Berat Badan Bertambah Usai Lebaran, Ini Cara Menurunkan Secara Mudah

Jumat, 06 Mei 2022 | 08:05 WIB Sumber: Kompas.com
Berat Badan Bertambah Usai Lebaran, Ini Cara Menurunkan Secara Mudah

ILUSTRASI. Berat Badan Bertambah Usai Lebaran, Ini Cara Menurunkan Secara Mudah


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara mudah menurunkan berat badan setelah Lebaran. Cara menurunkan berat badan ini bisa dilakukan untuk mengembalikan postur tubuh yang menggemuk akibat pesta selama Hari Raya Idul Fitri tahun 2022.

Saat lebaran, kita biasanya "kalap" melahap hidangan apapun yang tersaji di meja makan. Akibatnya, diet menjadi terganggu dan berat badan pun gagal turun.

Yang ada kita menjadi menyesal berlebihan setelah makan berlebihan di waktu lebaran. Kita jadi susah untuk mengontrol nafsu makan setelah lebaran usai.

Kabar baiknya, penyesalan yang kita alami akibat makan berlebihan di waktu lebaran tak perlu kita pendam berlarut-larut. Sebab, ada banyak cara untuk kembali mengatur pola makan dan menurunkan berat badan setelah lebaran berakhir.

Cara menurunkan berat badan

Agar berat badan kembali turun dan pola makan kembali terjaga, berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan:

1. Mulai rutin jalan kaki

Cara pertama menurunkan berat badan setelah Lebaran adalah rutin jalan kaki. Jalan kaki setelah Anda makan berlebihan dapat membantu menjernihkan pikiran dan membuat tubuh merasa lebih baik.

Jalan kaki juga terbukti membantu mempercepat pengosongan perut, yang dapat meredakan persanaan tidak nyaman dair kenyang atau kembaung akibat makan berlebihan. Selain itu, jalan kaki juga membantu membakar kaloris ekstra yang kita konsumsi di waktu lebaran. Jalan kaki juga membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaan negatif yang memicu makan berlebihan.

Baca Juga: Cara Olahraga yang Tepat untuk Mengecilkan Perut Buncit Pria & Wanita Usia 50 Tahunan

2. Tidur yang cukup

Cara kedua menurunkan berat badan setelah Lebaran adalah istirahat yang cukup, jangan begadang. Tidur yang cukup setelah makan berlebihan adalah cara yang baik untuk melawan keinginan mengidam dan memulai hari berikutnya dengan benar.

Studi telah menemukan bahwa kurang tidur dapat dikaitkan dengan peningkatan nafsu makan. Secara khusus, kurang tidur dapat mempengaruhi kadar ghrelin dan leptin, dua hormon penting yang terlibat dalam pengaturan rasa lapar dan nafsu makan.

Ghrelin adalah hormon yang merangsang rasa lapar di otak, sedangkan leptin adalah hormon yang dilepaskan dari sel-sel lemak yang memberi sinyal rasa kenyang dan menekan rasa lapar.

3. Sarapan dengan menu bergizi

Cara ketiga menurunkan berat badan setelah Lebaran adalah sarapan dengan menu bergizi. Sarapan membantu Anda menghindari makan siang berlebihan.

Memulai hari dengan makanan sehat akan membantu menjaga pola makan agar tidak berlebihan dan lebih teratur. Selain itu, sarapan sehat juga membantu Anda kembali ke rutinitas dan membuat pilihan yang lebih sehat sepanjang hari.

Studi bahkan menunjukkan bahwa berpegang pada pola makan yang konsisten dapat mengurangi makan berlebihan. Idealnya, cobalah untuk memilih makanan yang tinggi protein dan serat untuk memulai hari Anda dengan sehat.

4. Jaga asupan cairan tubuh

Cara keempat menurunkan berat badan setelah Lebaran adalah menjaga asupan cairan tubuh. Minum air tak hanya penting untuk kesehatan tetapi juga membantu memaksimalkan penurunan berat badan dan menjaga nafsu makan Anda terkendali.

Setelah episode makan berlebihan, sangat penting untuk memastikan Anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Meningkatkan asupan air Anda juga dapat membantu meningkatkan metabolisme sementara untuk membakar kalori ekstra

Itulah berbagai cara menurunkan berat badan setelah Lebaran. Selamat mencoba!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran",


Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru