Berapa Biaya Cek Kolesterol Di Puskemas? Kenali Ciri-Ciri Kolesterol Naik

Sabtu, 03 Desember 2022 | 11:49 WIB Sumber: Nakita,Kompas.com
Berapa Biaya Cek Kolesterol Di Puskemas? Kenali Ciri-Ciri Kolesterol Naik

ILUSTRASI. Berapa Biaya Cek Kolesterol Di Puskemas? Kenali Ciri-Ciri Kolesterol Naik


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak biaya cek kolesterol di puskesmas. Selain itu, kita bisa mengenali ciri-ciri kolesterol naik tanpa harus cek kesehatan.

Biaya cek kolesterol di puskemas perlu diketahui oleh orang dewasa. Orang dewasa perlu rutin cek kolesterol agar bisa langsung diatasi jika kolesterol naik.

Namun jangan khawatir, karena biaya cek kolesterol di puskesmas cukup terjangkau. Biaya cek kolesterol di puskemas juga lebih murah dibandingkan di rumah sakit atau klinik kesehatan swasta.

Biaya cek kolesterol di puskesmas lebih murah karena fasilitas ini merupakan milik pemerintah. Selain biaya yang murah, cek kolesterol di puskemas juga lebih mudah dijangkau karena dekat dengan masyarakat.

Biaya cek kolesterol di puskesmas tidak akan menguras dompet. Pasalnya, biaya cek kolesterol di puskesmas tidak sampai menghabiskan uang Rp 100.000

Lalu, berapa biaya cek kolesterol di puskesmas?

Baca Juga: 7 Obat Herbal yang Ampuh Bikin Kolesterol Terkapar

Dilansir dari Nakita, informasi yang didapatkan dari Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan dan Puskesmas Kecamatan Tebet, biaya cek kolesterol di puskesmas secara total adalah Rp.25.000 saja.

Khusus pemeriksaan Hdl (kolestrol baik) saja, biaya cek kolesterol di puskesmas adalah Rp.32.000. Sementara untuk pemeriksaan Ldl (kolestrol jahat), biaya cek kolesterol di puskesmas juga sama Rp.32.000.

 

 

Jika tak ingin membayar biaya, ada juga cara cek kolesterol di puskesmas secara gratis. Syaratnya, pemohon harus membawa KTP dan kartu BPJS Kesehatan.

Dengan dua kartu itu, Anda tidak perlu bayar biaya cek kolesterol di puskesmas.

 

Ciri-ciri kolesterol naik

Selain dengan cek kesehatan, kita bisa mengetahui kolesterol naik dengan memperhatikan sejumlah ciri-ciri khusus. Berikut ciri-ciri kolesterol naik yang dilansir dari Kompas.com:

Nafsu makan turun

Ciri-ciri kolesterol naik yang pertama adalah nafsu makan turun. Ada banyak kondisi yang ditandai dengan nafsu makan yang turun. Artinya, Anda tidak boleh mengabaikan kondisi tersebut.

Bisa jadi nafsu makan yang turun jadi salah satu ciri-ciri kolesterol yang Anda alami. Jika hal nafsu makan turun dalam jangka waktu lama, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Benjolan di sekitar mata

Ciri-ciri kolesterol naik yang kedua adalah munculnya benjolan di sekitar mata. Mengutip dari Healthy-Ojas, munculnya benjolan di sekitar mata jadi salah satu gejala kolesterol tinggi yang sering terjadi. Benjolan itu merupakan kelebihan kolesterol yang berada di bawah permukaan kulit. Umumnya, benjolan tersebut berwarna kuning dan tidak terasa sakit.

Berat badan bertambah

Ciri-ciri kolesterol naik yang ketiga adalah berat badan bertambah. Menurut Healthy-Ojas, berat badan bertambah jadi ciri-ciri kolesterol berikutnya yang dialami oleh banyak orang. Salah satu faktor yang mengakibatkan hal tersebut adalah hipotiroidisme. Hipotiroidisme adalah kondisi di mana hormon tiroid terlalu sedikit.

Tak hanya tiroidisme, peradangan dalam tubuh juga mengakibatkan jumlah kolesterol meningkat. Beberapa faktor yang menyebabkan peradangan dalam tubuh Anda adalah stres, kurang tidur, hingga depresi.

Baca Juga: Tanda-tanda Anda terlalu banyak minum air putih, salah satunya sakit kepala

Sering mengantuk

Ciri-ciri kolesterol naik yang keempat adalah sering mengantuk tanpa sebab. Anda perlu waspada jika sering mengantuk meski waktu tidur di malam hari sudah tercukupi.

Penumpukan kolesterol bisa menghambat aliran darah. Akibatnya, distribusi oksigen di bagian otak menjadi tak maksimal sehingga Anda pun lebih mudah merasakan kantuk.

Itulah biaya cek kolesterol di puskesmas dan ciri-ciri kolesterol naik. Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru