kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa Mencegah Peradangan, Catat 7 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan


Selasa, 31 Januari 2023 / 09:08 WIB
Bisa Mencegah Peradangan, Catat 7 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Manfaat buah delima untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat buah delima yang menarik untuk diketahui, penasaran? Selain itu, manfaat buah delima untuk kesehatan juga tidak perlu diragukan. Salah satu manfata buah delima untuk kesehatan di antaranya mampu mencegah peradangan.

Buah delima berbentuk bulat, berwarna merah dan menampilkan daging bagian dalam berwarna putih yang padat dengan biji yang renyah dan berair yang disebut arils.

Selain itu buah delima juga mengandung banyak nutrisi seperti protein, kalsium, zat besi, magnesium, vitamin c, antioksidan dan masih banyak lagi kandungan yang baik untuk kesehatan lainnya.

Baca Juga: Sudah Tahu 6 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan Tubuh? Yuk Cek!

Merangkum dari Healthline, ada beberapa manfaat buah delima bagi kesehatan yang menarak untuk diketahui. 

1. Mencegah Peradangan 

Manfaat buah delima dipercaya dapat mencegah peradangan jangka oende yang terjadi akibat infeksi atau cedera. Pasalnya, buah delima mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang mampu membantu mencegah peradangan tersebut. 

2. Mencegah Kanker 

Dilansir Healthline, beberapa penelitian tabung telah menemukan bahwa senyawa dalam buah delima, jus, dan minyak dapat membantu membunuh sel kanker atau memperlambat penyebarannya di dalam tubuh. 

Meski demikian, perlu dilakukan lagi berbagai penelitian untuk mengetahui lebih lanjut terkait manfaat buah delima satu ini. 

Baca Juga: Mampu Menjaga Kesehatan Jantung, Ini 5 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Tubuh

3. Menjaga Kesehatan Jantung 

Ekstrak delima mengandung senyawa polifeno yang dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Ada sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak buah delima dapat mengurangi stres oksidatif dan peradangan di arteri, menurunkan tekanan darah, dan membantu melawan aterosklerosis - penumpukan plak di arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

4. Menjaga Kesehatan Ginjal 

Buah delima juga mempunyai manfaat untuk menjaga saluran kemih dan ginjal. Pasalnya, kandungan dalam buah delima dipercaya dapat mengurangi risiko pembentukan batu ginjal.

Baca Juga: Yuk Simak 9 Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Polifenol dalam buah delima juga bermanfaat utnuk meningkatkan daya tahan tubuh saat olahraga. Sehingga membuat dapat berolahraga dengan rentang waktu yang relatif lebih lama.

6. Baik untuk Kesehatan Otak

Manfaat buah delima selanjutnya adalah baik untuk kesehatan otak. Pasalnya, Delima mengandung senyawa yang disebut ellagitannins, yang bertindak sebagai antioksidan dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Dengan demikian, mereka juga menawarkan manfaat perlindungan bagi otak Anda terhadap kondisi yang dipengaruhi oleh peradangan dan stres oksidatif.

Baca Juga: Yuk Catat 5 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan!

7. Melancarkan Pencernaan

Selain itu, buah delima juga baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Pasalnya, buah delima mengandung banyak serat yang menjadi salah faktor yang dapat menjaga kesehatan penceraan dalam tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×