kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Beruntungnya, Orang Kelahiran Tahun Ini Punya Antibodi Melawan Virus Cacar Monyet


Selasa, 23 Agustus 2022 / 11:02 WIB
Beruntungnya, Orang Kelahiran Tahun Ini Punya Antibodi Melawan Virus Cacar Monyet
ILUSTRASI. Menkes bilang, orang-orang yang lahir tahun 1980 ke bawah terproteksi dari penyakit cacar monyet. REUTERS/Dado Ruvic


Sumber: Kompas TV | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BADUNG. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers 'Health Working Group Meeting G20' di Nusa Dua, Badung, Bali, pada Senin (22/8/2022) memberikan penjelasan tentang orang yang terproteksi cacar monyet.

Dia bilang, orang-orang yang lahir tahun 1980 ke bawah terproteksi dari penyakit cacar monyet karena kebanyakan telah memiliki antibodi untuk melawan virus penyakit tersebut.

Menurutnya, orang-orang kelahiran 1980 ke bawah telah mendapat vaksinasi cacar air yang berlaku seumur hidup.

"Jadi buat teman-teman yang lahir 1980 ke bawah kayak saya ini, tua-tua itu terproteksi. Mungkin nggak 100 persen, tapi terproteksi," kata Budi, dikutip Kompas.com.

Menurutnya, vaksinasi tersebut menyebabkan tingkat penyebaran virus cacar monyet di Asia masih sangat rendah dibandingkan di Eropa.

Sebab, lanjut Budi, proses vaksinasi di Eropa tidak dilakukan secara menyeluruh karena penyakit cacar air yang cepat hilang.

Hal itu berbeda dengan di Asia, khususnya di Indonesia yang berjalan lama, sehingga proses vaksinasinya dilakukan secara menyeluruh.

Baca Juga: Indonesia Segera Impor 10.000 Vaksin Cacar Monyet

"Orang Indonesia karena dulu karena pandemi cacarnya masih kena, orang-orang kayak saya itu divaksinasi cacar sehingga masih ada antibodinya.”

“Dengan demikian diharapkan orang-orang yang lahir dibawa 1980 seharusnya masih ada antibodinya," kata dia.

Ia menambahkan, fatalitas atau tingkat kematian pada kasus cacar monyet sangat rendah jika dibandingkan dengan virus Covid-19.

Berdasarkan catatan WHO, dari 35 orang terinfeksi cacar monyet, baru 12 orang yang meninggal dunia.

Kematian tersebut  pun bukan disebabkan oleh virus cacar monyet, melainkan karena komplikasi.

Oleh sebab itu, Budi mengimbau masyarakat untuk tidak terlalu panik dengan adanya kasus cacar monyet yang sudah terdeteksi di Indonesia.

Baca Juga: Cara Penularan, Gejala, dan Cara Mencegah Penyebaran Cacar Monyet di Indonesia

Apalagi, virus cacar monyet ini lebih mudah terdeteksi dibandingkan dengan Covid-19.

Virus cacar monyet, lanjut Budi, memiliki dua tipe, yakni Afrika Barat dan Afrika Tengah, yang masing-masing tipe tingkat fatalitasnya berbeda.

Ia memastikan, untuk satu kasus yang sudah ditemukan di Indonesia memiliki tingkat fatalitas rendah.

"Cacar monyet ada dua tipe yaitu Afrika Barat dan Afrika Tengah yang satu fatal dan yang satu tidak fatal. Dan biasanya banyak di Eropa dan yang di Indonesia bukan yang fatal," kata dia.

Artikel ini sudah tayang di Kompas.tv, berjudul: Menkes Sebut Orang Kelahiran 1980 ke Bawah Terproteksi dari Cacar Monyet, Ini Penjelasannya
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana
Editor : Desy Afrianti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×