Penyakit Menular

Berita virus corona: Vitamin D bisa kurangi risiko Covid-19

Selasa, 15 September 2020 | 14:26 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Berita virus corona: Vitamin D bisa kurangi risiko Covid-19

ILUSTRASI. Berjemur di bawah matahari bisa dijadikan cara mencukupi vitamin D dalam tubuh sehingga risiko infeksi virus corona bisa berkurang.

KONTAN.CO.ID - Ada banyak penelitian yang dipublikasikan tentang suplemen yang bisa melindungi tubuh dari serangan virus corona baru. Vitamin D adalah salah satu nutrisi yang mampu mengurangi tingkat keparahan Covid-19.

Penelitian University of Chicago Medicine yang dipimpin oleh Dr David Meltzer menunjukkan, ada hubungan antara kekurangan vitamin D dengan risiko Covid-19. Penelitian itu melibatkan 489 pasien yang kekurangan vitamin D.

Hasilnya, risiko kasus positif Covid-19 lebih tinggi 1,77 dibanding mereka yang punya jumlah vitamin D normal dalam tubuh.

Mengutip Healthline, mencukupi kebutuhan vitamin D memiliki prioritas yang sama dengan menjaga kebersihan dan menggunakan masker di tengah pandemi virus corona.

Meltzer mengatakan, ada banyak bukti yang menunjukkan kekurangan vitamin D berdampak buruk, jadi tidak boleh disepelekan. Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin D dengan mengonsumsi suplemen tambahan.

Baca Juga: PSBB Jakarta berlaku lagi, perhatikan 8 saran WHO berikut untuk cegah virus corona

Vitamin D berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit. Melansir dari Healthline, vitamin D melembutkan respons imun tanpa menyebabkan tindakan berlebihan, seperti cytokine storm.

Ada banyak sumber vitamin D yang bisa Anda konsumsi. Mulai dari lemak ikan, kuning telur, jamur, dan susu. Anda juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin D untuk menurunkan risiko infeksi virus corona dengan berjemur di bawah sinar matahari.

Kepala Medis di Bridgepoint Hospital Washington DC, Dr Manisha Singal, menyebutkan, Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin D dengan mengonsumsi sumber makanan itu.

Singal juga merekomendasikan tes jumlah vitamin D dalam tubuh yang dilakukan dokter untuk memastikan kondisi Anda. 

Baca Juga: Senjata lawan virus corona, begini 8 cara meningkatkan imunitas tubuh

Hanya yang tidak kalah penting, menjaga kebersihan dan menggunakan masker adalah protokol kesehatan lain yang penting untuk selalu diterapkan. Usahakan untuk membatasi kegiatan di luar rumah.

Jika terpaksa bertemu banyak orang, jangan lupa untuk menjaga jarak. Rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir juga bisa tetap diterapkan agar tak ada virus atau kuman lain yang menempel.

Selanjutnya: Di pameran perdagangan, China untuk pertama kali pamerkan vaksin corona

Editor: Belladina Biananda


Terbaru