Reproduksi dan Seks

Bisa picu perceraian, ini faktor yang sebabkan pernikahan tanpa seks

Rabu, 09 Desember 2020 | 13:23 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Bisa picu perceraian, ini faktor yang sebabkan pernikahan tanpa seks

ILUSTRASI. Bisa picu perceraian, ini faktor yang menyebabkan pernikahan tanpa seks.


KONTAN.CO.ID - Ada beragam faktor yang menyebabkan pernikahan bisa renggang. Salah satunya adalah exless marriage atau pernikahan tanpa seks. 

Kondisi ini membuat pasangan jarang melakukan hubungan intim dalam pernikahan. Tidak jarang, pernikahan tanpa seks menyebabkan perceraian. 

Dikutip dari Healthline, Dr. Rachel Becker-Warner, terapis pernikahan dan hubungan seksual di University of Minnesota, mendeskripsikan sexless marriage sebagai pasangan yang melakukan hubungan seks kurang dari 10 kali dalam setahun. 

Pernikahan tanpa seks memang tidak selalu buruk. Hal ini kembali lagi ke pasangan masing-masing. Karenanya, Anda perlu berkomunikasi dengan pasangan tentang kehidupan seksual Anda.

Jika memang hubungan seksual menjadi hal yang esensial, sebaiknya segera memperbaiki kondisi ini. Semakin cepat Anda tahu penyebab pernikahan tanpa seks, semakin cepat bisa teratasi. 

Baca Juga: Sangat penting untuk bayi, ini kandungan yang terdapat dalam ASI

Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan pernikahan tanpa seks: 

  • Stres yang berlebihan

Melansir dari Very Well Mind, stres yang berlebihan bisa menyebabkan munculnya sexless marriage. Gejala dari stres berlebihan, seperti kurang energi dan lelah, menjadi faktor pasangan enggan berhubungan seksual.  

Untuk mengatasinya, cobalah untuk menghibur dan mengajak pasangan berbicara. Anda bisa memberikan kejutan kecil agar pasangan lebih rileks. Jika stres semakin mengganggu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. 

  • Disfungsi ereksi dan gangguan hasrat seksual

Pernikahan tanpa seks mungkin terjadi karena pria memiliki disfungsi ereksi (DE). 

Rasa bersalah karena tidak bisa memuaskan istri berpengaruh pada hubungan seksual. Hal ini memengaruhi rasa percaya diri suami sehingga ia enggan untuk berhubungan intim. 

Gangguan ini juga bisa terjadi pada istri. Terkadang kadar libido pada wanita tidak tinggi sehingga hasrat seksual menurun. 

Ada beberapa cara untuk memperbaiki hormon seks. Anda bisa menggunakan jamu-jamuan untuk meningkatkan libido. 

Berkonsultasi dengan dokter juga disarankan agar DE dan gangguan hasrat seksual bisa teratasi. 

Baca Juga: Hati-hati! Selingkuh secara emosional juga berbahaya, ini 5 tanda-tandanya

  • Efek obat-obatan

Penggunaan obat-obatan juga bisa memicu adanya pernikahan tanpa seks. Kandungan zat dalam obat bisa menyebabkan hormon berubah. 

Hormon yang berubah bisa membuat hasrat seksual menurun. Mengkonsumsi obat sesuai dosis dan aturan dokter bisa menekan efek negatif obat pada hasrat seksual. 

Konsultasikan kembali kepada dokter mengenai obat-obatan yang dikonsumsi. Mintalah saran agar sexless marriage Anda bisa teratasi.

Selanjutnya: Mahasiswa wajib tahu, 5 tanda kesehatan mental mulai terganggu

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru