sendok teh herbal untuk satu cangkir air panas. Untuk hasil terbaik, minum dua hingga empat cangkir per hari. 

Namun, ketahuilah bahwa beberapa teh herbal dapat mengganggu obat resep tertentu. Jadi yang paling aman adalah bicarakan dulu dengan dokter sebelum mencoba pengobatan herbal diabetes. 

Misalnya saja, Anda disarankan untuk menghindari teh spearmint atau peppermint. Pasalnya, mint bisa memicu refluks asam bagi banyak orang. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru