Bisa Merusak Retina, Saraf & Ginjal, Ini Ciri-Ciri Diabetes Tahap Awal

Rabu, 30 Maret 2022 | 14:05 WIB Sumber: Kompas.com
Bisa Merusak Retina, Saraf & Ginjal, Ini Ciri-Ciri Diabetes Tahap Awal

ILUSTRASI. Bisa Merusak Retina, Saraf & Ginjal, Ini Ciri-Ciri Diabetes Tahap Awal. KONTAN/Daniel Prabowo/14/05/2012


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Penyakit gula darah tinggi atau diabetes yang parah sering kali berujung pada kematian. Oleh karena itu, sebelum menjadi level parah, kenali ciri-ciri diabetes pada tahap awal agar lebih mudah disembuhkan.

Gula darah tinggi atau diabetes bisa saja terjadi tanpa gejala. Faktanya, banyak penderita diabetes yang tak menyadari apa yang dialaminya sampai terjadi komplikasi serius.

Memang sebagian besar orang yang mengalami diabetes juga memiliki gejala seperti sering buang air kecil dan haus berlebihan. Namun, gejala tersebut seringkali tak disadari. Padahal, peningkatan gula darah ringan dapat merusak saraf, ginjal, dan retina Anda. Dan semakin tinggi kadar gula darah, semakin buruk kerusakan yang bisa terjadi.

Ahli endokrinologi Kevin Pantalone juga mengatakan banyak penderita diabetes yang baru terdiagnosis ketika mereka sudah mengalami masalah pada ginjal dan retina. "Itu tandanya diabetes yang mereka alami sudah ada sejak lama," tambahnya.

Ciri-ciri diabetes tahap awal

Untuk antisipasi, berikut gejala atau ciri-ciri diabetes tahap awal yang seringkali tak disadari:

1. Sering buang air kecil

Ciri-ciri pertama penyakit diabetes tahap awal adalah sering buang air kecil. Harus pergi ke kamar mandi lebih dari biasanya, terutama di malam hari, adalah tanda bahwa gula darah Anda mungkin rusak. Pantalone mengatakan salah satu pasiennya datang untuk diagnosis setelah seorang anggota keluarga memperhatikan bahwa dia sering ke kamar mandi setiap jeda iklan ketika mereka menonton TV.

Baca Juga: Mulai Banyak Dijual, Ini Manfaat Makan Kurma Bagi Kesehatan Jantung, Tulang, Otak dll

2. Sering mengalami infeksi saluran kemih atau jamur

Ciri-ciri kedua penyakit diabetes tahap awal adalah sering infeksi saluran kemih. Ketika gula darah tinggi dan ginjal tidak dapat menyaringnya dengan cukup baik, gula akan berakhir di urin. Penumpukan gula di lingkungan yang hangat dan lembab dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan jamur, terutama pada wanita.

3. Berat badan turun drastis

Ciri-ciri ketiga penyakit diabetes tahap awal adalah berat badan turun drastis. Jika Anda menderita diabetes, tubuh Anda tidak dapat menggunakan glukosa (gula) secara efektif untuk energi. Sebaliknya, tubuh Anda akan mulai membakar simpanan lemak, dan Anda mungkin mengalami penurunan berat badan yang tidak terduga.

4. Penglihatan bermasalah

Ciri-ciri keempat penyakit diabetes tahap awal adalah gangguan penglihatan. Kadar gula yang tinggi dapat mendistorsi lensa di mata Anda, memperburuk penglihatan Anda. Penambahan minus pada mata terkadang bisa jadi tanda diabetes.

5. Perubahan warna kulit

Ciri-ciri kelima penyakit diabetes tahap awal adalah perubahan warna kulit. Salah satu tanda awal diabetes adalah perubahan warna kulit di bagian belakang leher. Kondisi ini disebut dengan acanthosis nigricans, dimana warna kulit area leher berubah menjadi gelap. Biasanya, hal ini terjadi karena adanya resistensi, yaitu kondisi saat insulin kehilangan sensitivitas sehingga kemampuan mengatur glukosa berkurang.

Itulah sejumlah ciri-ciri penyakit diabetes tahap awal. Jika mengalami ciri-ciri diabetes tahap awal tersebut, segera hubungi dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Gejala Awal Diabetes yang Jarang Disadari",


Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru