Berdasarkan tipenya, ciri penyakit liver ini bisa terjadi

Selasa, 28 September 2021 | 11:42 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Berdasarkan tipenya, ciri penyakit liver ini bisa terjadi

ILUSTRASI. Setiap orang mengalami ciri penyakit liver yang berbeda-beda, sesuai dengan tipe penyakit liver yang Anda alami.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyakit liver mengacu pada kondisi di mana liver tak mampu menjalankan fungsinya secara maksimal. Akibatnya, kesehatan tubuh Anda memburuk. Nah, mengetahui ciri penyakit liver berguna supaya Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Pada umumnya, ada gejala penyakit liver yang bisa dialami banyak orang. Demam, penyakit kuning, urin yang keluar berwarna lebih gelap, mengeluarkan feses yang berwarna pucat, mual, muntah, dan muncul rasa sakit di beberapa bagian tubuh adalah beberapa kondisi yang timbul akibat penyakit liver.

Kondisi tersebut bisa terjadi dalam waktu singkat. Namun, ada pula kasus di mana gejala tak muncul sampai fungsi liver benar-benar menurun. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa gejala yang terjadi sesuai dengan tipe penyakit liver yang Anda alami.

Genetik

Dari sekian banyak penyakit liver yang berhubungan dengan genetik, ada dua tipe yang umum terjadi. Melansir Medical News Today (medicalnewstoday.com), penyakit yang dimaksud adalah sindrom alagille dan alpha-1 antitrypsin deficiency.

Gejala yang Anda alami ada beraneka ragam. Mulai dari kelelahan, perut dan kaki bengkak, nafsu makan turun, kulit gatal, penyakit kuning, feses berwarna pucat dan bertekstur lembek. Hasil pemeriksaan pun menunjukkan bahwa liver Anda abnormal.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri gula darah tinggi, Anda wajib mengenali

Kanker

Sel kanker bisa tumbuh di bagian tubuh mana pun, termasuk liver. Ciri penyakit liver akibat kanker adalah nafsu makan turun hingga mengakibatkan berat badan berkurang, liver membengkak, dan merasa kenyang, meski hanya makan sedikit. Segera periksakan ke dokter bila mengalami gejala tersebut.

Gagal Liver

Sakit perut, muntah, dan diare adalah beberapa ciri penyakit liver.

Medical News Today mengatakan bahwa gagal ginjal adalah kondisi ketika fungsi liver melambat hingga akhirnya benar-benar berhenti. Tentu saja hal itu dapat membahayakan kondisi Anda. Selain mual, muntah, dan diare, gejala gagal liver lainnya adalah sering mengantuk, kebingungan, dan koma.

Baca Juga: Ini 5 arti nyeri perut sebelah kanan yang Anda alami

Sirosis

Tipe penyakit liver lainnya yang juga sering dialami oleh banyak orang adalah liver. Ciri penyakit liver yang Anda alami dimulai dengan sakit perut, mudah merasa lelah, mual, nafsu makan turun, dan lain sebagainya.

Seiring berjalannya waktu, gejala-gejala yang Anda alami bisa semakin parah. Misalnya, penyakit kuning, tubuh mudah terluka, kulit terasa sangat gatal, pembengkakan di bagian bawah tubuh, dan urin berwarna gelap.

Apabila Anda merasakan salah satu atau beberapa gejala penyakit liver yang telah disebutkan, usahakan untuk tidak menunda waktu konsultasi ke dokter, ya. Semakin cepat Anda mendapat perawatan, semakin sedikit pula kerugian kesehatan yang perlu Anda tanggung.

Selanjutnya: 4 Gejala liver yang bisa Anda alami, jangan diabaikan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru