kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa turunkan berat badan, ini 5 manfaat buah bit untuk kesehatan


Rabu, 11 November 2020 / 10:09 WIB
Bisa turunkan berat badan, ini 5 manfaat buah bit untuk kesehatan
ILUSTRASI. Salah satu manfaat buah bit adalah menurunkan berat badan. Foto: wikimedia.com


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda bisa merasakan manfaat buah bit karena banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Vitamin dan mineral dalam buah bit berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari menurunkan darah tinggi, meredakan peradangan, menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan lain-lain.

Menurunkan Darah Tinggi

Darah tinggi merupakan suatu kondisi yang berbahaya karena meningkatkan resiko stroke, serangan jantung, atau penyakit jantung lainnya. Mengutip dari Healthline (healthline.com), buah bit dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 4-10 mmHg hanya dalam beberapa jam.

Buah bit bisa menurunkan tekanan darah karena mengandung banyak nitrat. Saat masuk ke tubuh manusia, nitrat akan berubah menjadi oksida nitrat. Oksida nitrat berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah bisa turun.

Meredakan Peradangan

Manfaat buah bit selanjutnya adalah meredakan peradangan yang terjadi dalam tubuh Anda. Misalnya peradangan yang berhubungan dengan obesitas, kanker, penyakit hati, atau penyakit jantung. Efek tersebut berasal dari betalain, salah satu pigmen yang berperan sebagai antiinflamasi.

Baca Juga: Selain B12, vitamin-vitamin ini juga penting untuk tubuh, lo

Hal tersebut dibuktikan pada sebuah penelitian yang melibatkan penderita osteoartritis. Setelah mengonsumsi suplemen betalain yang terbuat dari ekstrak buah bit, rasa sakit dan tidak nyaman akibat penyakit tersebut berkurang.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Apakah Anda memiliki masalah pencernaan? Jika iya, mengonsumsi buah bit bisa dijadikan pilihan. Healthline mengatakan bahwa dalam segelas buah bit, terdapat 3.4 g serat yang bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan.

Selain menjaga kesehatan sistem pencernaan, mengonsumsi buah bit secara rutin juga mampu mencegah munculnya penyakit kronis. Mulai dari kanker usus, diabetes, atau penyakit jantung.

Baca Juga: Ini makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi Anda

Menurunkan Berat Badan

Salah satu cara menurunkan berat badan bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi buah bit, lo. Buah bit tidak mengandung banyak kalori, tapi kaya akan serat dan protein. Mengonsumsi makanan yang kaya protein dan serat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Meningkatkan Fungsi Otak

Seiring bertambahnya usia, fungsi otak bisa mengalami penurunan. Namun, Anda bisa mencegah hal tersebut dengan mengonsumsi buah bit secara rutin. Nitrat dalam buah bit akan meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen menuju otak sehingga fungsi otak bisa tetap terjaga.

Selanjutnya: 3 Jus penurun darah tinggi ini wajib Anda coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×