Bila terindikasi bergejala Covid-19, ini yang harus dilakukan

Senin, 21 Juni 2021 | 04:00 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Bila terindikasi bergejala Covid-19, ini yang harus dilakukan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kasus Covid-19 di Indonesia meledak lagi belakangan ini. Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) pun mengeluarkan imbauan bagi masyarakat.

Sekretaris Jenderal Persi Lia G Partakusuma mengimbau masyarakat memilih tempat yang cukup representatif untuk melakukan pemeriksaan Covid-19. Kemudian, mengonsultasikan ke dokter (rumah sakit/puskesmas/fasilitas layanan kesehatan lainnya) apa yang harus dilakukan jika terindikasi gejala covid-19.

"Tidak harus ke rumah sakit bila tidak bergejala," ujar Lia dalam konferensi pers virtual, Minggu (20/6).

Baca Juga: Bertambah 300, total ada 7.356 pasien Covid-19 di Wisma Atlet

Selain itu, bagi masyarakat yang perlu dirujuk ke rumah sakit (RS) dan RS tersebut penuh, mohon dapat bersabar dan tidak panik untuk menunggu proses mencari tempat rujukan ke RS lain. Masyarakat juga mesti bersedia untuk dirujuk ke RS lain.

"Buat RS ini suatu kerepotan sendiri apabila tidak bersedia dirujuk," ucap dia.

Sementara, Ketua Bidang Perubahan Perilaku, Satgas Covid-19 Sonny B Harmadi meminta masyarakat untuk mulai meningkatkan kembali kepatuhan protokol kesehatan. Pengamatan Satgas Covid-19, dalam satu setengah bulan terakhir terdpat sekitar 112 kabupaten/kota yang mengalami penurunan kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

Maka itu, perlu dilakukan penguatan kembali implementasi protokol kesehatan. "Kita tahu dampaknya selalu pada kenaikan kasus," ujar Sonny.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Selanjutnya: 10 Juta bulk vaksin Sinovac tiba hari ini

 

Editor: Khomarul Hidayat
Terbaru