Beragam cara menghilangkan jerawat dan bekasnya

Selasa, 28 September 2021 | 14:07 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Beragam cara menghilangkan jerawat dan bekasnya

ILUSTRASI. Ilustrasi Jerawat

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Jerawat di wajah seringkali membuat frustasi dan bisa mengurangi kepercayaan diri. Kabar baiknya, jerawat bisa diobati, termasuk menghilangkan bekasnya. Ada beberapa cara menghilangkan jerawat dan bekasnya. 

Dikutip dari Healthline, sebelum melakukan perawatan pada bekas luka jerawat, pertama-tama tentu dimulai dari menghilangkan jerawatnya lebih dulu. Ini karena tumbuhnya jerawat baru pastinya akan menyebabkan bekas jerawat baru. 

Nah berikut ini cara menghilangkan jerawat dan bekasnya menggunakan beragam obat-obatan:

1. Alpha hydroxy acids

Alpha hydroxy acids (AHA) sering ditemukan dalam produk yang dibuat untuk mengobati jerawat karena membantu menghilangkan kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat.

Penggunaan AHA sudah lazim sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat dan bekasnya di pipi. AHA juga dapat membantu membuat bekas jerawat tampak kurang terlihat. 

Asam pada obat ini membantu melepaskan lapisan luar kulit untuk membantu menghilangkan perubahan warna dan kulit kasar.

Baca Juga: 4 Cara Perawatan Wajah untuk Anda Berusia 20-an, Mulai Rawat Area Mata

2. Lactic acid

Lactic acid atau asam laktat juga merupakan bahan yang sering digunakan dalam bahan baku obat jerawat. Pengelupasan kulit menggunakan asam laktat terbukti bisa memperbaiki tekstur, penampilan, dan pigmentasi kulit dan menghilangkan bekas jerawat.

Ada banyak sekali serum dan salep dengan kandungan asam laktat, tetapi Anda juga dapat menggunakan cuka sari apel encer sebagai sumber asam laktat alami.

3. Salicylic acid

Selanjutnya, cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yakni menggunakan salicylic acid. Asam salisilat membersihkan pori-pori, mengurangi pembengkakan dan kemerahan, dan membantu kulit mengelupas saat dioleskan. 

Obat ini dianggap sebagai salah satu perawatan terbaik untuk bekas jerawat. Mungkin perlu beberapa minggu untuk melihat perbedaan saat menggunakan asam salisilat. 

Namun, yang perlu diperhatikan, salicylic acid juga dapat menyebabkan kekeringan atau iritasi. Untuk kulit sensitif, sebaiknya hindari penggunaan obat ini terlalu banyak. 

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare yang Baik untuk Kulit Berjerawat, Patut Dicoba!

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru