kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa Jadi Obat Paru-Paru Basah, Kenali 5 Makanan Ini


Senin, 18 April 2022 / 07:04 WIB
Bisa Jadi Obat Paru-Paru Basah, Kenali 5 Makanan Ini
ILUSTRASI. Minum Air Putih adalah obat alami paru-paru basah.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Paru-paru basah adalah penyakit atau gangguan kesehatan yang terjadi pada sistem pernapasan yang dikarenakan adanya peradangan di salah satu atau kedua paru-paru. 

Salah satu cara mengatasi paru-paru basah adalah dengan mengkonsumsi obat, agar kondisi tidak memburuk. Pasalnya, paru-paru basah merupakan penyakit yang cukup serius dan jangan dianggap sepele. 

Paru-paru basah disebabkan oleh adanya penumpukan cairan yang menyebabkan peradangan atau inflamasi. Hal tersebut akan menimbulkan gejala seperti sesak napas, demam, batuk, mudah lelah dan lain-lain.

Baca Juga: 8 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan, Cocok untuk Menurunkan Berat Badan Saat Diet

Sebagai alternatif, ada beberapa makanan yang dipercaya bisa dijadikan obat paru-paru. Berikut daftar makanan tersebut yang dilansir dari ETimes: 

Makanan Kaya Protein 

Makanan yang mengandung protein tinggi sangat baik untuk kesehatan, salah satunya paru-paru. Berbagai jenis makanan kaya protein berperan sebagai antiinflamasi dalam mengurangi risiko peradangan paru-paru basah. Anda bisa mengkonsumsi telur, ikan dan berbagai jenis makan kaya protein lainnya. 

Air Putih

Perlu Anda ketahui mengkonsumsi air putih sangat penting untuk kesehatan. Air putih dipercaya dapat dijadikan obat paru-paru basah loh. 

Pasalnya, meminum air putih secara rutin mampu mengeluarkan lendir yang menjadi penyebab paru-paru basah. 

Kunyit

Air rebusan kunyit

Kunyit adalah salah satu jenis rempah yang mempunyai banyak khasiat. Salah satunya bisa dijadikan obat alami paru-paru basah. Hal tersebut dikarenakan kunyit mengandung antiinflamasi yang mampu meredakan peradangan akibat paru-paru basah. 

Baca Juga: 5 Manfaat Singkong Bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Risiko Diabetes Loh

Buah Sitrus 

Makanan yang dapat dijadikan obat paru-paru basah selanjutnya yaitu buah sitrus. Beberapa jenis buah sitrus yang dimaksud contohnya seperti lemon, jeruk, kiwi dan masih banyak lagi. 

Buah sitrus mengandung antioksidan dan mampu meningkatkan imunitas sehingga dapat mengurangi risiko infeksi dan peradangan paru-paru basah. 

Madu 

Madu dikenal mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Untuk itu, Anda harus tahu bahwa madu bisa dijadikan obat alternatif paru-paru basah loh. Pasalnya, madu mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, khusus sistem pernapasan.

Oleh karena itu, madu dipercaya dapat dijadikan obat paru-paru basah. Meski madu dan berbagai jenis makanan lagi mempunyai khasiat tersebut, disarankan Anda tetap harus berkonsultasi ke dokter dahulu sebelum mengkonsumsinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×