Bisa untuk Penderita Diabetes, Ini Ragam Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Sabtu, 12 November 2022 | 16:15 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Bisa untuk Penderita Diabetes, Ini Ragam Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

KONTAN.CO.ID -  Ada banyak jenis rempah tradisional yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya kayu manis.

Dilansir dari situs Fakultas Kesehatan Universitas Alma Ata, rempah ini bahkan sudah digunakan sebagai obat pada zaman Mesir Kuno. 

Pada abad pertengahan, kayu manis digunakan oleh dokter sebagai obat radang, batuk, dan sakit sendi. Selain itu, kayu manis juga dimanfaatkan sebagai bahan pembalseman. 

Kulit kayu manis berasal dari batang pohon kayu manis. Rasanya sedikit manis, pedas, dan kelat serta memiliki aroma yang khas. 

Sayangnya, kayu manis saat ini dimanfaatkan hanya sebatas sebagai bahan makanan saja. Padahal, rempah khas Nusantara ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh. 

Berikut ini manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh yang mungkin belum Anda ketahui.

Baca Juga: Mengenal Sistem Ekonomi Tradisional, Pengertian, Kelemahan, dan Kelebihannya

Mengontrol gula darah

Kayu manis mengandung antioksidan yang mampu mengontrol kadar gula dalam darah . Selain itu, kayu manis dapat membantu melancarkan proses pencernaan setelah makan dan membantu meningkatkan respon insulin pada pasien diabetes tipe 2. 

1 Gram kayu manis saja bisa menurunkan tingkat gula darah, trigliserida, kolesterol jahat, dan kolesterol total pada pasien penderita diabetes

Meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin

Selain antioksidan, kayu manis juga mengandung kromium polifenol yang terbukti dapat meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin

Hal ini dikarenakan senyawa ini memiliki efek yang sama dengan sinyal insulin dan kontrol glukosa.

Jika sensitivitas insulin dalam tubuh seseorang makin meningkat, maka makin kurang jumlah insulin yang dibutuhkan oleh tersebut. 

Jika kepekaan terhadap hormon insulin meningkat, resiko tekanan darah tinggi, diabetes tipe dua, dan kolesterol bisa berkurang.

Menurunkan kolesterol darah

Kayu manis mengandung kalsium, serat dan mineral seperti mangan. Kandungan ini dapat melancarkan pencernaan, usus besar dan penyakit jantung serta kolesterol.

Serat dan kalsium dalam kayu manis juga mampu membantu  menghapus garam pada tubuh dan mencegah kanker usus besar. 

Selain itu, karena kayu manis memiliki kandungan serat maka dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati masalah sembelit.

Baca Juga: 2 Hari Lagi Tutup, Ini Cara Buat Akun PPPK Guru 2022 di Sscasn.bkn.go.id

Mengatasi Alzheimer

Manfaat kayu manis selanjutnya adalah mampu mengatasi penyakit Alzheimer. Hal ini disebabkan karena kulit kayu manis terdapat kandungan antioksidan seperti polifenol yang tinggi. 

Tingginya kandungan antioksidan dalam kayu manis dapat melindungi tubuh terhadap radikal bebas, antioksidan juga diyakini berguna dalam penyakit Alzheimer.

Selain kaya antioksidan, zat-zat lainnya hadir dalam kayu manis juga dipercaya untuk menghambat akumulasi protein di otak, yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit Alzheimer.

Anti infeksi

Manfaat kayu manis untuk kesehatan lainnya adalah dapat mengatasi infeksi. Hal ini disebabkan adanya komponen alami anti infeksi yang terkandung di dalamnya. 

Beberapa penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi kulit kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H.pylori yang dapat menyebabkan sakit maag dan penyakit lain yang timbul akibat  bakteri.

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Berdasarkan penelitian oleh University of Texas menunjukkan bahwa manfaat dari kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Bahkan kayu manis juga menjadi salah satu herbal yang dapat menyembuhkan kanker.

Antimikroba

Tanaman kayu manis dapat mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri, salah satunya adalah jenis Candida. 

Candida adalah mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi yang biasa ditemukan di dalam mulut, vagina dan usus, yang menyebabkan penyakit pada kulit dan selaput lendir.

Infeksi Candida di dalam tubuh dapat dikurangi dan bahkan bisa dihentikan hanya dengan sering mengkonsumsi kayu manis. Peran ini didukung oleh kandungan cinnamaldehyde dalam minyak kayu manis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru