kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berikut 9 tanaman penghasil oksigen yang bisa beri efek positif bagi kesehatan


Sabtu, 13 Juni 2020 / 06:13 WIB
Berikut 9 tanaman penghasil oksigen yang bisa beri efek positif bagi kesehatan
ILUSTRASI. Pengunjung menikmati arena Pameran Flona 2017 di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (24/7).


Reporter: kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Tak hanya mempercantik ruangan, deretan tanaman di dalam atau sekitar rumah, juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. 

Penelitian menyebutkan, tanaman penghasil oksigen seperti lili paris, sirih gading hingga krisan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan.

Misalnya, membersihkan udara dari racun penyebab risiko stroke, kanker, dan penyakit jantung, hingga gangguan pernapasan. 

Tanaman penghasil oksigen ini selain “membersihkan udara”, tentu saja bisa menjadi pemanis di rumah, apartemen, bahkan tempat kos sekalipun. 

Lalu apa saja tanaman yang bisa Anda pilih? 

1. Lili paris 

Tanaman penghasil oksigen yang pertama yaitu lili paris (Chlorophytum comosum) atau yang dikenal sebagai tanaman laba-laba (spider plant). 

Tanaman hias asal Afrika Selatan ini dikenal dengan daun hijaunya yang berbentuk ramping serupa pedang. Daunnya yang cantik, melengkung dengan anggun berhiaskan warna putih di tepinya. 

Tak sulit untuk merawat lili paris. Tanaman hias yang bisa diletakkan di segala sudut ruangan ini hanya perlu disiram dua kali dalam seminggu. 

Selain menghasilkan oksigen, manfaat lili paris lainnya yaitu menghilangkan racun formaldehida dan xylene yang berasal dari cat dinding serta furnitur. 

2. Dracaena 

Dracaena merupakan salah satu tanaman penghasil oksigen terbaik yang dapat membersihkan udara lebih efektif ketimbang tanaman lainnya.

Selain menghasilkan oksigen, tanaman ini juga berfungsi mengontrol kadar kelembapan dalam ruangan. 

Sejumlah penelitian juga menyebutkan dracaena bisa meningkatkan suasana hati orang-orang yang berada di sekitarnya. 

Kemampuan dracaena dalam membersihkan udara juga sanggup melenyapkan paparan zat kimia berbahaya, seperti formaldehida, xylene, toluene, benzene, dan trichloroethylene. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×