Bisa menurunkan berat badan, ini manfaat dan efek samping minum air dingin

Selasa, 28 September 2021 | 14:02 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Bisa menurunkan berat badan, ini manfaat dan efek samping minum air dingin

ILUSTRASI. Air dingin

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minum air dingin dianggap buruk untuk kesehatan bagi sebagian orang. Faktanya, minum air dingin bisa membantu menurunkan berat badan loh.    

Minum air putih secara cukup penting untuk tubuh. Sebab, air putih bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menjaga kesehatan organ tubuh. 

Baca Juga: Ingin berat badan turun dengan cepat? Lakukan 5 hal berikut ini

Mengutip dari Healthline, National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine merkomendasikan laki-laki berusia 19 ke atas mengonsumsi sekitar 3,7 liter air putih per hari. 

Sedangkan untuk perempuan direkomendasikan mengonsumsi air putih sekitar 2,7 liter per hari. 

Beberapa orang beranggapan minum air dingin tidak baik untuk kesehatan. Alasannya, air dingin membuat perut menjadi lebih sulit menderna makanan dan membuat tubuh bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu tubuh agar tetap hangat. 

Benarkah air dingin buruk untuk kesehatan? 

Minum air dingin tidak selalu buruk. Menurut sebuah penelitian tahun 2012, minum air dingin selama berolahraga bisa mempertahankan suhu inti sehingga tidak merasa kepanasan. 

Minum air putih dengan suhu berapa pun selalu dikaitkan dengan asupan kalori yang lebih rendah sepanjang hari. 

Minum air putih sebagai alternatif minuman manis baik untuk pencernaan dan menjaga berat badan. 

Asal tahu saja, minum air dingin bisa membantu tubuh membakar kalori lebih banyak. Sebab, tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu intinya. 

Namun, Anda harus ingat minum air dingin bukanlah cara untuk menurunkan berat badan. Anda wajib olahraga secara rutin dan menjaga pola makan bila ingin menurunkan berat badan. 

Efek samping minum air dingin 

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1978 melibatkan 15 partisipan menemukan bahwa minum air dingin membuat lendir hidung menjadi lebih tebal dan sulit melewati saluran pernafasan. 

Sebagai perbandingan, para peneliti menemukan bahwa sup ayam dan air panas membantu orang bernafas lebih mudah. Jika Anda mencoba mengobati pilek atau flu, minum air dingin bisa membuat hidung tersumbat menjadi semakin parah. 

Ada beberapa kondisi kesehatan yang menjadi lebih buruk bila Anda minum air dingin. 

Penelitian tahun 2001 mengkaitkan minum air dingin dengan pemicu migrain pada orang yang sudah menderita migrain. 

Berdasarkan penelitian tahun 1012, rasa sakit yang terkait dengan akalasia, kondisi yang membatasi kemampuan tubuh untuk melewatkan makanan melalui kerongkongan, juga bisa bertambah buruk saat Anda minum air dingin dengan makanan.   

Dalam pengobatan Tiongkok, minum air dingin dengan makanan panas dipercaya bisa menciptakan ketidakseimbangan. 

Beberapa orang memiliki keyakinan yang sama bahwa minum air dingin saat hawa panas tidak akan membantu mendinginkan tubuh. Sampai saat ini tidak ada cukup penelitian untuk menyimpulkan bahwa kepercayaan tersebut benar atau salah. 

Baca Juga: Mudah dibuat! Teh secang efektif mengobati asam urat

Selanjutnya: Ingin usus tetap sehat dan terhindar dari penyakit kronis? Konsumsi 5 makanan ini

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru