kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,22   -11,30   -1.21%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa Turunkan Tensi dan Berat Badan, Ini Segudang Manfaat Rutin Meminum Teh


Senin, 06 Februari 2023 / 17:00 WIB
Bisa Turunkan Tensi dan Berat Badan, Ini Segudang Manfaat Rutin Meminum Teh
ILUSTRASI. Bisa Turunkan Tensi dan Berat Badan, Ini Segudang Manfaat Rutin Meminum Teh.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Teh memiliki kandungan senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh. Rutin minum teh bahkan dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi hingga berat badan.

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang sudah lama dikenal masyarakat. Selain nikmat, mengonsumsi teh hijau secara rutin ternyata membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Meskipun sudah banyak yang familier dengan jenis teh ini sayangnya tidak banyak orang yang menyukai teh hijau. Kebanyakan masyarakat lebih sering mengonsumsi teh hitam baik disajikan dengan hangat atau dingin. 

Baca Juga: Teori-Teori Masuknya Ajaran Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia

Bersumber dari situs balittri.litbang.pertanian.go.id, baik teh hijau maupun teh hitam berasal dari tanaman yang sama yaitu pucuk daun muda tanaman teh atau Camelia sinensis

Yang membedakan teh hijau dengan teh hitam atau teh merah adalah proses fermentasi. Teh hitam diperoleh dengan proses fermentasi atau oksidasi enzimatis. 

Teh hijau hanya diolah dengan satu kali proses penyaringan saja. Proses inilah yang menyebabkan kandungan kafein dalam teh hijau sedikit dan warna air seduhannya lebih terang. 

Manfaat rutin minum teh hijau

Bersumber dari Instagram @kemdikbud.ri, teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi. Zat ini dapat membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. 

Selain membantu melawan radikal bebas, berikut ini manfaat yang kita dapat jika rutin meminum teh hijau. 

  • Mencegah penyakit jantung dan stroke

Teh hijau mengandung asam fenolik. Zat ini dapat membantu tubuh untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner yang bisa menyebabkan stroke. 

Menghambat pertumbuhan sel kanker

Selain menangkal radikal bebas, senyawa antioksidan dalam teh hijau juga membantu menghambat pertumbuhan berbagai sel kanker. Senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker paru-paru, kanker lambung, kanker kulit, dan kanker payudara.

  • Mencegah diabetes

Bagi orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes, konsumsi makanan dan minuman tentu harus dijaga agar tidak terjangkit penyakit ini. 

Sebagai langkah pencegahan, Anda bisa mulai rutin meminum teh hijau. Teh jenis ini dapat meningkatkan kinerja insulin dan membantu mengurangi kadar gula darah.

Baca Juga: Cara Simpan ASI di Kulkas dan Freezer agar Tidak Cepat Rusak

  • Menurunkan berat badan

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan secara alami adalah dengan rutin mengonsumsi teh hijau.

Jenis teh ini memiliki manfaat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak terutama di area perut.

Jika Anda sedang menjalani program diet menurunkan berat badan, Anda bisa mengonsumsi teh hijau untuk membantu membakar lemak lebih banyak.

  • Menstabilkan tekanan darah

Manfaat rutin mengonsumsi teh hijau selanjutnya adalah membantu menstabilkan tekanan darah. Teh hijau mengandung zat polifenol yang mampu menurunkan dan menstabilkan tekanan darah tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×